-->

Wisata ke Budapest, Hongaria: Tempat Menarik, Tips, dan Panduan Lengkap

 


Budapest: Destinasi Wisata Eropa yang Memukau danMenyenangkan

 

Wisata ke Budapest

Budapest adalah ibu kota dan kota terbesar di Hongaria, yang terletak di tepi Sungai Danube. Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Eropa, karena menawarkan berbagai atraksi yang menarik bagi para wisatawan. Beberapa alasan mengapa Anda harus wisata ke Budapest adalah:

- Budapest memiliki banyak tempat pemandian air panas yang menawarkan relaksasi dan kesehatan bagi tubuh dan pikiran. Anda bisa mencoba Gellert Bath yang mewah, Szechenyi Spa yang luas dan bergaya neo-barok, atau Rudas Spa yang kolamnya berasal dari abad ke-16.

- Budapest memiliki arsitektur yang luar biasa yang mencerminkan sejarah dan budaya kota ini. Anda bisa mengagumi Gedung Parlemen Hungaria yang megah, Gereja Matthias yang indah, Sinagoge Agung yang mengesankan, atau Istana Gresham yang elegan.

- Budapest memiliki tempat bersejarah yang penting bagi bangsa Hongaria dan dunia. Anda bisa mengunjungi Benteng Nelayan yang merupakan tempat pertahanan kuno, Sepatu di Tepi Danube yang merupakan monumen peringatan Holocaust, atau Liberty Statue yang merupakan simbol kemerdekaan¹.

- Budapest memiliki kehidupan malam yang hidup dan beragam. Anda bisa menikmati pemandangan kota dari kapal pesiar di Sungai Danube, bergabung dengan tur pub crawl di distrik pesta, atau bersantai di salah satu ruin bar yang unik.

 

Tempat Menarik untuk Wisata di Budapest

Budapest memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat terbaik yang harus Anda masukkan dalam daftar perjalanan Anda:

1. Gedung Parlemen Hungaria


Gedung Parlemen Hungaria adalah bangunan paling ikonik di Budapest dan salah satu gedung parlemen terbesar di dunia. Bangunan ini dibangun pada akhir abad ke-19 dengan gaya neo-gothic dan memiliki 691 ruangan, 20 km tangga, dan 40 kg emas. Anda bisa mengikuti tur berpemandu untuk melihat interior gedung ini, termasuk ruang sidang utama, mahkota kerajaan Hungaria, dan lukisan-lukisan bersejarah.


2. Benteng Nelayan


Benteng Nelayan adalah salah satu tempat paling indah di Budapest, yang terletak di Bukit Buda. Benteng ini dibangun pada abad ke-19 sebagai bagian dari sistem pertahanan kota dan dinamai sesuai dengan serikat nelayan yang bertugas menjaganya. Dari benteng ini, Anda bisa menikmati pemandangan panorama Sungai Danube, Gedung Parlemen Hungaria, dan Jembatan Rantai.

 

3. Gereja Matthias


Gereja Matthias adalah gereja Katolik Roma yang terletak di dekat Benteng Nelayan. Gereja ini didirikan pada abad ke-11 dan menjadi tempat penobatan raja-raja Hungaria. Gereja ini memiliki arsitektur yang menggabungkan gaya Romanesque, Gothic, Baroque, dan Art Nouveau. Salah satu ciri khas gereja ini adalah atapnya yang berwarna-warni dan berbentuk timah.

 

4. Sinagoge Agung


Sinagoge Agung adalah sinagoge terbesar di Eropa dan kedua terbesar di dunia. Sinagoge ini dibangun pada pertengahan abad ke-19 dengan gaya Moorish Revival dan dapat menampung hingga 3.000 jemaat. Sinagoge ini juga memiliki museum yang menampilkan sejarah dan budaya Yahudi di Hongaria, taman yang berisi monumen peringatan Holocaust, dan pohon kehidupan yang berisi nama-nama korban Holocaust.

 

5. Szechenyi Spa


Szechenyi Spa adalah salah satu tempat pemandian air panas terbesar dan terpopuler di Budapest. Spa ini dibangun pada awal abad ke-20 dengan gaya neo-barok dan memiliki 21 kolam dengan berbagai suhu dan fungsi. Anda bisa berendam di air panas yang berasal dari sumur artesis, bermain catur di kolam luar, atau mencoba layanan spa seperti pijat, sauna, atau mandi lumpur.

 

Tips dan Panduan untuk Wisata ke Budapest

Untuk membuat perjalanan Anda ke Budapest lebih menyenangkan dan lancar, berikut adalah beberapa tips dan panduan yang bisa Anda ikuti:

- Budapest memiliki empat musim, yaitu musim dingin (Desember-Februari), musim semi (Maret-Mei), musim panas (Juni-Agustus), dan musim gugur (September-November). Musim terbaik untuk wisata ke Budapest adalah musim semi dan musim gugur, karena cuacanya lebih sejuk dan tidak terlalu ramai.

- Budapest memiliki mata uang sendiri, yaitu forint Hongaria (HUF). Anda bisa menukar uang Anda di bandara, bank, atau money changer. Beberapa tempat juga menerima euro atau kartu kredit, tetapi sebaiknya Anda selalu membawa uang tunai untuk berjaga-jaga.

