-->

Malcapuya Island: Surga Tropis di Coron, Filipina


Malcapuya Island: Pulau Pasir Putih yang Memukau di Coron, Filipina


Apa itu Malcapuya Island?

1. Lokasi dan Cara ke Malcapuya Island

Malcapuya Island adalah sebuah pulau pasir putih yang terletak dua jam dari kota Coron. Pulau ini termasuk dalam wilayah Culion, salah satu dari 11 munisipalitas di Palawan, Filipina¹. Untuk sampai ke pulau ini, Anda bisa menyewa perahu atau bergabung dengan tur yang biasanya juga mengunjungi dua pulau lainnya, yaitu Bulog Dos Sandbar dan Banana Island³. Perjalanan perahu bisa menantang ketika Anda melewati Teluk Coron, tetapi laut di sekitar pulau harusnya tenang⁴.

 

2. Keindahan dan Aktivitas di Malcapuya Island

Malcapuya Island adalah salah satu pantai terindah dan terpencil di Coron. Pasirnya putih dan halus, airnya biru dan jernih, dan pohon kelapanya rindang dan teduh. Anda bisa bersantai di hammock yang tersebar di sekitar area⁴, berjemur di bawah sinar matahari, atau berenang di laut yang dangkal³. Jika Anda suka snorkeling atau diving, Anda juga bisa menjelajahi kehidupan bawah laut yang kaya dan berwarna-warni di sekitar pulau. Ada juga penduduk lokal yang menjual kelapa segar dan camilan kue beras seperti ube rice turon, bud-bud, dan carioca yang terbuat dari singkong⁴.

 

Tips Mengunjungi Malcapuya Island

1. Kapan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Malcapuya Island?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Malcapuya Island adalah selama musim panas di Coron, yaitu antara bulan Maret hingga Mei. Pada saat itu, cuaca lebih cerah dan laut lebih tenang. Hindari mengunjungi pulau ini selama musim hujan, yaitu antara bulan Juni hingga Oktober, karena bisa berbahaya dan tidak nyaman³.

2. Apa yang Harus Dibawa ke Malcapuya Island?

Karena pulau ini cukup terpencil dan tidak memiliki fasilitas lengkap, ada beberapa hal yang harus Anda bawa ketika mengunjungi pulau ini, yaitu:

- Sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari

- Topi atau payung untuk meneduhkan kepala Anda

- Aqua shoes untuk melindungi kaki Anda dari karang atau batu yang tajam

- Handuk atau sarung untuk mengeringkan tubuh Anda setelah berenang

- Air minum dan makanan ringan untuk menjaga energi Anda

- Kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen indah Anda di pulau ini


Cara Untuk sampai ke Malcapuya Island

Anda memiliki beberapa pilihan, yaitu: 

- Menyewa perahu pribadi dari dermaga di Lualhati Park, Coron. Ini adalah cara yang paling fleksibel dan nyaman, tetapi juga yang paling mahal. Anda bisa menentukan sendiri jadwal dan durasi perjalanan Anda. Anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Malcapuya Island, seperti Bulog Dos Sandbar dan Banana Island. Perjalanan laut dari dermaga ke Malcapuya Island memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

- Bergabung dengan tur harian yang diselenggarakan oleh agen wisata lokal. Ini adalah cara yang paling populer dan ekonomis, tetapi juga yang paling terbatas. Anda harus mengikuti jadwal dan rute yang sudah ditentukan oleh agen wisata. Biasanya, tur ini juga mengunjungi dua pulau lainnya, yaitu Bulog Dos Sandbar dan Banana Island. Anda bisa memesan tur ini secara online atau offline di Coron.

- Menginap di Malcapuya Island. Ini adalah cara yang paling jarang dan petualang, tetapi juga yang paling menantang. Anda harus membawa tenda sendiri atau menyewa dari penduduk lokal. Anda juga harus membawa makanan dan minuman sendiri, karena tidak ada fasilitas lengkap di pulau ini⁵. Anda bisa menyewa perahu pribadi atau bergabung dengan tur harian untuk sampai ke pulau ini, tetapi Anda harus memberitahu pengemudi atau pemandu bahwa Anda ingin menginap di sana.

 

FAQ tentang Malcapuya Island

Q: Berapa biaya masuk ke Malcapuya Island?

A: Biaya masuk ke Malcapuya Island adalah 200 peso Filipina per orang. Jika Anda bergabung dengan tur, biaya masuk biasanya sudah termasuk dalam paket⁴.

 

Q: Apakah ada penginapan di Malcapuya Island?

A: Tidak ada penginapan resmi di Malcapuya Island. Jika Anda ingin menginap di pulau ini, Anda harus membawa tenda sendiri atau menyewa dari penduduk lokal. Namun, sebagian besar wisatawan hanya mengunjungi pulau ini sebagai bagian dari tur harian⁴.

 

Q: Apakah ada sinyal telepon atau internet di Malcapuya Island?

A: Sinyal telepon atau internet di Malcapuya Island sangat buruk atau bahkan tidak ada sama sekali. Ini bisa menjadi kesempatan untuk melepaskan diri dari kebisingan dunia dan menikmati keindahan alam⁴.

 

Kesimpulan

Malcapuya Island adalah surga tropis di Coron, Filipina. Pulau ini menawarkan pasir putih, air biru kristal, dan pohon kelapa yang menghiasi pantainya. Anda bisa bersantai, berenang, snorkeling, atau diving di pulau ini. Anda juga bisa mencicipi kelapa segar dan camilan khas Filipina dari penduduk lokal. Untuk mengunjungi pulau ini, Anda bisa menyewa perahu atau bergabung dengan tur yang juga mengunjungi pulau-pulau lainnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah selama musim panas di Coron. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menikmati pulau ini dengan nyaman dan aman.

 

Map Malcapuya Island


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.