-->

Wisata Benteng Van der Wijck, Saksi Bisu Sejarah di Gombong

 


Mengunjungi Benteng Van der Wijck, Wisata Sejarah yang Menarik di Gombong

 

Apa itu Benteng Van der Wijck? 

Benteng Van der Wijck adalah sebuah benteng pertahanan yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda sekitar tahun 1820 atau permulaan abad ke-19. Benteng ini terletak di kota Gombong, sekitar 20 km sebelah barat dari ibukota kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Nama benteng ini diambil dari Van Der Wijck, yang kemungkinan nama komandan pada saat itu. Benteng ini merupakanbenteng persegi delapan satu-satunya di Indonesia

Benteng ini awalnya bernama Fort Cochius, yang dinamai menurut Frans David Cochius, seorang jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen. Benteng ini terdiri dari dua lantai dengan luas lebih dari 3.000 meter persegi yang awalnya difungsikan sebagai kantor VOC kemudian menjadi benteng pertahanan⁴. Sekitar tahun 1854-1912, benteng ini beralih fungsi menjadi Pupillen School, yaitu sekolah semi militer untuk orang Eropa maupun campuran Belanda-Pribumi.

 

Bagaimana Cara Mengunjungi Benteng Van der Wijck?

Untuk mengunjungi benteng van der wijck, Anda bisa menggunakan berbagai macam transportasi, baik darat, udara, maupun laut. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan:

  • Transportasi darat: Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, atau menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api, atau angkutan kota. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalur pantura dari arah Jakarta atau Yogyakarta menuju Gombong. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus jurusan Jakarta-Gombong, Yogyakarta-Gombong, atau Purwokerto-Gombong, kemudian turun di terminal Gombong. Anda juga bisa naik kereta api jurusan Jakarta-Yogyakarta atau Jakarta-Surabaya, kemudian turun di stasiun Gombong. Dari terminal atau stasiun Gombong, Anda bisa naik angkutan kota atau ojek menuju lokasi benteng yang berjarak sekitar 2 km.
  • Transportasi udara: Anda bisa menggunakan pesawat terbang menuju bandara terdekat dari Gombong, yaitu bandara Ahmad Yani di Semarang atau bandara Adisutjipto di Yogyakarta. Dari bandara, Anda bisa naik taksi, bus, atau kereta api menuju Gombong, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota atau ojek ke lokasi benteng.
  • Transportasi laut: Anda bisa menggunakan kapal laut menuju pelabuhan terdekat dari Gombong, yaitu pelabuhan Tanjung Emas di Semarang atau pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Dari pelabuhan, Anda bisa naik taksi, bus, atau kereta api menuju Gombong, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota atau ojek ke lokasi benteng.

Lokasi dan Akses Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck terletak di Dusun Sidayutengah, Desa Sidayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini berjarak sekitar 19 km dari pusat kota Kebumen.

Akses menuju Benteng Van der Wijck dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengambil jalan raya Gombong-Purwokerto. Setelah sampai di Desa Sidayu, Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Benteng Van der Wijck.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus jurusan Gombong-Purwokerto. Setelah sampai di Desa Sidayu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek atau becak.


Map Benteng Van der Wijck


Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Benteng Van der Wijck? 

Di benteng van der wijck, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan dan mengedukasi, seperti:

  • Menikmati arsitektur benteng yang unik dan megah. Anda bisa melihat bentuk segi delapan benteng yang simetris dan kokoh, dengan dinding-dinding yang tebal dan tinggi. Anda juga bisa melihat pintu-pintu masuk yang berukir nama benteng dan tahun pembangunannya, serta jendela-jendela yang berbentuk lingkaran. Di dalam benteng, Anda bisa melihat ruang-ruang yang dulunya digunakan sebagai kantor, gudang, barak, ruang rapat, ruang belajar, ruang tidur, ruang makan, ruang doa, ruang hukuman, dan ruang penyiksaan.
  • Mengenal sejarah benteng dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya. Anda bisa membaca papan informasi yang tersedia di setiap ruangan, atau mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata yang ada di lokasi. Anda bisa mengetahui tentang latar belakang pembangunan benteng, fungsi-fungsi benteng, peran benteng dalam perang Diponegoro, peran benteng dalam pergerakan nasional, peran benteng dalam perang kemerdekaan, peran benteng dalam masa Orde Baru, dan peran benteng dalam masa reformasi.
  • Menyaksikan koleksi benda-benda bersejarah yang dipamerkan di benteng. Anda bisa melihat berbagai macam benda-benda yang berkaitan dengan benteng, seperti senjata, alat komunikasi, alat transportasi, alat musik, alat tulis, pakaian, perhiasan, foto, dokumen, dan lain-lain. Anda juga bisa melihat replika-replika tokoh-tokoh sejarah yang pernah berada di benteng, seperti Frans David Cochius, Diponegoro, Soekarno, Hatta, Suharto, dan lain-lain.
  • Berfoto-foto dengan latar belakang benteng yang indah dan artistik. Anda bisa mengabadikan momen Anda di benteng dengan berbagai gaya dan sudut yang menarik. Anda bisa berfoto di depan pintu masuk benteng, di samping jendela benteng, di atas atap benteng, di dalam ruangan benteng, atau di sekitar taman benteng. Anda juga bisa berfoto dengan menggunakan kostum-kostum yang disediakan di benteng, seperti kostum Belanda, kostum Pupillen, kostum pejuang, atau kostum tradisional.
  • Menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar benteng. Anda bisa bersantai dan bersenang-senang dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar benteng, seperti area bermain anak, kereta wisata, panggung hiburan, kolam renang, mushola, warung makanan dan minuman, toilet, dan lain-lain.

 

Tips Mengunjungi Benteng Van der Wijck 

Untuk membuat kunjungan Anda ke benteng van der wijck lebih nyaman dan menyenangkan, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

- Datanglah pada hari dan jam yang tepat. Benteng van der wijck buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Anda bisa datang pada hari dan jam yang sesuai dengan preferensi Anda, apakah Anda ingin datang saat ramai atau sepi, saat pagi atau sore, saat cerah atau mendung, dan lain-lain. Namun, hindarilah datang saat hari libur nasional atau hari besar, karena biasanya benteng akan sangat ramai dan penuh pengunjung.

- Siapkanlah tiket masuk dan biaya tambahan. Tiket masuk ke benteng van der wijck sebesar Rp 25.000 per orang, yang sudah termasuk akses ke kereta wisata dan kolam renang. Namun, Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk beberapa fasilitas lain, seperti sewa kostum, sewa pemandu wisata, sewa kamera, atau beli souvenir. Anda bisa membawa uang tunai atau menggunakan e-money untuk membayar biaya-biaya tersebut.

- Pakailah pakaian dan perlengkapan yang nyaman. Karena benteng van der wijck memiliki luas yang cukup besar, Anda akan berjalan cukup banyak untuk menjelajahi setiap sudutnya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman, tidak terlalu panas atau dingin, dan tidak mengganggu gerak Anda. Anda juga disarankan untuk memakai sepatu yang nyaman, tidak licin, dan tidak mudah lepas. Selain itu, Anda juga perlu membawa perlengkapan lain yang dibutuhkan, seperti topi, kacamata, payung, jaket, tas, botol air minum, hand sanitizer, masker, dan lain-lain.

- Patuhilah aturan dan petunjuk yang ada di benteng. Untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan kelestarian benteng van der wijck, Anda harus mematuhi aturan dan petunjuk yang ada di benteng. Beberapa aturan dan petunjuk yang harus Anda taati antara lain adalah: tidak merusak, mencoret, atau mengambil benda-benda yang ada di benteng; tidak membuang sampah sembarangan; tidak merokok; tidak membawa hewan peliharaan; tidak berlari, berteriak, atau bermain-main di dalam benteng; tidak memotret atau merekam dengan flash atau lampu terang; tidak menyentuh atau memegang benda-benda yang dipamerkan; tidak berfoto dengan gaya yang tidak sopan atau mengganggu pengunjung lain; dan lain-lain.

 

FAQ tentang Benteng Van der Wijck 

Q: Apakah benteng van der wijck cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak?

A: Ya, benteng van der wijck cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak, karena benteng ini memiliki nilai edukasi yang tinggi, serta fasilitas bermain yang menyenangkan. Anak-anak bisa belajar tentang sejarah benteng, melihat koleksi benda-benda bersejarah, berfoto dengan kostum-kostum menarik, naik kereta wisata, berenang di kolam renang, dan lain-lain. Namun, Anda harus tetap mengawasi anak-anak Anda agar tidak bermain di tempat-tempat yang berbahaya atau melanggar aturan yang ada di benteng.

Q: Apakah benteng van der wijck memiliki akomodasi untuk menginap?

A: Tidak, benteng van der wijck tidak memiliki akomodasi untuk menginap, karena benteng ini hanya buka pada jam-jam tertentu. Jika Anda ingin menginap di sekitar benteng, Anda bisa mencari hotel, penginapan, atau homestay yang ada di kota Gombong atau sekitarnya. Anda bisa mencari akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda melalui aplikasi atau situs pencarian akomodasi online.

Q: Apakah benteng van der wijck memiliki tempat ibadah?

A: Ya, benteng van der wijck memiliki tempat ibadah, yaitu sebuah mushola yang terletak di sebelah barat benteng. Mushola ini bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin melaksanakan sholat atau ibadah lainnya. Mushola ini juga dilengkapi dengan fasilitas wudhu, toilet, dan tempat wudhu.

Q: Apakah benteng van der wijck memiliki tempat makan?

A: Ya, benteng van der wijck memiliki tempat makan, yaitu beberapa warung makanan dan minuman yang tersebar di sekitar benteng. Anda bisa menikmati berbagai macam makanan dan minuman yang lezat dan murah, seperti nasi goreng, mie ayam, bakso, soto, es teh, es jeruk, kopi, dan lain-lain. Anda juga bisa membeli souvenir atau oleh-oleh yang ada di warung-warung tersebut, seperti kaos, gantungan kunci, gelang, cincin, atau buku.

 

Kesimpulan 

Benteng van der wijck adalah salah satu wisata sejarah yang menarik di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini memiliki arsitektur unik berbentuk segi delapan dan menyimpan banyak kisah sejarah yang menarik. Anda bisa mengunjungi benteng ini dengan menggunakan berbagai macam transportasi, baik darat, udara, maupun laut. Anda juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan dan mengedukasi di benteng ini, seperti menikmati arsitektur benteng, mengenal sejarah benteng, menyaksikan koleksi benda-benda bersejarah, berfoto-foto dengan latar belakang benteng, dan menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar benteng. Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips mengunjungi benteng ini, seperti datang pada hari dan jam yang tepat, siapkan tiket masuk dan biaya tambahan, pakai pakaian dan perlengkapan yang nyaman, dan patuhi aturan dan petunjuk yang ada di benteng.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengunjungi benteng van der wijck. Selamat berwisata!


Sumber: Percakapan dengan Bing, 14/11/2023

(1) Benteng Van der Wijck - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Van_der_Wijck

(2) Benteng Van Der Wijck, Wisata Sejarah di Gombong Yang Wajib Dikunjungi .... https://www.nativeindonesia.com/benteng-van-der-wijck/.

(3) Sejarah Benteng Van der Wijck, Benteng Pertahanan Selatan Jawa. https://museumnusantara.com/sejarah-benteng-van-der-wijck/

(4) Benteng Van Der Wijck, Saksi Bisu Masa Penjajahan Hingga ... - detikTravel. https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5754336/benteng-van-der-wijck-saksi-bisu-masa-penjajahan-hingga-jadi-cagar-budaya.

(5) id.wikipedia.org. https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Van_der_Wijck.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.