-->

Curug Jenggala: Air Terjun Trisula yang Menawan di Lereng Gunung Slamet

 


Menikmati Pesona Curug Jenggala, Air Terjun Trisula di Kaki Gunung Slamet

 

Apa itu Curug Jenggala?

Curug Jenggala adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter daripermukaan tanah. Curug Jenggala mempunyai tiga air terjun yang tingginya sejajar, dengan air terjun yang di tengah memiliki arus yang paling deras. Pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu, membentuk air terjun trisula ini.

 

Cara menuju Curug Jenggala

Curug Jenggala dapat dicapai dengan menggunakan kendaraanroda dua atau roda empat dari Kota Purwokerto. Jarak tempuhnya sekitar 14,2 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 28 menit. Perjalanan akan melalui Jalan Profesor Dr HR Boenyamin, Jalan Raya Baturaden, dan Jalan Kalipagu. Setelah sampai di pintu masuk, pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 hingga 45 menit dengan medan jalan yang becek dan berlumpur. Untuk kenyamanan perjalanan, sebaiknya menggunakan sandal sebagai alas kaki supaya tidak berat melangkah.

 

Apa saja daya tarik Curug Jenggala? 

Curug Jenggala memiliki beberapa daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wisata populer di Banyumas. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

1. Keindahan alam 

Curug Jenggala menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri. Pepohonan yang rindang akan menemani pengunjung menuju lokasi air terjun. Udara sekitarnya juga sejuk dan segar. Suara gemericik air terjun yang bergemuruh akan menenangkan pikiran dan jiwa. Air terjun trisula ini juga memiliki warna air yang biru kehijauan, sehingga tampak eksotis dan menawan. 

2. Spot foto instagramable

Curug Jenggala juga memiliki spot foto instagramable yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengabadikan momen. Salah satu spot foto favorit adalah selfie deck berbentuk love yang berada di depan air terjun⁶. Spot ini cocok untuk pasangan yang ingin mengambil foto romantis. Selain itu, ada juga spot foto lain seperti jembatan kayu, gazebo, taman bunga, dan tentu saja air terjunnya sendiri.

3. Fasilitas

Curug Jenggala juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung aktivitas wisata alam pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain adalah toilet, jalur trekking yang tertata baik, kantin atau warung, area parkir, dan area camping⁷. Pengunjung juga bisa menyewa tenda atau matras jika ingin menginap di sana.

 

Harga tiket masuk Curug Jenggala

Untuk menikmati keindahan Curug Jenggala, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang⁸. Harga tiket ini sudah termasuk tarif masuk objek wisata Kalipagu, seperti Curug Penganten dan Curug Muntu⁸. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

 

FAQ

Q: Kapan jam buka Curug Jenggala?

A: Curug Jenggala buka setiap hari, dari hari Senin hingga hari Minggu. Curug Jenggala buka selama 24 jam, karena di area tersebut terdapat area untuk camping⁹.

 

Q: Apakah ada aturan khusus yang harus diperhatikan saat berkunjung ke Curug Jenggala?

A: Beberapa aturan khusus yang harus diperhatikan saat berkunjung ke Curug Jenggala adalah sebagai berikut:

- Tidak merusak fasilitas yang ada di sana.

- Tidak membuang sampah sembarangan.

- Tidak berenang di kolam air terjun jika arusnya sedang deras.

- Tidak melakukan hal-hal yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan pengunjung lain.

 

Q: Apakah ada tempat wisata lain yang dekat dengan Curug Jenggala?

A: Ada beberapa tempat wisata lain yang dekat dengan Curug Jenggala, seperti:

- Curug Penganten: sebuah air terjun yang memiliki kolam air berbentuk hati.

- Curug Muntu: sebuah air terjun yang memiliki aliran air yang lebar dan deras.

- Bukit Cipokol: sebuah bukit yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan spot foto instagramable.

- Bukit Ciangin: sebuah bukit yang memiliki hamparan bunga liar yang cantik dan eksotis.

 

Kesimpulan 

Curug Jenggala adalah sebuah air terjun trisula yang berada di lereng Gunung Slamet, Banyumas. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang menawan, spot foto instagramable, dan fasilitas yang memadai. Curug Jenggala juga menawarkan pengalaman wisata alam yang seru dan menyenangkan. Untuk itu, Curug Jenggala layak untuk dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati pesona alam Banyumas.

 

Map Curug Jenggala


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.