-->

Mengunjungi Destinasi Wisata Terbaik di Majalengka

  

Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

Pendahuluan

Majalengka adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat Indonesia. Majalengka memiliki luas wilayah 1.204,24 km2 dan jumlah penduduk 1.305.476 jiwa pada tahun 2020. Ibu kota kabupaten ini adalah kota Majalengka, yang juga merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian.

Majalengka memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Majalengka pernah menjadi bagian dari beberapa kerajaan, seperti Kerajaan Talaga Manggung, Kerajaan Islam Talaga, Kerajaan Sindangkasih, dan Kerajaan Rajagaluh. Majalengka juga mengalami masa penjajahan Belanda dan Jepang, serta perjuangan kemerdekaan Indonesia. Nama Majalengka berasal dari dua kata dalam bahasa Cirebon, yaitu "maja" dan "langka", yang berarti "pohon maja yang langka".

Majalengka memiliki banyak potensi wisata, baik alam, budaya, maupun sejarah. Beberapa tempat wisata di Majalengka yang wajib dikunjungi antara lain adalah Bukit Mercury Sayang Kaak, Situ Cipanten, Paraland Majalengka, Situ Sangiang, Taman Bunga Nusantara, dan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati¹⁴. Majalengka juga memiliki beberapa makanan khas yang lezat, seperti nasi jamblang, empal gentong, tahu bletok, dodol picung, dan tape ketan.


Tempat wisata di Majalengka yang wajib dikunjungi 

1. Bukit Mercury Sayang Kaak


Tempat wisata yang instagenic ini benar-benar cocok khususnya untuk kamu yang ingin berfoto. Bagaimana tidak, lokasi yang termasuk dalam tempat wisata Majalengka paling hits ini menyuguhkan para pengunjung dengan pemandangan yang memukau dan beberapa spot yang memang disediakan untuk berfoto. Mulai dari gardu pandang, rumah dengan bahan ranting hingga taman bunga bisa menjadikan latar fotomu di sini. Bukit Mercury Sayang Kaak berada di ketinggian 160 mdpl. Tentunya dengan ketinggian tersebut, kamu dapat menikmati pemandangan dengan udara sejuk khas pegunungan. Tiket masuk ke tempat wisata Majalengka yang tergolong baru ini adalah 10.000 rupiah saja¹.

 

2. Situ Cipanten


Tempat wisata Majalengka Situ Cipanten merupakan salah satu destinasi wisata alam di Majalengka yang wajib dikunjungi. Sebenarnya area ini sudah dibuka untuk umum dari sejak tahun 1970-an. Tetapi pamornya naik karena banyak pengunjung yang mengunggah fotonya di media sosial. Selain alamnya yang indah, pengelola juga menambahkan beberapa spot kekinian. Mulai dari perahu Titanic hingga jembatan cinta dapat menjadi latar swafoto menarikmu. Selain berswafoto pengunjung juga dapat beraktivitas dengan kegiatan-kegiatan menantang di arena outbound yang disediakan².

 

3. Paraland Majalengka


Paraland Majalengka merupakan salah satu tempat wisata yang termasuk dalam tempat wisata Majalengka paling hits. Selain banyak spot foto, kamu pun akan disuguhkan dengan berbagai aktivitas lain. Dijamin kamu akan betah untuk menghabiskan waktu di Paraland Majalengka. Harga tiket dari Paraland Majalengka hanya 20.000 rupiah untuk orang dewasa dan 10.000 rupiah untuk anak-anak. Dengan harga segitu ada beberapa wahana yang dapat kamu nikmati ada yang masih memerlukan biaya tambahan lagi. Beberapa aktivitas gratis dari tempat wisata Majalengka paling hits ini yaitu: area foto 3D, trampolin dan area bermain anak¹.

 

4. Situ Sangiang

Situ Sangiang adalah sebuah danau buatan yang terletak di Desa Sangiang, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka. Situ Sangiang memiliki luas sekitar 50 hektar dan menjadi sumber irigasi bagi lahan pertanian disekitarnya. Situ Sangiang memiliki pemandangan yang indah dengan air yang jernih dan pepohonan yang rindang. Di sekitar situ, terdapat beberapa fasilitas seperti gazebo, perahu, dan tempat makan. Pengunjung bisa menikmati keindahan situ dengan berkeliling menggunakan perahu atau berfoto di spot-spot menarik. Tiket masuk ke Situ Sangiang adalah 10.000 rupiah per orang.

 

5. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata Majalengka yang cocok untuk keluarga. Taman ini memiliki luas sekitar 35 hektar dan berisi berbagai jenis bunga dari dalam dan luar negeri. Ada lebih dari 2000 jenis bunga yang bisa dilihat di sini, mulai dari bunga tulip, mawar, anggrek, hingga bunga langka. Taman Bunga Nusantara juga memiliki beberapa area tematik seperti taman Jepang, taman Bali, taman Prancis, dan taman labirin. Selain menikmati keindahan bunga, pengunjung juga bisa bermain di wahana seperti kereta gantung, kereta mini, sepeda air, dan lain-lain. Tiket masuk ke Taman Bunga Nusantara adalah 25.000 rupiah per orang.

 

6. Air Terjun Cibali

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan debit air yang cukup deras. Air terjun ini terletak di Desa Cibali, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang dan sejuk. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dengan berendam di kolam alami yang ada di bawahnya. Tiket masuk ke air terjun ini adalah 3.000 rupiah per orang.


7. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata ini merupakansalah satu tempat wisata petualangan yang menantang di Majalengka. Wisata ini terletak di Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Wisata ini menawarkan sensasi terbang dengan menggunakan paralayang dari ketinggian sekitar 800 meter. Pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang indah dari atas angkasa, seperti Gunung Ciremai, Gunung Ceremai, dan perkebunan teh. Harga tiket untuk wisata paralayang ini adalah 350.000 rupiah per orang.


8. Taman Wisata Linggarjati

Taman wisata ini merupakan tempat bersejarah yang menjadi saksi perjanjian antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1946. Taman wisata ini terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Majalengka. Taman wisata ini memiliki museum yang menyimpan berbagai benda-benda peninggalan sejarah, seperti foto-foto, dokumen-dokumen, dan senjata-senjata. Taman wisata ini juga memiliki taman yang asri dan hijau dengan berbagai tanaman bunga dan buah. Tiket masuk ke taman wisata ini adalah 5.000 rupiah per orang.


9. Kebun Teh Cipasung

Kebun teh ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang sejuk dan asri di Majalengka. Kebun teh ini terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka. Kebun teh ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar dan menghasilkan teh hitam berkualitas tinggi. Pengunjung bisa menikmati keindahan kebun teh dengan berjalan-jalan, bersepeda, atau berkemah. Pengunjung juga bisa belajar tentang proses pembuatan teh dari petik daun hingga pengemasan. Tiket masuk ke kebun teh ini adalah 3.000 rupiah per orang.

 

Kesimpulan

Majalengka adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik dan beragam. Dari bukit, air terjun, situ, hingga taman bermain, ada banyak pilihan tempat wisata di Majalengka yang wajib dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Majalengka yang paling bagus antara lain adalah Bukit Mercury Sayang Kaak, Situ Cipanten, Paraland Majalengka, Situ Sangiang, Taman Bunga Nusantara, Air Terjun Cibali, Wisata Paralayang Gunung Panten, Taman Wisata Linggarjati, dan Kebun Teh Cipasung. Selain itu, Majalengka juga memiliki sejarah, budaya, dan kuliner yang kaya dan unik. Majalengka merupakan kabupaten yang terus berkembang dan maju dengan visi dan misi yang jelas.


FAQ

Q: Apakah Majalengka memiliki bandara?

A: Ya, Majalengka memiliki bandara yang bernama Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Bandara ini terletak di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka dan merupakan bandara terbesar kedua di Pulau Jawa setelah Bandara Soekarno-Hatta.

Q: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Majalengka?

A: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Majalengka adalah pada musim kemarau antara bulan April hingga Oktober. Pada musim ini, cuaca di Majalengka cenderung cerah dan kering sehingga cocok untuk berwisata alam. Pada musim hujan antara bulan November hingga Maret, cuaca di Majalengka cenderung dingin dan basah sehingga kurang nyaman untuk berwisata alam.

Q: Apa saja makanan khas Majalengka?

A: Majalengka memiliki beberapa makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Beberapa makanan khas Majalengka antara lain adalah:


My Profile

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.