-->

6 Wisata Kuliner Khas Aceh yang Wajib Dicoba

 


Menjelajahi Kelezatan dan Keunikan Kuliner Khas Aceh 

Apa saja wisata kuliner khas Aceh yang wajib dicoba?

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang luar biasa. Salah satu aspek budaya yang menarik untuk dieksplorasi adalah kuliner khas Aceh. Kuliner Aceh memiliki cita rasa yang kaya, pedas, dan gurih, berkat penggunaan berbagai rempah-rempah dan bahan lokal. Kuliner Aceh juga memiliki keunikan dan variasi yang beragam, mulai dari makanan berat, ringan, hingga manis. Jika Anda ingin menikmati wisata kuliner khas Aceh, berikut adalah 6 rekomendasi yang wajib Anda coba:

 

1. Rujak Kweni


Rujak Kweni adalah salah satu makanan ringan khas Aceh yang segar dan menyehatkan. Rujak Kweni terbuat dari buah-buahan segar seperti timun, bengkuang, mangga, jambu air, nanas, dan salak yang dipotong-potong dan dicampur dengan bumbu rujak. Bumbu rujaknya terbuat dari gula merah, asam jawa, cabai rawit, cabai merah, dan garam yang dihaluskan dan dicairkan dengan air. Rujak Kweni memiliki rasa yang pedas, manis, dan asam yang seimbang dan menyegarkan. Anda bisa menemukan pedagang rujak Kweni di banyak tempat di Aceh, salah satunya di dekat Masjid Baiturrahman¹.

 

2. Ayam Tangkap


Ayam Tangkap adalah salah satu makanan berat khas Aceh yang lezat dan menggugah selera. Ayam Tangkap terbuat dari potongan ayam yang digoreng dengan minyak panas hingga renyah dan berwarna keemasan. Ayam goreng ini kemudian ditaburi dengan daun salam, daun kari, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah yang juga digoreng hingga kering. Ayam Tangkap memiliki aroma yang harum dan rasa yang gurih dan pedas. Ayam Tangkap biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati ayam tangkap adalah Rumah Makan Hasan di Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

 

3. Sate Matang


Sate Matang adalah salah satu makanan berat khas Aceh yang populer dan banyak dicari. Sate Matang terbuat dari daging sapi atau kambing cincang yang halus dan dibentuk menjadi bulatan kecil seperti bakso. Daging ini kemudian ditusuk dengan tusukan bambu dan dibakar di atas bara api hingga matang. Sate Matang disajikan dengan saus kacang yang encer dan gurih, berkat tambahan kaldu daging sapi atau kambing. Saus kacangnya juga diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, gula merah, asam jawa, dan kecap manis. Sate Matang biasanya disantap dengan lontong atau ketupat dan acar timun serta bawang merah. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sate matang adalah Warung Sate Matang Yakin Rasa di Jl. Sri Ratu Syafruddin.

 

4. Kuah Beulangong


Kuah Beulangong adalah salah satu makanan berat khas Aceh yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu. Kuah Beulangong terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dipotong-potong dan direbus dengan santan dan air hingga empuk. Kuahnya diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, garam, gula merah, dan pliek u. Pliek u adalah kelapa yang sudah difermentasi dan memiliki rasa asam yang khas. Kuah Beulangong memiliki rasa yang pedas, gurih, dan asam yang menggoyang lidah. Kuah Beulangong biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sayur-sayuran seperti kacang panjang, terong, dan labu siam. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuah beulangong adalah Rumah Makan Cut Nyak Dhien di Jl. Teuku Umar No. 1, Kota Banda Aceh.

 

5. Sie Reuboh


Sie Reuboh adalah salah satu makanan berat khas Aceh yang sederhana namun nikmat. Sie Reuboh terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong dan direbus dengan air hingga empuk. Daging rebus ini kemudian dicampur dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, merica, garam, gula merah, dan asam jawa. Sie Reuboh memiliki rasa yang pedas dan gurih dengan tekstur daging yang empuk. Sie Reuboh biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sayur-sayuran seperti taoge, kol, dan tomat. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sie reuboh adalah Rumah Makan Lamnyong di Jl. Lamnyong No. 1A, Kota Banda Aceh.

 

6. Baker King


Baker King adalah salah satu makanan ringan khas Aceh yang manis dan lembut. Baker King terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur, gula pasir, susu cair, mentega, ragi instan, dan garam. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan diberi isian seperti cokelat, keju, kacang tanah, atau selai. Adonan ini kemudian dikukus hingga mengembang dan matang. Baker King memiliki rasa yang manis dan lembut dengan isian yang meleleh di mulut. Baker King biasanya disajikan dengan taburan gula halus atau meses di atasnya. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati baker king adalah Baker King Cafe di Jl. Tgk Haji Abdullah Ujung Rimba No. 1, Kota Banda Aceh.


Pendapat para Penikmat kuliner di aceh

Berikut adalah beberapa pendapat para penikmat kuliner di Aceh yang saya rangkum dari hasil pencarian web:

- Banyak yang mengatakan bahwa kuliner khas Aceh memiliki rasa yang pedas, gurih, dan kaya akan rempah-rempah. Salah satu contohnya adalah mi Aceh, yang merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Mi Aceh memiliki tekstur yang tebal dan kenyal, dengan bumbu yang meresap ke dalam mi. Mi Aceh bisa disajikan dengan kuah atau goreng, dengan berbagai pilihan topping seperti daging sapi, ayam, kambing, atau seafood.

- Beberapa penikmat kuliner juga menyukai ayam tangkap, yang merupakan makanan khas Aceh yang lezat dan menggugah selera. Ayam tangkap terbuat dari potongan ayam yang digoreng dengan minyak panas hingga renyah dan berwarna keemasan. Ayam goreng ini kemudian ditaburi dengan daun salam, daun kari, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah yang juga digoreng hingga kering. Ayam tangkap memiliki aroma yang harum dan rasa yang gurih dan pedas. Ayam tangkap biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal.

- Selain makanan berat, Aceh juga memiliki makanan ringan yang manis dan lembut, seperti baker king. Baker king terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur, gula pasir, susu cair, mentega, ragi instan, dan garam. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan diberi isian seperti cokelat, keju, kacang tanah, atau selai. Adonan ini kemudian dikukus hingga mengembang dan matang. Baker king memiliki rasa yang manis dan lembut dengan isian yang meleleh di mulut. Baker king biasanya disajikan dengan taburan gula halus atau meses di atasnya.

- Tak ketinggalan, Aceh juga terkenal dengan kopi sanger, yang merupakan minuman khas Aceh yang aromatik dan nikmat. Kopi sanger adalah perpaduan dari kopi hitam yang dicampur dengan susu kental manis, dan gula. Cara membuat kopi sanger yang unik menjadi hiburan tersendiri bagi penikmatnya. Kopi hitam akan disaring dengan saringan berbentuk kerucut yang kemudian di tarik ke atas layaknya membuat teh ataupun kopi tarik. Walaupun kopi hitam dicampurkan dengan susu lalu gula, rasanya tetap kuat dan tidak terlalu manis.


FAQ

Q: Apa itu pliek u?

A: Pliek u adalah kelapa yang sudah difermentasi dan memiliki rasa asam yang khas. Pliek u biasanya digunakan sebagai bumbu atau penyedap dalam masakan khas Aceh, seperti kuah beulangong, mie Aceh, atau sambal.

 

Q: Apa bedanya sate matang dengan sate lainnya?

A: Sate matang berbeda dengan sate lainnya karena dagingnya dicincang halus dan dibentuk menjadi bulatan kecil seperti bakso. Sate matang juga disajikan dengan saus kacang yang encer dan gurih, berkat tambahan kaldu daging sapi atau kambing.

 

Q: Apa itu kopi sanger?

A: Kopi sanger adalah perpaduan dari kopi hitam yang dicampur dengan susu kental manis, dan gula. Cara membuat kopi sanger yang unik menjadi hiburan tersendiri bagi penikmatnya. Kopi hitam akan disaring dengan saringan berbentuk kerucut yang kemudian di tarik ke atas layaknya membuat teh ataupun kopi tarik. Walaupun kopi hitam dicampurkan dengan susu lalu gula, rasanya tetap kuat dan tidak terlalu manis.

 

Kesimpulan

- Aceh memiliki berbagai kuliner khas yang lezat dan unik. Kuliner Aceh memiliki cita rasa yang kaya, pedas, dan gurih, berkat penggunaan berbagai rempah-rempah dan bahan lokal. Kuliner Aceh juga memiliki keunikan dan variasi yang beragam, mulai dari makanan berat, ringan, hingga manis.

- Beberapa kuliner khas Aceh yang wajib dicoba adalah rujak kweni, ayam tangkap, sate matang, kuah beulangong, sie reuboh, baker king, mie Aceh, martabak mesir, roti canai, dan kopi Aceh Gayo. Makanan-makanan ini memiliki rasa dan aroma yang menggoda selera dan bisa ditemukan di banyak tempat di Aceh.

- Menikmati kuliner khas Aceh adalah salah satu cara untuk menjelajahi kekayaan budaya dan sejarah Aceh. Kuliner Aceh merupakan cerminan dari identitas dan tradisi masyarakat Aceh yang beragam dan harmonis. Kuliner Aceh juga merupakan salah satu daya tarik wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat Aceh.

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan