-->

7 Tempat Wisata Air Terjun Indah di Sumatra yang Wajib Dikunjungi

 


7 Air Terjun di Sumatra yang Menjadi Destinasi Impian Para Pecinta Alam


Sumatra adalah pulau terbesar kedua di Indonesia yang memiliki banyak keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu daya tarik wisata alam di Sumatra adalah air terjun yang tersebar di berbagai daerah. Air terjun di Sumatra tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga suasana sejuk dan segar yang bisa membuat Anda merasa betah berlama-lama. Jika Anda ingin menjelajahi keindahan air terjun di Sumatra, berikut adalah 7 tempat wisata airterjun indah di Sumatra yang wajib dikunjungi.

  

Air Terjun Mursala


Air Terjun Mursala adalah salah satu air terjun paling populer di Sumatra, bahkan di dunia. Pasalnya, air terjun ini pernah menjadi lokasi syuting film King Kong produksi Hollywood pada tahun 2005. Air Terjun Mursala memiliki keunikan yaitu airnya yang mengalir dari batuan granit dan langsung jatuh ke Samudra Hindia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan tebing yang sedikit miring, sehingga percikan airnya tidak terlalu kuat. Di sekitar Air Terjun Mursala, Anda bisa menikmati pemandangan pulau-pulau kecil yang eksotis dan berenang di laut yang jernih.

 

1. Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala terletak di Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Untuk menuju ke sana, Anda harus menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Sibolga. Perjalanan dengan kapal motor berkapasitas 10 orang akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan biaya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per kapal. Setelah sampai di Pulau Mursala, Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai Air Terjun Mursala.

 

2. Daya Tarik Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan airnya yang jatuh ke laut biru. Anda bisa merasakan sensasi berada di surga dengan suasana yang tenang dan sejuk. Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Sipora, Pulau Batu Gajah, dan Pulau Ular. Di pulau-pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai pasir putih, karang, dan ikan-ikan warna-warni. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat satwa langka seperti penyu hijau dan elang bondol.

 

Air Terjun Situmurun


Air Terjun Situmurun adalah salah satu air terjun yang unik dan menarik di Sumatra. Pasalnya, air terjun ini memiliki aliran air yang langsung mengalir ke Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia. Air terjun ini juga dikenal sebagai Air Terjun Binangalom³. Air Terjun Situmurun memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan terdiri dari 7 tingkatan. Air terjun ini memiliki daya tarik yaitu airnya yang jernih dengan warna hijau toska.

 

1. Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun terletak di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Untuk menuju ke sana, Anda harus menggunakan kapal sewa dari Parapat. Perjalanan dengan kapal akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan biaya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per kapal³. Setelah sampai di Desa Situmurun, Anda harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai Air Terjun Situmurun.

 

2. Daya Tarik Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan airnya yang mengalir ke Danau Toba. Anda bisa merasakan sensasi berada di antara dua keindahan alam yang berbeda, yaitu air terjun dan danau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, seperti perbukitan, pohon kelapa, dan kolam. Jika Anda ingin berenang, Anda bisa memilih antara kolam di bawah air terjun atau Danau Toba yang luas.

 

Air Terjun Aek Sijorni


Air Terjun Aek Sijorni adalah salah satu air terjun yang populer di Sumatra, terutama di kalangan wisatawan asing. Air terjun ini memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah airnya yang selalu jernih meskipun saat musim hujan tiba. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan aliran airnya yang mengalir deras melalui bebatuan alam yang berundak-undak. Di sekitar Air Terjun Aek Sijorni, Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan, pohon kelapa, dan kolam.

 

1. Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Aek Sijorni

Air Terjun Aek Sijorni terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Untuk menuju ke sana, Anda harus menggunakan transportasi darat dari Kota Padangsidimpuan. Perjalanan dengan mobil atau sepeda motor akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan biaya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per orang. Setelah sampai di Desa Aek Libung, Anda harus berjalan kaki sekitar 5 menit untuk mencapai Air Terjun Aek Sijorni.

 

2. Daya Tarik Air Terjun Aek Sijorni

Air Terjun Aek Sijorni menawarkan pemandangan alam yang indah dengan airnya yang jernih dan segar. Anda bisa merasakan sensasi berada di alam yang asri dan alami dengan suasana yang tenang dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa berenang di kolam di bawah air terjun atau di kolam lain yang ada di sekitarnya. Jika Anda ingin lebih menantang, Anda bisa mencoba melompat dari bebatuan ke kolam dengan ketinggian sekitar 5 meter.

 

Air Terjun Humogo


Air Terjun Humogo adalah salah satu air terjun yang tersembunyi di Sumatra. Pasalnya, air terjun ini belum banyak diketahui oleh wisatawan karena lokasinya yang sulit dijangkau. Namun, bagi Anda yang suka tantangan dan petualangan, Air Terjun Humogo bisa menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan aliran airnya yang mengalir dari tebing curam. Di sekitar Air Terjun Humogo, Anda bisa menikmati pemandangan hutan tropis yang lebat dan hijau.

 

1. Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo terletak di Desa Humogo Nauli, Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Untuk menuju ke sana, Anda harus menggunakan transportasi darat dari Kota Tarutung. Perjalanan dengan mobil atau sepeda motor akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan biaya sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per orang. Setelah sampai di Desa Humogo Nauli, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan melewati jalan setapak, sungai, dan hutan. Perjalanan ini cukup melelahkan, tetapi Anda akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Humogo.

 

2. Daya Tarik Air Terjun Humogo

Air Terjun Humogo menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan airnya yang mengalir dari ketinggian. Anda bisa merasakan sensasi berada di tengah hutan yang liar dan misterius dengan suasana yang sepi dan damai. Selain itu, Anda juga bisa berenang di kolam di bawah air terjun atau mandi di air terjun dengan hati-hati. Jika Anda ingin lebih menikmati keindahan alam, Anda bisa berkemah di sekitar air terjun dengan membawa peralatan sendiri.

 

Air Terjun Sipiso-piso


Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun tertinggi di Sumatra, bahkan di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan aliran airnya yang mengalir dari jurang Karo. Air terjun ini juga dikenal sebagai Air Terjun Tongging. Air Terjun Sipiso-piso memiliki daya tarik yaitu airnya yang membentuk semburan kabut yang indah saat jatuh ke bawah. Di sekitar Air Terjun Sipiso-piso, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir dari ketinggian.

 

1. Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan transportasi darat dari Kota Medan. Perjalanan dengan mobil atau sepeda motor akan memakan waktu sekitar 4 jam dengan biaya sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu per orang. Setelah sampai di Desa Tongging, Anda bisa melihat Air Terjun Sipiso-piso dari atas atau turun ke bawah dengan menuruni tangga sebanyak 600 anak tangga.

 

2. Daya Tarik Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso menawarkan pemandangan alam yang mempesona dengan airnya yang jatuh dari ketinggian. Anda bisa merasakan sensasi berada di antara dua keindahan alam yang berbeda, yaitu air terjun dan danau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, seperti perbukitan, pohon pinus, dan rumah-rumah adat Karo. Jika Anda ingin berenang, Anda bisa memilih antara kolam di bawah air terjun atau Danau Toba yang luas.

 

Air Terjun Lembah Anai


Air Terjun Lembah Anai adalah salah satu air terjun yang mudah dijangkau di Sumatra. Pasalnya, air terjun ini berada di pinggir jalan raya Padang-Bukittinggi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan aliran airnya yang mengalir dari Sungai Anai. Air terjun ini memiliki daya tarik yaitu airnya yang bersih dan segar dengan warna putih susu. Di sekitar Air Terjun Lembah Anai, Anda bisa menikmati pemandangan hutan lindung yang rimbun dan hijau.

 

1. Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai terletak di Desa Sungai Nanam, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan transportasi darat dari Kota Padang atau Kota Bukittinggi. Perjalanan dengan mobil atau sepeda motor akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan biaya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per orang. Setelah sampai di lokasi, Anda bisa langsung melihat Air Terjun Lembah Anai dari jalan raya atau turun ke bawah dengan menuruni tangga sebanyak 50 anak tangga.

 

2. Daya Tarik Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai menawarkan pemandangan alam yang cantik dengan airnya yang mengalir dari hutan. Anda bisa merasakan sensasi berada di alam yang asri dan alami dengan suasana yang sejuk dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa berenang di kolam di bawah air terjun atau mandi di air terjun dengan hati-hati. Jika Anda ingin lebih menikmati keindahan alam, Anda bisa berkemah di sekitar air terjun dengan membayar biaya masuk sekitar Rp 10 ribu per orang.

 

Air Terjun Telun Berasap


Air Terjun Telun Berasap adalah salah satu air terjun yang eksotis di Sumatra. Pasalnya, air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan aliran airnya yang mengalir dari Gunung Tujuh. Air terjun ini memiliki daya tarik yaitu airnya yang membentuk semburan kabut yang mirip dengan asap. Di sekitar Air Terjun Telun Berasap, Anda bisa menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang kaya akan flora dan fauna.

 

1. Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Untuk menuju ke sana, Anda harus menggunakan transportasi darat dari Kota Sungai Penuh. Perjalanan dengan mobil atau sepeda motor akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan biaya sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per orang. Setelah sampai di Desa Pelompek, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan melewati jalan setapak, sungai, dan hutan. Perjalanan ini cukup melelahkan, tetapi Anda akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Telun Berasap.

 

2. Daya Tarik Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan airnya yang jatuh dari ketinggian. Anda bisa merasakan sensasi berada di tengah hutan yang liar dan misterius dengan suasana yang sepi dan damai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, seperti Gunung Tujuh, Danau Gunung Tujuh, dan hutan lindung. Jika Anda ingin berenang, Anda bisa memilih antara kolam di bawah air terjun atau Danau Gunung Tujuh yang luas.

 

FAQ

Q: Apa saja tempat wisata air terjun indah di Sumatra yang wajib dikunjungi?

A: Beberapa tempat wisata air terjun indah di Sumatra yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Mursala, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Aek Sijorni, Air Terjun Humogo, Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Lembah Anai, dan Air Terjun Telun Berasap.

 

Q: Bagaimana cara menuju ke tempat wisata air terjun indah di Sumatra?

A: Cara menuju ke tempat wisata air terjun indah di Sumatra berbeda-beda tergantung pada lokasinya. Namun, umumnya Anda harus menggunakan transportasi darat dan laut dari kota-kota besar di Sumatra, seperti Medan, Padang, atau Jambi. Selain itu, Anda juga harus berjalan kaki sekitar 5 menit hingga 1 jam untuk mencapai lokasi air terjun.

 

Q: Apa saja daya tarik dari tempat wisata air terjun indah di Sumatra?

A: Daya tarik dari tempat wisata air terjun indah di Sumatra adalah pemandangan alam yang luar biasa dengan airnya yang jatuh dari ketinggian, mengalir dari sungai atau danau, atau membentuk semburan kabut. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, seperti perbukitan, hutan, pantai, pulau, atau gunung. Jika Anda ingin berenang, Anda bisa memilih antara kolam di bawah air terjun atau danau yang luas.

 

Q: Apa saja hal yang harus dipersiapkan sebelum berkunjung ke tempat wisata air terjun indah di Sumatra?

A: Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berkunjung ke tempat wisata air terjun indah di Sumatra adalah sebagai berikut:

- Membawa pakaian ganti, handuk, dan perlengkapan mandi.

- Membawa peralatan berkemah jika ingin menginap di sekitar air terjun.

- Membawa makanan dan minuman yang cukup karena tidak semua lokasi air terjun memiliki fasilitas penjual makanan.

- Membawa obat-obatan dan peralatan pertolongan pertama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

- Membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen-momen indah.

- Membayar biaya masuk atau sewa kapal jika diperlukan.

- Menghormati alam dan budaya setempat dengan tidak merusak atau mencemari lingkungan.

 

Kesimpulan

Tempat wisata air terjun indah di Sumatra adalah salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi bagi Anda yang suka petualangan dan keindahan alam. Anda bisa menjelajahi 7 tempat wisata air terjun indah di Sumatra yang memiliki keunikan dan daya tariknya masing-masing. Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya, seperti perbukitan, hutan, pantai, pulau, atau gunung. Jika Anda ingin berenang, Anda bisa memilih antara kolam di bawah air terjun atau danau yang luas. Namun, Anda juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum berkunjung ke tempat wisata air terjun indah di Sumatra agar perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang tempat wisata air terjun indah di Sumatra. Selamat berwisata!

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan