-->

7 Destinasi Wisata Terbaik di Natuna yang Wajib Dikunjungi

 

Natuna: Surga Wisata di Kepulauan Riau

Pendahuluan 

Natuna adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, yang terdiri dari sekitar 270 pulau-pulau kecil. Natuna memiliki luas wilayah sekitar 2.009,04 km2 dan jumlah penduduk sekitar 81.952 jiwa pada tahun 2020¹. Natuna memiliki potensi kekayaan alam yang besar, terutama di bidang minyak dan gas alam (migas), perikanan, dan pariwisata. Beberapa sumber daya alam yang dimiliki Natuna antara lain: 

- Migas: Natuna memiliki cadangan migas yang diperkirakan mencapai 46 triliun kaki kubik gas alam dan 3,7 miliar barel minyak². Namun, pengeboran migas di Natuna sering mengalami kendala karena klaim wilayah oleh China, yang menganggap Natuna sebagai bagian dari Laut China Selatan³. Indonesia menolak klaim China tersebut dan menegaskan bahwa Natuna berada dalam zona ekonomi eksklusif Indonesia sesuai dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut³.

- Perikanan: Natuna memiliki potensi perikanan yang sangat besar, karena berada di jalur lintasan ikan-ikan pelagis seperti tuna, tongkol, cakalang, layang, dan lain-lain⁴. Selain itu, Natuna juga memiliki kekayaan biota laut seperti karang, terumbu, rumput laut, dan ikan-ikan hias⁴. Perikanan di Natuna memberikan kontribusi besar bagi perekonomian masyarakat setempat, baik sebagai sumber pangan maupun pendapatan.

- Pariwisata: Natuna memiliki pesona pariwisata yang luar biasa, karena memiliki keindahan alam yang masih alami dan eksotis. Beberapa destinasi wisata yang populer di Natuna antara lain Pantai Pasir Marus, Tanjung Senubing, Tanjung Datuk, Bukit Kapur, Pantai Sisi Serasan, Masjid Raya Natuna, dan Air Terjun Gunung Ranai. Di tempat-tempat ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai, pulau, batu-batu purba, hutan pinus, matahari terbit dan terbenam, serta budaya lokal.

 

Destinasi Terbaik di Natuna

1. Pantai Pasir Marus


Pantai Pasir Marus adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Sedanau, Natuna. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih, serta air laut yang jernih dan biru. Di pantai ini, Anda bisa bermain air, berjemur, atau bersantai sambil menikmati pemandangan. Pantai Pasir Marus juga memiliki spot foto yang menarik, yaitu sebuah batu besar yang berbentuk seperti huruf M. Anda bisa berfoto di atas batu ini sambil melihat latar belakang laut dan langit¹.

 

2. Tanjung Senubing


Tanjung Senubing adalah sebuah tanjung yang terletak di pantai timur Ranai, Natuna. Tanjung ini memiliki pemandangan batu-batu purba berukuran besar, dan goa yang terbentuk dari susunan bebatuan. Anda bisa menjelajahi goa-goa ini dan melihat keindahan stalaktit dan stalagmit di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan laut biru yang kontras dengan warna batu-batu coklat². Salah satu spot foto yang populer di Tanjung Senubing adalah Batu Sindu, sebuah batu besar yang melegenda di kalangan masyarakat setempat.

 

3. Tanjung Datuk


Tanjung Datuk adalah sebuah pantai yang terletak di Tanjung, Natuna. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan bersih, serta perbukitan batu berbagai bentuk dan ukuran. Pantai ini juga menawarkan pesona matahari terbit dan terbenam yang cantik dan romantis. Anda bisa bermain air, berjalan-jalan di sepanjang pantai, atau duduk-duduk di atas batu sambil menikmati pemandangan³. Pantai Tanjung Datuk juga merupakan tempat bersarangnya penyu hijau, sehingga Anda bisa melihat penyu-penyu ini jika beruntung.

 

4. Bukit Kapur

Bukit Kapur adalah sebuah bukit yang terletak di bawah kaki Gunung Ranai, Natuna. Bukit ini memiliki pemandangan hutan yang hijau dan asri, serta memandangi wilayah Natuna dari ketinggian. Bukit Kapur juga memiliki pepohonan pinus yang rindang dan indah. Di bukit ini, Anda bisa bersepeda, berkemah, atau piknik sambil menikmati udara segar. Di bukit ini juga tersedia balkon dan jembatan kayu yang sangat cocok untuk berfoto.

 

5. Pantai Sisi Serasan


Pantai Sisi Serasan adalah sebuah pantai yang terletak di Pulau Serasan, Natuna. Pantai ini merupakan salah satu pantai alami terbaik di dunia versi majalah Islands tahun 2006. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan lembut, serta air laut yang jernih dan biru. Di pantai ini, Anda bisa snorkeling, diving, atau berenang sambil melihat ikan-ikan cantik dan karang-karang warna-warni. Pantai Sisi Serasan juga memiliki pemandangan sunset yang spektakuler.

 

6. Masjid Raya Natuna


Masjid Raya Natuna adalah sebuah masjid yang terletak di Ranai, Natuna. Masjid ini memiliki arsitektur yang megah dan mirip dengan Taj Mahal di India. Masjid ini juga memiliki danau yang berada di depannya, yang menambah keindahan dan kesan mewahnya. Masjid ini merupakan salah satu ikon wisata religi di Natuna, yang sering dikunjungi oleh umat Islam maupun non-Muslim. Masjid ini memiliki ornamen pintu yang terinspirasi dari Alquran, serta kubah yang melambangkan jumlah rakaat salat dalam sehari.

 

7. Air Terjun Gunung Ranai


Air Terjun Gunung Ranai adalah sebuah air terjun yang terletak di Gunung Ranai, Natuna. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan debit air yang tidak terlalu deras. Air terjun ini mengalir di antara batu-batu alam yang berkilauan ditimpa sinar matahari. Di bawah air terjun ini ada pasir putih yang teksturnya sangat mirip dengan pasir pantai. Air Terjun Gunung Ranai menawarkan pemandangan alami yang sejuk dan menyegarkan.


Pendapat para wisatawan tentang wisata ke Natuna

Pendapat para wisatawan ke Natuna umumnya positif dan mengagumi keindahan alam dan budaya di daerah tersebut. Beberapa pendapat yang bisa saya rangkum adalah:

1. Natuna adalah tempat sempurna untuk liburan bersama pasangan, terutama bagi yang hobi petualangan. Natuna menawarkan alam yang perawan, seperti Pantai Sisi yang tak kalah apik dari Maladewa³.

2. Natuna memiliki banyak situs geologi yang menarik, seperti Taman Batu Alif, Tanjung Senubing, dan Tanjung Datuk. Natuna juga telah menjadi Geopark Nasional dan diusulkan untuk masuk ke dalam Global Geopark Network UNESCO².

3. Natuna memiliki potensi sumber daya alam yang besar, terutama di bidang migas, perikanan, dan pariwisata. Namun, Natuna juga menghadapi klaim wilayah oleh China, yang menganggap Natuna sebagai bagian dari Laut China Selatan⁴.

4. Natuna memiliki pilihan transportasi yang beragam, baik jalur udara maupun jalur laut. Wisatawan bisa menggunakan pesawat udara dari Jakarta, Batam, Pekanbaru, atau Tanjung Pinang ke Bandara Ranai di Natuna. Atau bisa juga menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang ke Pelabuhan Binjai di Natuna².

5. Kunjungan wisatawan ke Natuna meningkat pada tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya. Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna telah meluncurkan 31 kegiatan pariwisata, di antaranya Festival Geopark Natuna, West Sumatera Rally Yacht, dan Festival Pantai Sisi¹. Wisatawan juga bisa menggunakan yacht untuk menjelajahi pulau-pulau di Natuna⁵.

 

FAQ

Q: Bagaimana cara ke Natuna?

A: Anda bisa ke Natuna dengan menggunakan pesawat udara atau kapal laut. Jika menggunakan pesawat udara, Anda bisa terbang dari Jakarta, Batam, Pekanbaru, atau Tanjung Pinang ke Bandara Raden Sadjad di Ranai, Natuna. Jika menggunakan kapal laut, Anda bisa naik kapal feri dari Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang ke Pelabuhan Binjai di Ranai, Natuna.

 

Q: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Natuna?

A: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Natuna adalah pada bulan April hingga Oktober, saat musim kemarau. Pada saat itu, cuaca lebih cerah dan angin lebih tenang, sehingga cocok untuk melakukan aktivitas wisata di pantai atau pulau. Hindari berkunjung ke Natuna pada bulan November hingga Maret, saat musim hujan. Pada saat itu, cuaca lebih mendung dan angin lebih kencang, sehingga berpotensi mengganggu perjalanan Anda.

 

Q: Apa saja oleh-oleh khas Natuna?

A: Beberapa oleh-oleh khas Natuna yang bisa Anda bawa pulang adalah:

- Kerajinan tangan dari batu alam, seperti gelang, kalung, cincin, atau gantungan kunci.

- Kerajinan tangan dari kayu pinus, seperti asbak, tempat pensil, atau tempat tisu.

- Kerajinan tangan dari kulit kerang, seperti dompet, tas, atau sandal.

- Makanan khas Natuna, seperti ikan asin, kerupuk ikan tenggiri, atau dodol durian.

 

Kesimpulan

Natuna adalah salah satu kabupaten di Kepulauan Riau yang memiliki banyak pesona wisata. Mulai dari pantai, pulau, air terjun, hingga masjid, Natuna menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Berikut adalah 7 destinasi wisata terbaik di Natuna yang wajib dikunjungi:

- Pantai Pasir Marus

- Tanjung Senubing

- Tanjung Datuk

- Bukit Kapur

- Pantai Sisi Serasan

- Masjid Raya Natuna

- Air Terjun Gunung Ranai


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berlibur ke Natuna. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keselamatan saat berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut. Selamat berwisata!

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.