-->

Pulau Maratua: Surga Tersembunyi di Laut Sulawesi

 


Pulau Maratua: Wisata Alam dan Bawah Laut yang TakTerlupakan di Laut Sulawesi

 

Pulau Maratua

Pulau Maratua adalah sebuah pulau yang berada di kawasan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki luas sekitar 384 km persegi dan berpenduduk sekitar 3.560 jiwa. Pulau ini berbentuk panjang dan melengkung tajam, mirip dengan huruf U. Pulau ini memiliki empat desa, yaitu Teluk Harapan, Bohe Silian, Bohe Bukut, dan Payung-Payung.

Pulau Maratua memiliki kekayaan alam dan bawah laut yang mengagumkan. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan beraneka ragam jenis ikan, penyu, hiu, pari manta, dan biota laut lainnya. Pulau ini juga memiliki beberapa danau yang unik, seperti Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban, yang merupakan habitat bagi ubur-ubur tak bersengat. Pulau ini juga memiliki pantai-pantai yang bersih dan berpasir putih, serta pemandangan matahari terbenam yang mempesona.

Pulau Maratua sering disebut-sebut sebagai Maldivesnya Indonesia karena memiliki kemiripan dengan negara kepulauan yang terkenal itu.

 

Mengapa Pulau Maratua Disebut sebagai Maldivesnya Indonesia?

Pulau Maratua sering disebut-sebut sebagai Maldivesnya Indonesia karena memiliki kemiripan dengan negara kepulauan yang terkenal itu. Beberapa kemiripan antara Pulau Maratua dan Maldives adalah:

  • Keduanya memiliki pulau-pulau kecil yang berjarak dekat satu sama lain dan dikelilingi oleh air laut yang jernih dan berwarna biru.
  • Keduanya memiliki resort-resort mewah yang berdiri di atas air dan menawarkan fasilitas dan pelayanan yang berkualitas.
  • Keduanya memiliki keindahan alam dan bawah laut yang luar biasa dan menjadi surga bagi para penyelam dan snorkeler.

 

Bagaimana Cara ke Pulau Maratua?

Ada beberapa cara untuk menuju Pulau Maratua, yaitu:

1. Melalui jalur udara, dengan menggunakan pesawat terbang dari Bandara Tarakan menuju Bandara Maratua. Waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam.

2. Melalui jalur laut, dengan menggunakan speedboat dari Tanjung Redep, Tanjung Batu, atau Tarakan menuju Pulau Maratua. Waktu tempuh sekitar 3-4 jam.

3. Melalui jasa travel, dengan memilih paket wisata yang sudah menyediakan akomodasi, transportasi, dan aktivitas wisata di Pulau Maratua.

 

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Pulau Maratua?

Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di PulauMaratua, di antaranya adalah:

- Menyelam dan snorkeling di berbagai spot diving yang menakjubkan, seperti Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel Garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel.

- Berenang dan bermain dengan ubur-ubur tak bersengat di Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.

- Menikmati pemandangan alam yang indah dari atas bukit atau dari resort.

- Menonton matahari terbenam yang romantis dari pantai.

- Mengikuti festival-festival tahunan yang menarik, seperti Maratua Jazz and Dive Fiesta, yang merupakan acara musik jazz dan diving yang digelar di Pulau Maratua.


Data statistik dan Pendapat Para Pakar tentang Pulau Maratua:

1. Pulau Maratua memiliki luas daratan sekitar 384,36 km persegi dan luas teritori laut sekitar 3.735,18 km persegi.

2. Pulau Maratua dihuni oleh sekitar 3.600 jiwa dari total sekitar 900 kepala keluarga yang terdaftar per tahun 2020 lalu. Mayoritas penduduknya adalah suku Bajo yang berprofesi sebagai nelayan.

3. Pulau Maratua merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yaitu Derawan-Sangalaki di Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini juga masuk dalam program ekonomi biru yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan.

4. Pulau Maratua memiliki keindahan alam dan bawah laut yang luar biasa, serta berbagai aktivitas wisata yang menarik. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan beraneka ragam jenis ikan, penyu, hiu, pari manta, dan biota laut lainnya. Pulau ini juga memiliki beberapa danau yang unik, seperti Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban, yang merupakan habitat bagi ubur-ubur tak bersengat. Pulau ini juga memiliki pantai-pantai yang bersih dan berpasir putih, serta pemandangan matahari terbenam yang mempesona.

5. Menurut Iya’ Setyasih dan Maya Wandyana Helmy, peneliti dari Pendidikan Geografi, Universitas Mulawarman, Pulau Maratua memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata andalan Indonesia Timur. Mereka melakukan analisis menggunakan panduan Analisis Daerah Operasi Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA) yang dimodifikasi, dan mendapatkan indeks 84% atau layak untuk dikembangkan. Mereka juga menyarankan agar pemerintah Kabupaten Berau melakukan promosi, perencanaan, keterlibatan masyarakat, dan kerjasama dalam pengembangan potensi pariwisata di Pulau Maratua.

6. Menurut WartaJazz, sebuah ekosistem Jazz di Indonesia, Pulau Maratua juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata musik dan budaya. Mereka bersama dengan Yayasan Berau Lestari (Bestari) menggagas acara tahunan yang bernama Maratua Jazz and Dive Fiesta, yang merupakan acara musik jazz dan diving yang digelar di Pulau Maratua. Mereka berharap acara ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, mengenalkan budaya lokal, dan melestarikan lingkungan di Pulau Maratua.


Map Pulau Maratua

 

FAQ

Q: Apakah Pulau Maratua aman untuk dikunjungi?

A: Pulau Maratua adalah pulau yang aman untuk dikunjungi, asalkan mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Pulau ini juga memiliki fasilitas kesehatan dan keamanan yang memadai, seperti puskesmas, polisi, dan pos SAR.

 

Q:Apakah Pulau Maratua cocok untuk liburan keluarga?

A: Pulau Maratua cocok untuk liburan keluarga, karena memiliki banyak aktivitas wisata yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Pulau ini juga memiliki resort-resort yang nyaman dan ramah keluarga, serta menyediakan fasilitas dan pelayanan yang berkualitas.

 

Q: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Pulau Maratua?

A: Biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Pulau Maratua tergantung pada beberapa faktor, seperti durasi, jenis akomodasi, transportasi, dan aktivitas wisata yang dipilih. Secara umum, biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per orang untuk liburan selama 3-4 hari.


Kesimpulan

Pulau Maratua adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau ini menawarkan keindahan alam dan bawah laut yang luar biasa, serta berbagai aktivitas wisata yang menarik. Pulau ini juga sering disebut sebagai Maldivesnya Indonesia karena memiliki kemiripan dengan negara kepulauan yang terkenal itu. Untuk menuju Pulau Maratua, ada beberapa cara yang bisa dipilih, yaitu melalui jalur udara, laut, atau jasa travel. Pulau Maratua adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pencinta alam dan petualang.

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan