-->

5 Wisata Keren di Manado yang Wajib Dikunjungi

 

5 Wisata Keren di Manado yang Wajib Dikunjungi

 

Pendahuluan

Manado adalah ibukota Provinsi Sulawesi Utara yang terkenal dengan keindahan alamnya, terutama bawah laut. Kota ini juga memiliki banyaktempat wisata lain yang menawarkan pesona yang berbeda-beda, mulai dari wisata alam, kuliner, hingga sejarah. Jika Anda sedang mencari ide untuk liburan, berikut adalah 5 wisata keren di Manado yang wajib dikunjungi.

 

1. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang yang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil, dan mamalia laut.

Taman Nasional Bunaken memiliki luas sekitar 890 kilometer persegi. Wilayahnya meliputi perairan, pesisir daratan, dan pulau-pulau, termasuk Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Nain.

Taman nasional warisan dunia UNESCO ini menawarkan keindahan bawah laut dan memiliki biodiversitas laut tertinggi dunia. Pengunjung dapat mengeksplorasi suasana pulau, diving, snorkeling, berenang, menikmati kuliner khas laut, dan berbaur dengan warga setempat. 

Fasilitas di Taman Nasional Bunaken tersedia lengkap, antara lain penginappan, transportasi, tempat makan, dan penyewaan alat. Pengunjung akan dikenai biaya masuk mulai Rp5.000 per orang untuk wisatawan nusantara, dan mulai Rp150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Taman Nasional Bunaken memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan, antara lain:

Tidak boleh merusak terumbu karang

Tidak boleh membuang sampah sembarangan

Tidak boleh menangkap ikan dan hewan laut lainnya

 

2. Pulau Siladen

Pulau Siladen adalah salah satu pulau yang terletak di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah timur laut Pulau Bunaken, berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Manado.

Pulau Siladen memiliki luas sekitar 31,25 hektar. Pulau ini dikelilingi oleh pantai pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Pulau ini juga dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, moluska, reptil, dan mamalia laut.

Pulau Siladen adalah destinasi wisata alternatif, khususnya bagi yang hobi melakukan aktivitas diving. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bunaken. Pulau ini dihiasi pantai yang berpasir putih dan airnya yang sangat jernih. Selain itu, pulau ini ditumbuhi oleh banyak pepohonan. Udaranya segar dan suasananya sejuk. 

Selain diving, pengunjung juga bisa snorkeling di sekitar perairan yang dangkal. Aneka hewan laut dengan bentuk yang menakjubkan akan terlihat dengan jelas, termasuk terumbu karang.

Berikut adalah beberapa daya tarik Pulau Siladen:

Keindahan bawah laut Pulau Siladen memiliki keindahan bawah laut yang sangat memukau. Terumbu karangnya yang indah menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, seperti ikan badut, ikan kupu-kupu, dan ikan pari manta.

Pantai pasir putih Pulau Siladen memiliki pantai pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Pantai ini sangat cocok untuk bersantai dan berenang.

Kelestarian alam Pulau Siladen memiliki kelestarian alam yang masih terjaga. Pulau ini masih memiliki hutan tropis yang lebat dan terumbu karang yang indah.

 

3. Pantai Patokan

Pantai Patokan adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Pantai ini baru mulai dikenal oleh masyarakat luas pada tahun 2018. Pantai Patokan terletak di Desa Jiko, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Pantai ini berjarak sekitar 250 kilometer dari Kota Manado.

Pantai Patokan adalah tempat wisata yang cukup tersembunyi dan memiliki akses yang cukup sulit. Namun, perjalanan sulit untuk mencapai Pantai Patokan ini tentu sepadan dengan keindahan panorama alam yang disajikannya. Selain pasir putih dan laguna berwarna hijau kebiruan, ciri khas utama dari tempat wisata di Manado satu ini adalah keberadaan dua tebing megah yang mengapit pantai, memberikannya view eksotis yang sangat indah.

Selain keindahan alamnya, Pantai Patokan juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Di pantai ini terdapat gazebo, warung makan, dan tempat parkir. Pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar pantai.

 

4. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga adalah salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah utara Pulau Bunaken, berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Manado.

Pulau Lihaga merupakan pulau tak berpenghuni yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Pulau ini memiliki garis pantai dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Pulau ini juga dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, moluska, reptil, dan mamalia laut.

Pulau ini juga cocok untuk camping, karena memiliki fasilitas tenda dan toilet. Pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit yang indah di pulau ini.

Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Lihaga:

Snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut

Bersantai di pantai

Berkeliling dengan perahu

Mencicipi kuliner khas Sulawesi Utara

 

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Pulau Lihaga:

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Lihaga adalah pada bulan April hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca di Pulau Lihaga cerah dan air laut jernih.

Bawalah perlengkapan snorkeling atau diving jika ingin melihat keindahan bawah laut Pulau Lihaga.

Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Bawalah makanan dan minuman secukupnya karena tidak ada warung makan di Pulau Lihaga.

 

5. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Taman Hutan Raya Gunung Tumpa adalah kawasan konservasi hutan lindung yang terletak di Kelurahan Tongkeina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Taman ini memiliki luas sekitar 1.875 hektar dan terdiri dari hutan hujan tropis, pantai, dan tebing.

Taman Hutan Raya Gunung Tumpa adalah tempat wisata yang cocok untuk Anda yang suka dengan tantangan dan petualangan. Tempat wisata ini menawarkan trekking di hutan yang masih asri dan alami. Di sini, Anda bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna, seperti pohon pinus, pohon cemara, burung, kupu-kupu, dan monyet. Anda juga bisa menemukan beberapa air terjun yang cantik, seperti Air Terjun Kima Atas, Air Terjun Kima Bawah, dan Air Terjun Tumpa.

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Taman Hutan Raya Gunung Tumpa:

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Hutan Raya Gunung Tumpa adalah pada bulan April hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut, cuaca di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa cerah dan air laut jernih.

Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan-jalan di hutan.

Bawalah tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Bawalah makanan dan minuman secukupnya karena tidak ada warung makan di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa.

 

FAQ

Q: Bagaimana cara ke Taman Nasional Bunaken?

A: Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Manado atau Pelabuhan Marina Nusantara Diving Center (NDC). Perjalanan akan memakan waktu sekitar 30-45 menit.

 

Q: Apa saja yang harus dibawa saat berkunjung ke Pulau Siladen?

A: Anda harus membawa perlengkapan snorkeling atau diving, sunblock, topi, kacamata hitam, handuk, pakaian ganti, dan kamera.

 

Q: Bagaimana kondisi jalan menuju Pantai Patokan?

A: Kondisi jalan menuju Pantai Patokan cukup buruk, berbatu, dan berlubang. Anda harus menggunakan kendaraan yang sesuai, seperti sepeda motor atau mobil off-road.

 

Q: Apakah ada penginapan di Pulau Lihaga?

A: Tidak ada penginapan di Pulau Lihaga, namun Anda bisa menyewa tenda dan perlengkapan camping di sana. Biayanya sekitar Rp50.000 per orang per malam.

 

Q: Berapa biaya masuk ke Taman Hutan Raya Gunung Tumpa?

A: Biaya masuk ke Taman Hutan Raya Gunung Tumpa adalah Rp10.000 per orang. Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 per sepeda motor atau Rp10.000 per mobil.

 

Kesimpulan

Manado adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama yang berkaitan dengan keindahan alam. Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Manado adalah Taman Nasional Bunaken, Pulau Siladen, Pantai Patokan, Pulau Lihaga, dan Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Tempat-tempat wisata ini menawarkan pengalaman yang berbeda-beda, mulai dari diving, snorkeling, camping, hingga trekking. Anda bisa menyesuaikan pilihan tempat wisata dengan minat dan budget Anda. Selamat berlibur di Manado!


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.