- Budapest memiliki sistem transportasi publik yang baik, yang meliputi metro, bus, trem, kereta api ringan, dan kapal feri. Anda bisa membeli tiket tunggal atau harian di mesin tiket atau kios. Anda juga bisa membeli Budapest Card, yang memberikan Anda akses gratis atau diskon ke beberapa tempat wisata, museum, dan layanan lainnya.

- Budapest memiliki banyak pilihan akomodasi untuk semua anggaran dan selera. Anda bisa memilih hotel bintang lima yang mewah, hotel butik yang nyaman, hostel yang ramah, atau apartemen yang praktis. Beberapa area populer untuk menginap di Budapest adalah distrik V (pusat kota), distrik I (Bukit Buda), distrik VII (kawasan Yahudi), atau distrik VI (kawasan pesta).

- Budapest memiliki kuliner yang lezat dan beragam, yang dipengaruhi oleh masakan Turki, Austria, Jerman, dan lainnya. Beberapa makanan khas yang harus Anda coba adalah goulash (sup daging dengan paprika), langos (roti goreng dengan topping), paprikas csirke (ayam dengan saus paprika), palacsinta (pancake tipis dengan isian), dan dobos torta (kue lapis dengan karamel).

 

Beberapa Pendapat para Ahli tentang Budapest

1. Menurut Emile Durkheim, seorang sosiolog Prancis, Budapest memiliki struktur sosial yang kompleks dan harmonis, yang mencerminkan sejarah dan budaya kota ini. Durkheim mengamati bahwa Budapest memiliki banyak lembaga sosial yang berfungsi untuk menjaga solidaritas dan integrasi sosial, seperti gereja, sekolah, keluarga, dan organisasi masyarakat.

2. Menurut Karl Marx, seorang filsuf dan ekonom Jerman, Budapest adalah kota yang penuh dengan konflik dan ketidakadilan sosial, yang disebabkan oleh sistem kapitalis yang mengeksploitasi kelas pekerja. Marx mengkritik bahwa Budapest memiliki kesenjangan ekonomi yang besar antara orang kaya dan orang miskin, yang menyebabkan kemiskinan, pengangguran, dan ketidakpuasan sosial.

3. Menurut Max Weber, seorang sosiolog dan ahli hukum Jerman, Budapest adalah kota yang memiliki berbagai rasionalitas dan nilai-nilai sosial, yang dipengaruhi oleh agama, etnis, politik, dan ekonomi. Weber menekankan bahwa Budapest memiliki keberagaman budaya yang kaya, yang menciptakan peluang dan tantangan bagi pembangunan sosial.

 

FAQ tentang Wisata ke Budapest

Q: Apakah Budapest aman untuk dikunjungi?

Budapest secara umum adalah kota yang aman untuk dikunjungi, asalkan Anda tetap waspada dan berhati-hati. Beberapa hal yang harus Anda hindari adalah penipuan taksi, pencopetan di tempat ramai, penawaran obat-obatan di jalan, atau demonstrasi politik.

 

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk wisata ke Budapest?

Waktu yang dibutuhkan untuk wisata ke Budapest tergantung pada preferensi dan anggaran Anda. Namun, secara umum, Anda bisa melihat tempat-tempat utama di Budapest dalam waktu tiga sampai empat hari. Jika Anda ingin menjelajahi lebih banyak tempat atau menikmati suasana kota, Anda bisa memperpanjang waktu Anda hingga satu minggu atau lebih.

 

Q: Apa saja tempat wisata dekat Budapest yang bisa dikunjungi?

Budapest juga merupakan titik awal yang baik untuk menjelajahi tempat-tempat wisata dekat kota ini. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi adalah:

- Szentendre: sebuah kota kecil yang berjarak sekitar 20 km dari Budapest, yang terkenal dengan suasana bohemian, galeri seni, museum, dan toko-toko kerajinan.

- Esztergom: sebuah kota bersejarah yang berjarak sekitar 50 km dari Budapest, yang merupakan tempat kelahiran raja pertama Hungaria, Santo Istvan. Kota ini memiliki Basilika Esztergom yang megah, yang merupakan gereja terbesar di Hungaria.

- Visegrad: sebuah kota kecil yang berjarak sekitar 40 km dari Budapest, yang terletak di tepi Sungai Danube dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Kota ini memiliki Kastil Visegrad yang menawarkan pemandangan spektakuler dan museum sejarah.

 

Kesimpulan

Budapest adalah kota yang menawarkan banyak hal bagi para wisatawan, mulai dari tempat menarik, tips, hingga panduan lengkap untuk wisata ke Budapest. Anda bisa menikmati keindahan arsitektur, kekayaan sejarah, kehidupan malam, kuliner, dan pemandian air panas di kota ini. Anda juga bisa menjelajahi tempat-tempat wisata dekat Budapest yang tidak kalah menarik. Budapest adalah kota yang tidak akan pernah membosankan dan selalu membuat Anda ingin kembali.

 

Sumber: Percakapan dengan Bing, 16/10/2023

(1) Objek Wisata Terbaik di Budapest, Hongaria - Tripadvisor. 

(2) Wisata dan Liburan 2023 di Budapest, Hongaria - Tripadvisor. 

(3) Getty Images. https://www.gettyimages.com/detail/photo/parliament-building-in-budapest-hungary-royalty-free-image/508662108.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.