-->

Yordania, Surga bagi Para Pecinta Fotografi

 


Tempat Wisata Instagramable di Yordania yang Harus Anda Kunjungi

 

Yordania, Negara yang Kaya Akan Sejarah dan Keindahan Alam

Yordania adalah sebuah negara yang terletak di Timur Tengah, berbatasan dengan Israel, Palestina, Suriah, Irak, dan Arab Saudi. Negara ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, serta keindahan alam yang luar biasa. Yordania juga dikenal sebagai salah satu negara yang ramah dan toleran terhadap wisatawan dari berbagai latar belakang.

Salah satu daya tarik utama Yordania adalahtempat-tempat wisatanya yang instagramable. Anda bisa menemukan berbagai macam destinasi yang menawarkan pemandangan indah, arsitektur menakjubkan, budaya unik, dan pengalaman seru. Berikut adalah 5 tempat wisata instagramable di Yordania yang wajib dikunjungi:

 

1. Petra, Kota Kuno yang Menjadi Salah Satu Keajaiban Dunia Baru


Petra adalah situs warisan dunia UNESCO yang merupakan peninggalan dari peradaban Nabatea Arab, sebuah suku nomaden yang menguasai jalur perdagangan di wilayah tersebut pada abad ke-4 SM hingga abad ke-6 M. Kota ini terletak di lembah yang dikelilingi oleh tebing-tebing batu berwarna merah, yang membuatnya tampak tersembunyi dan misterius.

Salah satu bangunan paling terkenal di Petra adalah Al-Khazneh atau The Treasury, yang merupakan sebuah kuil yang dipahat dari batu dengan gaya arsitektur Helenistik. Bangunan ini sering muncul di film-film Hollywood, seperti Indiana Jones and the Last Crusade dan Transformers: Revenge of the Fallen. Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi bangunan-bangunan lain di Petra, seperti The Monastery, The Royal Tombs, The Street of Facades, dan The Theatre.

Petra adalah tempat yang sangat instagramable karena memiliki keunikan dan keindahan yang tiada duanya. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang Al-Khazneh dari berbagai sudut, atau berpose di depan pintu masuk Petra yang disebut Siq. Anda juga bisa naik unta atau kuda untuk menikmati pemandangan kota kuno ini dari atas bukit.

 

2. Wadi Rum, Gurun Pasir Merah yang Menyerupai Planet Mars


Wadi Rum adalah sebuah gurun pasir yang juga merupakan situs warisan dunia UNESCO³. Gurun ini memiliki pasir berwarna merah, tebing raksasa, dan formasi batuan unik yang menjulang tinggi. Wadi Rum juga dikenal dengan julukan "Lembah Bulan" karena memiliki suasana yang eksotis dan futuristik.

Wadi Rum menawarkan berbagai aktivitas seru bagi para wisatawan, seperti naik unta, hiking, panjat tebing, dan menjelajahi gurun dengan mobil jeep. Anda juga bisa menginap di tenda-tenda tradisional milik suku Badui atau Bedouin, yang akan memberi Anda pengalaman bermalam di bawah langit penuh bintang.

Wadi Rum adalah tempat yang sangat instagramable karena memiliki pemandangan gurun yang spektakuler. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang tebing-tebing batu yang megah, atau berpose di atas pasir merah yang kontras dengan langit biru. Anda juga bisa mengabadikan momen-momen indah saat matahari terbit atau terbenam di Wadi Rum, yang akan memberi Anda nuansa warna yang menakjubkan.

 

3. Laut Mati, Titik Terendah di Bumi yang Bisa Membuat Anda Mengapung



Laut Mati adalah sebuah danau asin yang terletak lebih dari 400 meter di bawah permukaan laut, yang menjadikannya titik terendah di bumi. Laut Mati memiliki kandungan garam tertinggi di dunia, yaitu sekitar 32 persen, dibandingkan dengan kandungan garam laut biasa yang hanya sekitar 3,5 persen. Hal ini membuat tubuh manusia bisa mengapung dengan mudah di permukaan Laut Mati.

Laut Mati juga memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan bagi para wisatawan. Anda bisa mencoba mengoleskan lumpur hitam yang kaya akan mineral di tubuh Anda, yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti psoriasis, eksim, dan jerawat. Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar Laut Mati, seperti pegunungan, oase, dan air terjun.

Laut Mati adalah tempat yang sangat instagramable karena memiliki pengalaman unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Anda bisa mengambil foto dengan pose mengapung di air asin tanpa perlu berenang, atau bermain-main dengan lumpur hitam yang menempel di tubuh Anda. Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang Laut Mati yang berkilauan saat terkena sinar matahari.

 

4. Aqaba, Kota Pelabuhan yang Menyimpan Keindahan Bawah Laut


Aqaba adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di ujung selatan Yordania, berbatasan dengan Laut Merah. Kota ini merupakan pusat pariwisata dan perdagangan di Yordania, serta pintu masuk bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Petra dan Wadi Rum. Aqaba memiliki iklim hangat sepanjang tahun, yang membuatnya cocok untuk berbagai aktivitas di luar ruangan.

Aqaba menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan bagi para pecinta snorkeling dan diving. Anda bisa menjumpai berbagai macam biota laut, seperti ikan-ikan berwarna-warni, karang-karang cantik, penyu, hiu, dan bahkan kapal-kapal karam. Anda juga bisa menikmati pantai-pantai berpasir putih yang bersih dan nyaman di Aqaba.

Aqaba adalah tempat yang sangat instagramable karena memiliki keindahan laut yang mempesona. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang air laut yang biru dan jernih, atau berpose di bawah air dengan teman-teman ikan Anda. Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang kapal-kapal karam yang misterius dan menantang.

 

5. Jerash, Kota Kuno Romawi yang Masih Terawat dengan Baik


Jerash adalah sebuah kota kuno Romawi yang terletak sekitar 48 km dari ibu kota Yordania, Amman. Kota ini merupakan salah satu situs arkeologi Romawi terbesar dan terbaik di dunia, yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Jerash memiliki banyak bangunan-bangunan bersejarah, seperti kuil-kuil, teater-teater, gerbang-gerbang, kolom-kolom, dan jalan-jalan beraspal.

Jerash menawarkan pengalaman wisata sejarah dan budaya bagi para wisatawan. Anda bisa melihat-lihat bangunan-bangunan kuno Romawi yang megah dan artistik, serta merasakan suasana zaman dahulu. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya yang diselenggarakan di Jerash, seperti Festival Jerash untuk Budaya dan Seni, atau pertunjukan gladiator dan balap kereta kuda.

Jerash adalah tempat yang sangat instagramable karena memiliki keindahan yang tiada tara. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang bangunan-bangunan kuno Romawi yang elegan dan monumental, atau berpose di tengah-tengah kolom-kolom yang menjulang tinggi. Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya yang menarik dan meriah.


Cara menuju ke Yordania

Untuk menuju Yordania, Anda memiliki dua pilihan jalur, yaitu dari Israel atau dari Yordania. Berikut adalah penjelasan singkat tentang cara menuju Yordania dari kedua jalur tersebut:

  1. Dari Israel: Anda harus terbang ke bandara internasional Ben-Gurion di Tel Aviv, Israel. Dari sana, Anda bisa naik taksi atau bus ke Jerusalem, lalu naik bus lagi ke salah satu pos pemeriksaan yang menghubungkan Israel dan Tepi Barat. Setelah melewati pos pemeriksaan, Anda bisa naik taksi atau bus lagi ke kota-kota di Tepi Barat, seperti Ramallah, Bethlehem, atau Hebron. Jika Anda ingin mengunjungi Petra atau Wadi Rum, Anda harus melanjutkan perjalanan ke perbatasan selatan dengan Yordania, yaitu Jembatan Raja Hussein. Di sana, Anda harus melewati proses imigrasi dan membayar visa masuk sebesar 40 dinar Yordania (sekitar Rp 800.000). Setelah itu, Anda bisa naik taksi atau bus ke kota Aqaba, lalu naik bus lagi ke Petra atau Wadi Rum.
  2. Dari Yordania: Anda harus terbang ke bandara internasional Queen Alia di Amman, Yordania. Dari sana, Anda bisa naik taksi atau bus ke kota-kota di Yordania, seperti Amman, Aqaba, Petra, atau Wadi Rum. Jika Anda ingin mengunjungi Tepi Barat, Anda harus kembali ke bandara dan naik pesawat ke bandara King Hussein International di Aqaba. Di sana, Anda bisa mendapatkan visa gratis jika Anda masuk dan keluar melalui bandara yang sama. Lalu, Anda bisa naik taksi atau bus ke Jembatan Allenby, perbatasan utara dengan Tepi Barat. Di sana, Anda harus melewati proses imigrasi dan membayar visa masuk sebesar 15 dinar Yordania (sekitar Rp 300.000). Setelah itu, Anda bisa naik taksi atau bus ke kota-kota di Tepi Barat.

Bagaimana dengan transportasi di dalam Yordania?

Transportasi di dalam Yordania terdiri dari berbagai macam moda, seperti bus, taksi, kereta api, dan pesawat. Berikut adalah beberapa informasi tentang transportasi di dalam Yordania:

  • Bus: Bus adalah salah satu cara yang murah dan populer untuk berkeliling Yordania. Ada dua jenis bus yang beroperasi di Yordania, yaitu bus reguler dan bus ekspres. Bus reguler biasanya berhenti di banyak tempat dan memiliki tarif yang rendah, tetapi tidak memiliki jadwal yang tetap dan sering penuh sesak. Bus ekspres biasanya berhenti di tempat-tempat utama dan memiliki tarif yang sedikit lebih tinggi, tetapi memiliki jadwal yang tetap dan lebih nyaman. Anda bisa membeli tiket bus di terminal bus atau langsung di bus.
  • Taksi: Taksi adalah salah satu cara yang mudah dan cepat untuk berkeliling Yordania. Ada dua jenis taksi yang beroperasi di Yordania, yaitu taksi kuning dan taksi putih. Taksi kuning biasanya melayani perjalanan antar kota atau bandara, dan menggunakan meter untuk menentukan tarif. Taksi putih biasanya melayani perjalanan dalam kota, dan menggunakan tarif yang ditetapkan oleh pemerintah. Anda bisa menaiki taksi di jalan atau memesannya melalui telepon atau aplikasi.
  • Kereta api: Kereta api adalah salah satu cara yang sejarah dan unik untuk berkeliling Yordania. Ada dua jalur kereta api yang beroperasi di Yordania, yaitu jalur Hijaz Railway dan jalur Aqaba Railway. Jalur Hijaz Railway menghubungkan Amman dengan Damaskus, Suriah, melalui kota-kota seperti Zarqa, Mafraq, dan Irbid. Jalur ini merupakan bagian dari jalur kereta api historis yang dibangun oleh Kesultanan Utsmaniyah pada abad ke-19 untuk menghubungkan Istanbul dengan Mekkah. Jalur Aqaba Railway menghubungkan Amman dengan Aqaba, melalui kota-kota seperti Ma'an, Wadi Rum, dan Petra. Jalur ini merupakan bagian dari jalur kereta api strategis yang dibangun oleh Britania Raya pada Perang Dunia I untuk menghadapi Utsmaniyah.
  • Pesawat: Pesawat adalah salah satu cara yang mahal tetapi efisien untuk berkeliling Yordania. Ada dua bandara internasional utama di Yordania, yaitu bandara Queen Alia di Amman dan bandara King Hussein di Aqaba. Bandara Queen Alia melayani penerbangan domestik dan internasional dari berbagai maskapai penerbangan, seperti Royal Jordanian, Emirates, Turkish Airlines, dll. Bandara King Hussein melayani penerbangan domestik dan internasional dari maskapai penerbangan rendah biaya, seperti Air Arabia, Flydubai, dll. Anda bisa membeli tiket pesawat melalui agen perjalanan atau situs web resmi maskapai penerbangan. 

  

Kesimpulan

Yordania adalah negara yang memiliki banyak tempat wisata instagramable yang wajib dikunjungi. Anda bisa menikmati keindahan alam, sejarah, budaya, dan pengalaman unik di tempat-tempat seperti Petra, Wadi Rum, Laut Mati, Aqaba, dan Jerash. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda di tempat-tempat tersebut dengan kamera Anda!

 

FAQ

Q: Apakah Yordania aman untuk dikunjungi?

A: Yordania adalah salah satu negara paling aman di Timur Tengah, yang memiliki stabilitas politik dan keamanan publik. Yordania juga memiliki hubungan baik dengan negara-negara tetangganya, serta menerapkan kebijakan visa yang mudah dan fleksibel bagi para wisatawan. Namun, tetaplah waspada terhadap situasi terkini di wilayah tersebut, serta ikuti aturan dan norma yang berlaku di sana.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Yordania?

A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Yordania adalah pada musim semi (Maret-Mei) atau musim gugur (September-November), saat cuaca tidak terlalu panas atau dingin, serta pemandangan alam lebih hijau dan bunga-bunga bermekaran. Hindari mengunjungi Yordania pada musim panas (Juni-Agustus), saat suhu bisa mencapai 40 derajat Celsius atau lebih, atau pada musim dingin (Desember-Februari), saat suhu bisa turun hingga 0 derajat Celsius atau kurang.

Q: Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengunjungi Yordania?

A: Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengunjungi Yordania adalah:

  • Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal kedatangan.
  • Visa masuk ke Yordania, yang bisa diperoleh di bandara atau perbatasan, atau melalui aplikasi online. Biaya visa bervariasi tergantung dari durasi kunjungan dan kewarganegaraan Anda. Beberapa negara juga bebas visa untuk mengunjungi Yordania.
  • Vaksinasi untuk penyakit tertentu, seperti hepatitis A, tifoid, dan rabies. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum berangkat.
  • Pakaian yang sesuai dengan cuaca dan budaya setempat. Bawalah pakaian hangat jika Anda mengunjungi Yordania pada musim dingin, atau pakaian ringan jika Anda mengunjungi Yordania pada musim panas. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat atau terbuka, terutama jika Anda mengunjungi tempat-tempat ibadah atau pedesaan.
  • Perlengkapan lainnya, seperti kamera, obat-obatan, mata uang lokal (dinar Yordania), kartu kredit atau debit, adaptor listrik, dll.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan