-->

Pontianak, Surga Wisata di Kalimantan Barat yang Harus Anda Kunjungi

 


5 Destinasi Wisata Terbaik di Pontianak yang Wajib Dikunjungi


Pontianak, Kota Khatulistiwa yang Kaya AkanWisata

Pontianak adalah ibu kota provinsi Kalimantan Barat yang terletak di tepi sungai Kapuas. Kota ini dikenal sebagai kota khatulistiwa karena dilalui oleh garis imajiner yang membagi bumi menjadi dua belahan, utara dan selatan. Tidak hanya itu, Pontianak juga memilikiberbagai destinasi wisata yang menarik dan beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner. Jika Anda sedang berencana untuk mengunjungi Pontianak, berikut adalah 5 destinasi wisata terbaik di Pontianak yang wajib Anda masukkan dalam daftar perjalanan Anda. 

1. Pantai Kijing


Pantai Kijing adalah salah satu pantai terindah di Pontianak yang berlokasi di Desa Sungai Kunyit Laut, Kecamatan Sungai Kunyit. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih, serta air laut yang biru dan jernih. Anda bisa menikmati pemandangan pantai sambil bersantai di bawah pohon kelapa atau bermain pasir dengan anak-anak. Pantai ini juga memiliki hutan mangrove yang menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna laut, seperti kerang bakau, kepiting bakau, udang bakau, dan lain-lain. Anda bisa menjelajahi hutan mangrove dengan menyewa perahu atau jembatan kayu yang disediakan oleh pengelola pantai².

 

2. Tugu Khatulistiwa 


Tugu Khatulistiwa adalah ikon dan kebanggaan masyarakat Pontianak yang berdiri di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Siantan. Tugu ini dibangun untuk menandai lokasi dimana garis khatulistiwa melewati bumi. Di tugu ini, Anda bisa melihat peta dunia yang menunjukkan posisi garis khatulistiwa, serta museum yang menyimpan berbagai informasi dan koleksi seputar khatulistiwa. Salah satu hal yang menarik dari tugu ini adalah fenomena matahari tepat di atas kepala atau istilahnya titik kulminasi matahari. Fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Pada saat itu, semua benda di sekitar tugu tidak akan memiliki bayangan³.

 

3. Masjid Raya Mujahidin


Masjid Raya Mujahidin adalah masjid terbesar dan termegah di Pontianak yang berlokasi di Jalan Sultan Abdurrahman, Kecamatan Pontianak Kota. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan megah dengan dominasi warna putih dan emas. Masjid ini juga memiliki menara setinggi 99 meter yang menjadi salah satu landmark kota Pontianak. Masjid ini dapat menampung sekitar 15 ribu jamaah dan menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat Pontianak⁴. Masjid ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti perpustakaan, ruang serbaguna, taman bermain anak-anak, dan lain-lain.

 

4. Museum Negeri Pontianak


Museum Negeri Pontianak adalah museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah, budaya, dan alam Kalimantan Barat. Museum ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Pontianak Selatan. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai benda bersejarah seperti keris, tombak, meriam, pedang, dan lain-lain. Anda juga bisa melihat berbagai benda budaya seperti pakaian adat, alat musik, kerajinan tangan, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai benda alam seperti fosil, batu akik, tanaman obat, dan lain-lain. Museum ini juga memiliki ruang pameran khusus yang menampilkan replika rumah adat Dayak dan Melayu.

 

5. Rumah Radakng 


Rumah Radakng adalah rumah adat Suku Dayak yang berlokasi di Jalan Tanjung Raya, Kecamatan Pontianak Barat. Rumah ini dibangun pada tahun 1980 oleh Raden Aria Adipati Surya Ningrat sebagai bentuk penghargaan kepada Suku Dayak yang telah membantu Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Rumah ini memiliki bentuk yang unik dan khas dengan atap yang melengkung ke atas dan dinding yang terbuat dari kayu ulin. Rumah ini juga memiliki ukiran-ukiran yang indah dan bermakna. Di dalam rumah ini, Anda bisa melihat berbagai perabotan dan peralatan rumah tangga khas Suku Dayak.


Pendapat para wisatawan tentang destinasi wisata di Pontianak

1. Pantai Kijing: "Pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Ada juga hutan mangrove yang bisa dijelajahi dengan perahu atau jembatan kayu. Tempatnya bersih dan terawat."

2. Tugu Khatulistiwa: "Tugu yang menjadi simbol kota Pontianak sebagai kota khatulistiwa. Di sini kita bisa melihat peta dunia yang menunjukkan posisi garis khatulistiwa, serta museum yang berisi informasi dan koleksi seputar khatulistiwa. Jangan lewatkan fenomena matahari tepat di atas kepala yang terjadi dua kali dalam setahun."

3. Masjid Raya Mujahidin: "Masjid terbesar dan termegah di Pontianak yang memiliki arsitektur yang indah dan megah. Masjid ini bisa menampung ribuan jamaah dan menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat Pontianak. Masjid ini juga memiliki menara setinggi 99 meter yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan kota Pontianak."

4. Museum Negeri Pontianak: "Museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah, budaya, dan alam Kalimantan Barat. Di sini kita bisa melihat berbagai benda bersejarah seperti keris, tombak, meriam, pedang, dan lain-lain. Kita juga bisa melihat berbagai benda budaya seperti pakaian adat, alat musik, kerajinan tangan, dan lain-lain. Selain itu, kita juga bisa melihat berbagai benda alam seperti fosil, batu akik, tanaman obat, dan lain-lain. Museum ini juga memiliki ruang pameran khusus yang menampilkan replika rumah adat Dayak dan Melayu."

5. Rumah Radakng: "Rumah adat Suku Dayak yang dibangun pada tahun 1980 sebagai bentuk penghargaan kepada Suku Dayak yang telah membantu Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Rumah ini memiliki bentuk yang unik dan khas dengan atap yang melengkung ke atas dan dinding yang terbuat dari kayu ulin. Rumah ini juga memiliki ukiran-ukiran yang indah dan bermakna. Di dalam rumah ini, kita bisa melihat berbagai perabotan dan peralatan rumah tangga khas Suku Dayak."


Kesimpulan

Paragraf ketujuh: Itulah 5 destinasi wisata terbaik di Pontianak yang wajib dikunjungi. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, Anda bisa menikmati keindahan alam, mengenal sejarah dan budaya, serta merasakan suasana kota khatulistiwa. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Pontianak dan jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda.

 

FAQ 

Q: Bagaimana cara ke Pontianak?

A: Anda bisa ke Pontianak dengan menggunakan pesawat terbang, kapal laut, atau bus. Jika menggunakan pesawat terbang, Anda bisa terbang ke Bandara Internasional Supadio yang berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Pontianak. Jika menggunakan kapal laut, Anda bisa berlabuh di Pelabuhan Dwikora yang berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak. Jika menggunakan bus, Anda bisa turun di Terminal Bus Sungai Ambawang yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Pontianak.

 

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Pontianak?

A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Pontianak adalah pada bulan Maret atau September saat fenomena matahari tepat di atas kepala terjadi di Tugu Khatulistiwa. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Pontianak pada bulan Juni atau Juli saat perayaan Hari Jadi Kota Pontianak atau Festival Budaya Khatulistiwa digelar.

 

Q: Apa saja kuliner khas Pontianak yang harus dicoba?

A: Beberapa kuliner khas Pontianak yang harus dicoba adalah mie tiaw goreng pontianak, nasi ayam pontianak, soto banjar pontianak, bubur pedas pontianak, es campur pontianak, dan kue basah pontianak. Anda bisa menemukan kuliner-kuliner tersebut di berbagai tempat makan di sekitar kota Pontianak..

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.