-->

3 Surga Tersembunyi di Utara Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

 

Mengenal Lebih Dekat Surga Tersembunyi di Utara Indonesia yang Memukau

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyakdestinasi wisata menarik. Salah satu daerah yang memiliki potensi wisata yangbesar adalah wilayah utara Indonesia. Di sini, terdapat banyak pulau-pulau yang belum banyak diketahui orang, namun memiliki keindahan alam yang luar biasa. Beberapa pulau ini bahkan disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya yang terisolasi dan sulit dijangkau. Namun, justru karena itu, pulau-pulau ini menawarkan pesona alam yang masih alami dan belum terjamah oleh modernisasi. Bagi Anda yang suka berpetualang dan mencari sensasi baru, surga tersembunyi di utara Indonesia ini adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa surga tersembunyi di utara Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

 

1. Pulau Maratua


Pulau Maratua adalah salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini dikenal sebagai surga wisata di utara Indonesia karena keindahan pantainya, aneka biota laut dengan bermacam jenis ikan, dan penyu. Di Maratua, Anda dapat menikmati aktivitas seperti snorkeling, menyelam, dan menyusuri hutan bakau yang indah. Di dalam laut, Anda akan melihat berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang cantik. Salah satu tempat yang populer untuk menyelam adalah di "The Channel", yaitu jalur yang menghubungkan laut utara dan selatan pulau dan menjadi rumah bagi hiu-hiu terkenal, seperti hiu martil dan hiu paus.

Untuk menuju ke Pulau Maratua, Anda dapat terbang langsung dari Tarakan ke Pulau Maratua dengan waktu penerbangan hanya sekitar 30 menit. Atau, Anda juga dapat naik speed boat dari Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam. Di Pulau Maratua, Anda dapat memilih untuk menginap di resort atau penginapan yang banyak tersebar di pinggir pantai dengan harga yang bervariasi.

 

2. Tugu Khatulistiwa Pontianak


Tugu Khatulistiwa Pontianak adalah salah satu ikon Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Tugu ini berada di Jalan Tanjungpura Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara. Tugu ini dibangun sebagai simbol letaknya di tengah garis khatulistiwa. Dengan mendirikan tugu ini, pemerintah kolonial Belanda ingin mengetahui lebih dalam tentang garis khatulistiwa yang menjadi titik pembatas antara dua belahan bumi, yaitu belahan utara dan selatan. Dari 14 negara di dunia yang dilewati garis khatulistiwa, hanya Pontianak yang tepat berada di atasnya.

Di dalam area Taman Khatulistiwa terdapat dua monumen sebagai penanda garis lintang nol derajat. Di sini, Anda dapat melihat fenomena alam yang unik, yaitu matahari tepat berada di atas kepala saat siang hari pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September setiap tahunnya. Pada saat itu, bayangan benda-benda akan menghilang atau menjadi sangat pendek. Anda juga dapat mengunjungi museum yang berada di sekitar tugu untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Kota Pontianak.

 

3. Desa Lewomada


Desa Lewomada adalah salah satu desa yang terletak diKecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Desa ini merupakan surga tersembunyi di pantai utara Pulau Flores yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Di sini, Anda akan menemukan pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang, hamparan sawah hijau yang luas, dan bukit-bukit yang mengelilingi desa. Desa ini juga memiliki potensi wisata budaya yang kaya, seperti rumah adat, tarian tradisional, dan kerajinan tangan.

Untuk menuju ke Desa Lewomada, Anda dapat naik bus dari Kota Maumere ke Kecamatan Waiblama dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setelah itu, Anda dapat naik ojek atau berjalan kaki menuju desa dengan jarak sekitar 5 km. Di Desa Lewomada, Anda dapat menginap di rumah-rumah warga yang ramah dan bersahabat dengan harga yang terjangkau.


Cara untuk mencapai ke 3 tempat diatas

Untuk mencapai ketiga daerah tersebut, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:

- Pulau Maratua: Anda dapat terbang langsung dari Tarakan ke Pulau Maratua dengan waktu penerbangan hanya sekitar 30 menit. Atau, Anda juga dapat naik speed boat dari Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam.

- Tugu Khatulistiwa Pontianak: Anda dapat menyeberang Sungai Kapuas menggunakan kapal feri dari Dermaga Penyeberangan Feri Pontianak Pelabuhan Pontianak ke Dermaga Penyeberangan Feri Siantan. Dari sana, Anda dapat naik angkot biru jurusan Siantan-Jungkat dan turun di Tugu Khatulistiwa. Atau, Anda juga dapat melalui Jembatan Kapuas I atau Kapuas II dengan kendaraan pribadi atau umum.

- Desa Lewomada: Anda dapat naik bus dari Kota Maumere ke Kecamatan Waiblama dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setelah itu, Anda dapat naik ojek atau berjalan kaki menuju desa dengan jarak sekitar 5 km.

 

FAQ

Q: Apa saja surga tersembunyi di utara Indonesia yang wajib dikunjungi?

Beberapa surga tersembunyi di utara Indonesia yang wajib dikunjungi adalah Pulau Maratua, Tugu Khatulistiwa Pontianak, dan Desa Lewomada. Ketiga tempat ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan budaya yang unik.

 

Q: Bagaimana cara menuju ke Pulau Maratua?

Anda dapat terbang langsung dari Tarakan ke Pulau Maratua dengan waktu penerbangan hanya sekitar 30 menit. Atau, Anda juga dapat naik speed boat dari Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam.

 

Q: Apa yang bisa dilakukan di Tugu Khatulistiwa Pontianak?

Anda bisa melihat fenomena alam yang unik, yaitu matahari tepat berada di atas kepala saat siang hari pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September setiap tahunnya. Pada saat itu, bayangan benda-benda akan menghilang atau menjadi sangat pendek. Anda juga bisa mengunjungi museum yang berada di sekitar tugu untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Kota Pontianak.

 

Q: Apa keunikan Desa Lewomada?

Desa Lewomada memiliki keunikan berupa pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang, hamparan sawah hijau yang luas, dan bukit-bukit yang mengelilingi desa. Desa ini juga memiliki potensi wisata budaya yang kaya, seperti rumah adat, tarian tradisional, dan kerajinan tangan.

 

Kesimpulan

Surga tersembunyi di utara Indonesia adalah tempat-tempat eksotis yang belum banyak diketahui orang, namun memiliki keindahan alam yang luar biasa. Beberapa tempat ini bahkan disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya yang terisolasi dan sulit dijangkau. Bagi Anda yang suka berpetualang dan mencari sensasi baru, surga tersembunyi di utara Indonesia ini adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Anda akan menemukan pulau-pulau indah dengan pantai berpasir putih, laut biru jernih, terumbu karang yang berwarna-warni, dan berbagai biota laut yang menakjubkan. Anda juga akan merasakan budaya dan tradisi masyarakat lokal yang ramah dan unik. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.