-->

10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba

Inilah 10 Kuliner Khas Palembang yang Menjadi Favorit Wisatawan

Pendahuluan

Palembang adalah salah satu kota tertua di Indonesia yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Kota ini juga terkenal sebagai kota pempek, makanan khas yang terbuat dari ikan dan sagu yang disajikan dengan kuah cuka. Namun, Palembang tidak hanya memiliki pempek sebagai kuliner andalannya. Ada banyak kuliner khas Palembang lainnya yang tidak kalah lezat dan menggugah selera. Kuliner khas Palembang merupakan hasil akulturasi dari berbagai etnis dan budaya yang ada di kota ini, seperti Melayu, Tionghoa, Arab, India, dan lainnya. Beberapa kuliner khas Palembang bahkan sudah mendunia dan menjadi favorit banyak orang.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 kuliner khas Palembang yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi tempat makan terbaik untuk menikmati kuliner khas Palembang tersebut. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis dan siapkan perut Anda untuk menjelajahi kelezatan kuliner khas Palembang.

 

10 Kuliner Khas Palembang yang WajibDicoba

1. Pempek


Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa pempek adalah kuliner khas Palembang yang paling terkenal dan populer. Pempek adalah makanan yang terbuat dari adonan ikan dan sagu yang dibentuk menjadi berbagai macam, seperti kapal selam, lenjer, keriting, adaan, kulit, dan lainnya. Pempek disajikan dengan kuah cuka atau cuko yang asam, manis, dan pedas. Kuah cuko ini terbuat dari campuran gula merah, cabe, bawang putih, garam, dan udang ebi. Pempek juga dilengkapi dengan mie putih atau bihun, timun, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

Pempek bisa dinikmati sebagai makanan ringan atau makanan berat. Pempek juga bisa ditemukan di hampir semua tempat makan di Palembang, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah. Salah satu tempat makan pempek yang paling terkenal dan melegenda di Palembang adalah Pempek Pak Raden. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia. Pempek Pak Raden dikenal memiliki rasa yang otentik dan konsisten serta porsi yang besar.

 

2. Tekwan


Tekwan adalah salah satu jenis bakso ikan yang menjadi kuliner khas Palembang. Tekwan dibuat dari adonan ikan tenggiri dan sagu yang dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil. Tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang yang bening dan gurih. Kuah kaldu udang ini terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang dan seledri sebagai penyedap. Tekwan juga ditambahkan dengan bihun, jamur kuping, bengkuang, dan bawang goreng sebagai pelengkap.

Tekwan biasanya disantap sebagai makanan hangat di pagi atau sore hari. Tekwan juga bisa ditemukan di banyak tempat makan di Palembang, baik itu warung tenda maupun rumah makan bersih. Salah satu tempat makan tekwan yang paling direkomendasikan adalah Pempek Lince. Tempat ini sudah beroperasi sejak tahun 1970 dan menyajikan tekwan yang lezat dan segar. Selain tekwan, Pempek Lince juga menyediakan berbagai jenis pempek dan makanan khas Palembang lainnya.

 

3. Laksan


Laksan adalah salah satu kuliner khas Palembang yang mirip dengan lontong sayur. Laksan terbuat dari pempek lenjer yang dipotong-potong dan disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih. Kuah santan ini terbuat dari santan, bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk. Laksan juga ditambahkan dengan telur rebus, tauge, bawang goreng, dan sambal sebagai pelengkap.

Laksan biasanya disantap sebagai sarapan pagi atau makan siang. Laksan juga bisa ditemukan di beberapa tempat makan di Palembang, terutama di daerah 24 Ilir. Salah satu tempat makan laksan yang paling terkenal adalah Laksan Kaito⁴. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1980 dan menyajikan laksan yang kaya rasa dan aroma. Selain laksan, Laksan Kaito juga menyediakan model, tekwan, dan celimpungan.

 

4. Model


Model adalah salah satu kuliner khas Palembang yang terbuat dari adonan ikan tenggiri, tahu cina, tepung sagu, dan telur. Adonan ini dibentuk menjadi kotak-kotak dan diisi dengan tahu cina yang sudah digoreng. Model kemudian digoreng hingga matang dan garing. Model disajikan dengan kuah kaldu udang yang sama dengan kuah tekwan. Model juga ditambahkan dengan bihun, jamur kuping, bengkuang, bawang goreng, dan sambal sebagai pelengkap.

Model biasanya disantap sebagai makanan ringan atau makan siang. Model juga bisa ditemukan di beberapa tempat makan di Palembang, terutama di daerah 26 Ilir. Salah satu tempat makan model yang paling direkomendasikan adalah Model 26 Ilir⁵. Tempat ini sudah beroperasi sejak tahun 1975 dan menyajikan model yang renyah dan gurih. Selain model, Model 26 Ilir juga menyediakan tekwan, laksan, celimpungan, dan pempek.

 

5. Pindang Patin


Pindang patin adalah salah satu kuliner khas Palembang yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan kuah santan. Ikan patin ini sebelumnya dibumbui dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, ketumbar, garam, dan gula. Kuah santan ini terbuat dari santan, asam jawa, daun salam, daun jeruk, serai, cabe merah, dan tomat. Pindang patin memiliki rasa asam, manis, pedas, dan gurih yang menggugah selera.

Pindang patin biasanya disantap sebagai makan siang atau makan malam bersama nasi putih hangat. Pindang patin juga bisa ditemukan di banyak rumah makan di Palembang, baik itu rumah makan tradisional maupun modern. Salah satu rumah makan pindang patin yang paling terkenal adalah Pindang Musi Rawas. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan menyajikan pindang patin yang segar dan lezat. Selain pindang patin, Pindang Musi Rawas juga menyediakan pindang ikan lainnya seperti pindang baung, pindang gabus, dan pindang nila.

 

6. Celimpungan


Celimpungan adalah salah satu kuliner khas Palembang yang mirip dengan pempek lenjer. Celimpungan terbuat dari adonan ikan tenggiri dan sagu yang dibentuk menjadi lonjong-lonjong. Celimpungan terbuat dari adonan ikan tenggiri dan sagu yang dibentuk menjadi lonjong-lonjong. Celimpungan kemudian direbus hingga matang dan disajikan dengan kuah santan yang sama dengan kuah laksan. Celimpungan juga ditambahkan dengan telur rebus, tauge, bawang goreng, dan sambal sebagai pelengkap.

Celimpungan biasanya disantap sebagai sarapan pagi atau makan siang. Celimpungan juga bisa ditemukan di beberapa tempat makan di Palembang, terutama di daerah 16 Ilir. Salah satu tempat makan celimpungan yang paling direkomendasikan adalah Celimpungan 16 Ilir. Tempat ini sudah beroperasi sejak tahun 1985 dan menyajikan celimpungan yang lembut dan gurih. Selain celimpungan, Celimpungan 16 Ilir juga menyediakan model, tekwan, laksan, dan pempek.

 

7. Burgo


Burgo adalah salah satu kuliner khas Palembang yang terbuat dari tepung beras yang dibuat menjadi lembaran tipis dan lembut. Lembaran tepung beras ini kemudian digulung dan dipotong-potong. Burgo disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih. Kuah santan ini terbuat dari santan, bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan cabe merah. Burgo juga ditambahkan dengan ikan asin, telur rebus, bawang goreng, dan sambal sebagai pelengkap.

Burgo biasanya disantap sebagai sarapan pagi atau makan siang. Burgo juga bisa ditemukan di banyak tempat makan di Palembang, baik itu warung tenda maupun rumah makan bersih. Salah satu tempat makan burgo yang paling terkenal adalah Burgo Pak Amin. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1978 dan menyajikan burgo yang lembut dan gurih. Selain burgo, Burgo Pak Amin juga menyediakan laksan, tekwan, model, dan pempek.

 

8. Martabak Har


Martabak har adalah salah satu kuliner khas Palembang yang mirip dengan martabak telur. Martabak har terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan daging sapi cincang, telur ayam, daun bawang, bawang merah, bawang putih, garam, gula, merica, dan pala. Martabak har kemudian digoreng hingga matang dan kecoklatan. Martabak har disajikan dengan kuah kari daging yang kental dan pedas. Kuah kari daging ini terbuat dari daging sapi cincang, santan, bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe, cabe merah, dan tomat.

Martabak har biasanya disantap sebagai makan malam atau camilan malam hari. Martabak har juga bisa ditemukan di banyak tempat makan di Palembang, terutama di daerah Plaju. Salah satu tempat makan martabak har yang paling terkenal adalah Martabak Har Plaju. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1982 dan menyajikan martabak har yang renyah dan gurih. Selain martabak har, Martabak Har Plaju juga menyediakan martabak manis dan minuman segar.

 

9. Mie Celor


Mie celor adalah salah satu kuliner khas Palembang yang terbuat dari mie kuning tebal yang direbus hingga lunak. Mie celor disajikan dengan kuah santan yang encer dan gurih. Kuah santan ini terbuat dari santan cair, kaldu udang atau ayam, tepung kanji atau maizena, garam, gula, merica, dan pala. Mie celor juga ditambahkan dengan udang rebus atau goreng, tauge rebus atau goreng, bawang goreng, daun bawang cincang, jeruk nipis peras, dan sambal sebagai pelengkap.

Mie celor biasanya disantap sebagai sarapan pagi atau makan siang. Mie celor juga bisa ditemukan di banyak tempat makan di Palembang, baik itu warung pinggir jalan maupun restoran mewah. Salah satu tempat makan mie celor yang paling terkenal adalah Mie Celor 26 Ilir. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1959 dan menyajikan mie celor yang lezat dan segar. Selain mie celor, Mie Celor 26 Ilir juga menyediakan mie ayam, bakso, siomay, dan es cendol.

 

10. Es Kacang Merah


Es kacang merah adalah salah satu kuliner khas Palembang yang terbuat dari kacang merah yang direbus hingga empuk dan manis. Es kacang merah disajikan dengan es serut yang disiram dengan sirup merah dan susu kental manis. Es kacang merah juga ditambahkan dengan roti tawar potong, tape singkong, buah nangka, dan buah alpukat sebagai pelengkap.

Es kacang merah biasanya disantap sebagai penutup atau pencuci mulut. Es kacang merah juga bisa ditemukan di banyak tempat makan di Palembang, terutama di daerah Ilir Barat. Salah satu tempat makan es kacang merah yang paling terkenal adalah Es Kacang Merah Pak Syamsul. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1976 dan menyajikan es kacang merah yang segar dan menyegarkan. Selain es kacang merah, Es Kacang Merah Pak Syamsul juga menyediakan es campur, es teler, es cendol, dan es doger.


Pendapat para Pecinta kuliner tentang kuliner khas Palembang

- Kebanyakan pecinta kuliner menyukai kuliner khas Palembang karena memiliki rasa yang unik, lezat, dan menggugah selera. Kuliner khas Palembang merupakan perpaduan dari berbagai etnis dan budaya yang ada di kota ini, seperti Melayu, Tionghoa, Arab, India, dan lainnya.

- Beberapa kuliner khas Palembang yang paling populer dan favorit wisatawan adalah pempek, tekwan, laksan, model, pindang patin, burgo, martabak har, mie celor, dan es kacang merah. Makanan-makanan ini memiliki ciri khas tersendiri, baik dari bahan, cara pembuatan, maupun penyajian.

- Selain rasanya yang enak, kuliner khas Palembang juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai tempat makan di kota ini. Beberapa tempat makan yang direkomendasikan untuk menikmati kuliner khas Palembang adalah Pempek Pak Raden, Pempek Lince, Laksan Kaito, Model 26 Ilir¹, Pindang Musi Rawas, Burgo Pak Amin, Martabak Har Plaju, Mie Celor 26 Ilir, dan Es Kacang Merah Pak Syamsul.

- Namun, ada juga beberapa pecinta kuliner yang kurang menyukai kuliner khas Palembang karena alasan tertentu. Misalnya, ada yang merasa kuah cuka atau cuko yang menjadi saus pempek terlalu asam atau pedas bagi lidah mereka. Ada juga yang merasa kuah santan yang menjadi bahan dasar banyak makanan khas Palembang terlalu berat atau bikin eneg. Ada juga yang merasa makanan khas Palembang terlalu manis atau gurih bagi selera mereka.

 

Kesimpulan

Itulah 10 kuliner khas Palembang yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Kuliner khas Palembang merupakan perpaduan dari berbagai etnis dan budaya yang ada di kota ini, sehingga memiliki rasa yang unik dan lezat. Kuliner khas Palembang juga memiliki variasi yang banyak, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, dari makanan hangat hingga makanan dingin, dari makanan gurih hingga makanan manis. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Palembang yang menggugah selera ini.

 

FAQ

1. Apa yang membuat kuliner Palembang begitu istimewa?

Kuliner Palembang unik karena mencerminkan perpaduan budaya Melayu dan Tionghoa. Ini menghasilkan hidangan dengan cita rasa yang unik dan beragam.

 

2. Apa hidangan terkenal lainnya di Palembang selain pempek?

Selain pempek, Mie Celor, Laksan, Tekwan, dan banyak hidangan laut seperti Otak-Otak juga terkenal di Palembang.

 

3. Apa hidangan yang paling cocok untuk pencinta makanan pedas?

Model Palembang adalah pilihan yang cocok, karena memiliki cita rasa pedas yang khas Palembang.

 

4. Apakah ada hidangan yang unik di Palembang?

Ya, Tempoyak adalah hidangan unik yang terbuat dari fermentasi durian dan merupakan pengalaman kuliner yang tak biasa.

 

5. Bagaimana cara menemukan restoran terbaik di Palembang?

Anda bisa mencari rekomendasi dari penduduk lokal atau mencari ulasan online untuk menemukan restoran terbaik yang menawarkan kuliner khas Palembang.

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.