-->

Wana Wisata Penggaron: Tempat Outbound Terbaik di Semarang

 


Wana Wisata Penggaron: Tempat yang Cocok untuk Camping, Trabas, Off Road, dan Outbound di Semarang


Apa itu Wana Wisata Penggaron?

Wana Wisata Penggaron adalah sebuah hutan binaan yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Tempat ini terletak di Siroto, Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah. Wana Wisata Penggaron memiliki luas sekitar 1.200 hektar dan merupakan habitat bagi berbagai spesies hewan, khususnya burung.

Wana Wisata Penggaron menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung, mulai dari olahraga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya. Tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable dan suasana yang sejuk dan nyaman.

 

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di WanaWisata Penggaron

1. Camping 

Jika Anda ingin merasakan sensasi bermalam di tengah hutan, Anda bisa mencoba camping di Wana Wisata Penggaron. Tempat ini memiliki area camping ground yang cukup luas dan bisa menampung puluhan tenda. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah di pagi hari, seperti kabut yang mengelilingi hutan dan sinar matahari yang menyinari pepohonan. Anda juga bisa mendengar suara burung-burung yang berkicau di sekitar lokasi camping.

 

2. Outbound

Bagi Anda yang suka tantangan dan petualangan, outbound adalah aktivitas yang cocok untuk Anda. Wana Wisata Penggaron menyediakan fasilitas outbound yang lengkap dan profesional, seperti flying fox, spider web, jembatan goyang, tangga tali, dan lain-lain. Anda bisa melatih keberanian, keterampilan, kerjasama, dan kekompakan Anda bersama teman-teman atau keluarga Anda melalui outbound ini.

 

3. Trabas 

Trabas atau trail adventure adalah aktivitas yang menguji adrenalin Anda dengan melintasi medan-medan off road menggunakan sepeda motor atau sepeda gunung. Wana Wisata Penggaron memiliki medan yang tepat untuk trabas, seperti lintasan panjang semak belukar, jalan curam, jalan bergelombang, dan lain-lain. Anda bisa merasakan sensasi bersepeda di tengah hutan dengan pemandangan alam yang menawan.

 

4. Off Road

Jika Anda memiliki mobil off road atau jeep, Anda juga bisa menjajal medan off road di Wana Wisata Penggaron. Medan off road di tempat ini tidak kalah seru dengan trabas, karena Anda harus melewati jalan-jalan berbatu, berlumpur, berpasir, dan berair. Anda bisa merasakan sensasi mengemudi di tengah hutan dengan tantangan yang menantang.

 

Fasilitas yang Tersedia di Wana Wisata Penggaron 

Wana Wisata Penggaron juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung, seperti: 

1. Mushola

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda tidak perlu khawatir untuk melaksanakan ibadah di Wana Wisata Penggaron. Tempat ini memiliki mushola yang bersih dan nyaman untuk sholat. Anda juga bisa meminjam alat-alat ibadah seperti sajadah, mukena, dan sarung di mushola ini.

 

2. Kantin. 

Jika Anda merasa lapar atau haus setelah melakukan aktivitas di Wana Wisata Penggaron, Anda bisa mampir ke kantin yang ada di tempat ini. Kantin ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang lezat dan terjangkau, seperti nasi goreng, mie goreng, bakso, soto, es teh, es jeruk, dan lain-lain.

 

3. Toilet

Untuk kebutuhan buang air kecil atau besar, Anda juga tidak perlu khawatir karena Wana Wisata Penggaron memiliki toilet yang bersih dan terawat. Toilet ini terletak di dekat area parkir dan mudah dijangkau oleh pengunjung.

 

4. Petugas Keamanan

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Wana Wisata Penggaron, tempat ini juga memiliki petugas keamanan yang siap membantu pengunjung jika ada masalah atau keadaan darurat. Petugas keamanan ini juga bertugas untuk mengawasi hewan-hewan liar yang mungkin mengganggu pengunjung.

 

Lokasi dan Rute Menuju Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron terletak di Siroto, Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini berjarak sekitar 18 km dari Kota Semarang atau hanya 2 km dari Kota Ungaran².

Untuk menuju Wana Wisata Penggaron, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti rute berikut:

- Dari arah Semarang, ambil jalan tol Semarang-Solo dan keluar di exit Ungaran.

- Setelah keluar tol, belok kanan menuju Jalan Raya Ungaran-Bawen.

- Ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan dengan papan petunjuk Wana Wisata Penggaron.

- Belok kanan menuju Jalan Siroto dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan gerbang masuk Wana Wisata Penggaron.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus jurusan Semarang-Solo atau sebaliknya dan turun di Terminal Bawen. Dari Terminal Bawen, Anda bisa naik angkot jurusan Ungaran-Susukan dan turun di pertigaan Siroto. Dari sana, Anda bisa naik ojek atau berjalan kaki menuju Wana Wisata Penggaron.

 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB²³. Harga tiket masuk Wana Wisata Penggaron adalah Rp10.000 per orang²³. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa fasilitas lainnya.

 

Tips Berwisata di Wana Wisata Penggaron 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan di Wana Wisata Penggaron:

  • Bawa perlengkapan yang sesuai dengan aktivitas yang ingin Anda lakukan, seperti tenda, sleeping bag, kompor, peralatan masak, pakaian ganti, sepeda, helm, dan lain-lain.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan Wana Wisata Penggaron. Jangan buang sampah sembarangan, jangan merusak tanaman atau hewan, dan jangan membuat kebisingan yang mengganggu.
  • Ikuti aturan dan petunjuk yang ada di Wana Wisata Penggaron. Jangan melanggar batas-batas yang telah ditentukan, jangan bermain api di area yang dilarang, dan jangan melakukan aktivitas yang berbahaya .
  • Manfaatkan fasilitas yang tersedia dengan baik. Jangan merusak atau mencuri barang-barang milik Wana Wisata Penggaron, jangan mengganggu pengunjung lain, dan jangan menimbulkan kerugian bagi pihak pengelola
  • Bawa makanan dan minuman secukupnya. Jika Anda ingin membeli makanan atau minuman di kantin, pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup.
  • Bawa obat-obatan pribadi jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu. Jika Anda mengalami sakit atau cedera saat berada di Wana Wisata Penggaron, segera hubungi petugas keamanan atau fasilitas kesehatan terdekat .

 

Kesimpulan

Wana Wisata Penggaron adalah tempat wisata alam yang menawarkan berbagai aktivitas seru seperti camping, trabas, off road, dan outbound. Tempat ini memiliki lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap, dan pemandangan yang indah. Wana Wisata Penggaron cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman dengan cara yang menyenangkan dan bermanfaat.

 

FAQ:

Q: Bagaimana cara memesan tiket masuk Wana Wisata Penggaron?

A: Anda bisa memesan tiket masuk Wana Wisata Penggaron secara online melalui website resmi Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah . Anda juga bisa membeli tiket masuk di loket yang ada di gerbang masuk Wana Wisata Penggaron.

 

Q: Apakah ada penginapan di Wana Wisata Penggaron?

A: Tidak ada penginapan di Wana Wisata Penggaron. Jika Anda ingin menginap di tempat ini, Anda harus membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang tersedia di tempat ini .

 

Q: Apakah ada biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas outbound di Wana Wisata Penggaron?

A: Ya, ada biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas outbound di Wana Wisata Penggaron. Biaya tersebut tergantung pada jenis dan jumlah fasilitas yang Anda gunakan . Anda bisa menghubungi pihak pengelola untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang biaya tersebut .

 

Demikian artikel tentang Wana Wisata Penggaron yang saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.


Map


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan