-->

Berwisata ke Kota Al Ula

 


Kota Al Ula, Situs Warisan Dunia yang Menyimpan Sejarah 7.000 Tahun 

Apa itu Kota Al Ula?

Kota Al Ula adalah sebuah kota di Provinsi Madinah, Arab Saudi, yang terletak sekitar 300 km di sebelah utara kota Madinah. Kota ini memiliki sejarah yang panjang, yang mencakup berbagai peradaban kuno, seperti Dedan, Lihyan, Nabatea, Romawi, dan Islam. Kota ini juga merupakan situs arkeologi yang didaftarkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, karena memiliki lebih dari 100 makam megalitik yang dipahat di batu, serta oasis yang ditanami 2,3 juta pohon kurma.

Kota Al Ula juga memiliki kisah yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW, yang disebut-sebut sebagai kota yang terkutuk dan dihindari oleh beliau. Hal ini dikarenakan kota ini pernah dihuni oleh kaum Tsamud, yang terkenal sebagai kaum yang durhaka dan mendapat azab dari Allah SWT.

Namun, sekarang kota Al Ula telah menjadi destinasi wisatayang menarik bagi banyak orang, karena menawarkan keindahan alam, seni, budaya, dan sejarah yang luar biasa. Kota ini juga menyelenggarakan festival dan acara budaya yang spektakuler, seperti Festival Musim Dingin di Tantora.

 

Mengapa bisa Mengunjungi Kota Al Ula?

Kota Al Ula adalah destinasi wisata bagi Anda yang menyukai petualangan, seni, budaya, dan sejarah. Di kota ini, Anda bisa:

- Menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, seperti pegunungan berwarna merah, lembah hijau, dan gurun pasir.

- Mengagumi arsitektur dan ukiran yang unik dan indah, seperti makam-makam Nabatea di Mada'in Saleh, kota tua Al Ula yang terbuat dari bata, dan patung gunung yang menyerupai gajah.

- Belajar tentang sejarah dan budaya yang beragam, seperti kisah kaum Tsamud yang terkutuk, peran Jalur Dupa dalam perdagangan kuno, dan warisan Islam yang kuat.

- Menjelajahi berbagai aktivitas seru dan menantang, seperti mendaki, bersepeda, panjat tebing, flying fox, mengendarai mobil buggy, dan lain-lain.

- Menyaksikan festival dan acara budaya yang spektakuler, seperti Festival Musim Dingin di Tantora, yang menampilkan pertunjukan seni, musik, dan kuliner.

 

Bagaimana Cara Mengunjungi Kota Al Ula?

Untuk mengunjungi kota Al Ula, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti:

- Visa: Anda bisa mengajukan visa elektronik (e-visa) melalui situs web resmi Arab Saudi, atau visa saat kedatangan (visa on arrival) di bandara. Visa ini berlaku untuk 90 hari dan biayanya sekitar 440 Riyal Saudi (Rp 1,6 juta).

- Tiket pesawat: Anda bisa terbang ke Bandara Internasional Prince Abdul Majeed bin Abdulaziz, yang terletak sekitar 35 km dari pusat kota Al Ula. Tiket pesawat dari Jakarta ke Al Ula bisa berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta, tergantung maskapai, waktu, dan rute penerbangan.

- Akomodasi: Anda bisa memilih berbagai jenis akomodasi di Al Ula, mulai dari hotel, resor, tenda, hingga villa. Harga sewa per malam bisa bervariasi antara Rp 500 ribu hingga Rp 10 juta, tergantung fasilitas, lokasi, dan ketersediaan.

- Transportasi: Anda bisa menyewa mobil, sepeda, atau motor untuk berkeliling kota Al Ula. Anda juga bisa menggunakan layanan taksi, bus, atau kereta api. Biaya transportasi bisa berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu, tergantung jarak, jenis, dan durasi perjalanan.

- Paket wisata: Anda bisa memesan paket wisata yang disediakan oleh berbagai penyedia jasa, seperti agen perjalanan, operator lokal, atau pemerintah Arab Saudi. Paket wisata ini biasanya mencakup tiket masuk, transportasi, makanan, dan pemandu wisata. Harga paket wisata bisa bervariasi antara Rp 1 juta hingga Rp 20 juta, tergantung isi, durasi, dan kualitas paket.

 

Tips Mengunjungi Kota Al Ula

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat mengunjungi kota Al Ula:

- Rencanakan perjalanan Anda dengan baik, termasuk waktu, anggaran, dan tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi.

- Pesan tiket, visa, akomodasi, dan paket wisata Anda sejakjauh-jauh hari, karena kota Al Ula sering kali ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat musim festival.

- Ikuti aturan dan etika yang berlaku di Arab Saudi, seperti berpakaian sopan, tidak minum alkohol, tidak berpacaran, dan tidak mengambil foto tanpa izin.

- Bawa perlengkapan yang sesuai dengan kondisi cuaca dan aktivitas yang Anda lakukan, seperti pakaian hangat, topi, kacamata, sepatu, tabir surya, dan obat-obatan.

- Nikmati setiap momen dan pengalaman yang Anda dapatkan di kota Al Ula, dan jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera Anda.

 

FAQ

Q: Apakah kota Al Ula aman untuk dikunjungi?

A: Ya, kota Al Ula adalah kota yang aman untuk dikunjungi, karena memiliki keamanan yang baik, penduduk yang ramah, dan fasilitas yang memadai. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan risiko, seperti kecelakaan, pencurian, atau penipuan.

Q: Apakah kota Al Ula cocok untuk anak-anak?

A: Ya, kota Al Ula cocok untuk anak-anak, karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan menyenangkan untuk anak-anak, seperti taman, museum, dan kebun binatang. Namun, Anda harus memperhatikan kebutuhan dan keselamatan anak-anak Anda, seperti makanan, minuman, istirahat, dan perlindungan.

Q: Apakah kota Al Ula mahal untuk dikunjungi?

A: Tergantung, kota Al Ula bisa menjadi mahal atau murah untuk dikunjungi, tergantung pada gaya hidup, preferensi, dan prioritas Anda. Anda bisa menghemat biaya dengan cara-cara seperti memilih waktu yang tepat, membandingkan harga, memanfaatkan diskon, dan berbagi biaya dengan teman atau keluarga.

Q: Apakah kota Al Ula memiliki makanan halal?

A: Ya, kota Al Ula memiliki makanan halal, karena mayoritas penduduknya adalah Muslim. Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan halal, seperti nasi, roti, daging, sayur, buah, dan kue. Anda juga bisa menikmati makanan khas Arab Saudi, seperti kabsah, mandi, shawarma, dan hummus.

 

Kesimpulan

Kota Al Ula adalah destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika Anda ingin menikmati keindahan alam, budaya, dan sejarah yang luar biasa. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan bersejarah, seperti Mada'in Saleh, kota tua Al Ula, dan gunung gajah. Kota ini juga menawarkan berbagai aktivitas seru dan menantang, seperti mendaki, bersepeda, panjat tebing, flying fox, dan mengendarai mobil buggy. Kota ini juga menyelenggarakan festival dan acara budaya yang spektakuler, seperti Festival Musim Dingin di Tantora. Untuk mengunjungi kota Al Ula, Anda perlu mempersiapkan visa, tiket pesawat, akomodasi, transportasi, dan paket wisata. Anda juga perlu mengikuti tips yang telah kami berikan, seperti merencanakan perjalanan Anda dengan baik, mengikuti aturan dan etika yang berlaku,

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.