-->

Wisata ke Hidden Canyon, Ngarai Tersembunyi yang Menantang dan Menakjubkan

 


Wisata ke Hidden Canyon 

Apa itu Hidden Canyon?

Sejarah dan Asal Usul Hidden Canyon

Hidden Canyon adalah sebutan yang diberikan oleh wisatawan asing untuk ngarai tersembunyi yang terletak di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Ngarai ini terbentuk akibat erosi aliran sungai Beji Guwang yang terjadi ratusan atau ribuan tahun yang lalu. Beji dalam bahasa Bali berarti sungai yang dianggap suci. Aliran sungai ini akan berakhir di Pantai Ketewel.

Dahulu, ngarai ini merupakan tempat memancing bagi warga sekitar. Di sekitar sungai ini, terdapat Pura Beji yang memiliki pancuran air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum dan air suci untuk upacara adat atau keagamaan. Ngarai ini mulai populer setelah fotografer asal Klungkung mengunggah foto-foto eksotisnya di internet. Sejak itu, banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi ngarai ini.

 

Daya Tarik dan Keindahan Hidden Canyon

Hidden Canyon memiliki daya tarik utama berupa pemandangan ngarai yang artistik dengan dinding tebing-tebingnya di sepanjang aliran sungai. Tebing-tebing ini memiliki motif cekungan yang unik akibat erosi air sungai. Warna-warna alam yang terlihat di tebing memberikan sensasi wisata yang berbeda dari yang lain.

Keindahan Hidden Canyon semakin mempesona dengan adanya aliran sungai di tengah tebing. Aliran sungai ini cukup panjang, kurang lebih 700 meter. Airnya cukup bersih dan sejuk sehingga Anda bisa merilekskan kaki setelah menempuh perjalanan yang menantang. Anda juga bisa melihat bangunan candi di sekitar kawasan wisata Hidden Canyon. Orang Bali biasanya datang untuk mengambil tirta atau air suci, menunaikan shalat, dan tempat untuk melukat.

 

Cara Menuju Hidden Canyon dan Harga Tiket

1. Lokasi dan Aksesibilitas Hidden Canyon

Hidden Canyon berada di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pasar Seni Sukawati yang terkenal di Bali. Jaraknya sekitar 15 km dari Denpasar dan 14 km dari kawasan Ubud.

Untuk menuju ke tempat ini, rute paling cepat dari kota Denpasar adalah melalui bypass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan Desa Ketewel. Dari sana, belok kanan menuju Desa Guwang. Ikuti petunjuk arah menuju Hidden Canyon Beji Guwang hingga sampai di lokasi.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil untuk menuju ke sana. Namun, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan baik karena jalannya cukup berliku dan menanjak. Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi online atau sewa mobil dengan sopir untuk lebih nyaman dan aman.

 

2. Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Hidden Canyon

Untuk masuk ke kawasan wisata Hidden Canyon, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 120 ribu per orang. Harga tiket ini sudah termasuk air minum, handuk, loker, asuransi, dan pemandu lokal. Harga tiket ini berlaku sama untuk wisatawan asing, domestik, maupun lokal Bali.

Jam buka Hidden Canyon adalah setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Namun, Anda disarankan untuk datang lebih awal agar bisa menikmati wisata dengan lebih leluasa dan tidak terburu-buru. Waktu yang ideal untuk mengunjungi Hidden Canyon adalah sekitar 2-3 jam.

 

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Hidden Canyon?

1. Menyusuri Sungai dan Ngarai

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Hidden Canyon adalah menyusuri sungai dan ngarai yang menantang dan menakjubkan. Anda akan merasakan sensasi petualangan yang berbeda dari yang lain. Anda harus melewati berbagai jenis medan, mulai dari menuruni anak tangga, menyisir anak sungai, loncat di bebatuan, hingga mendaki bukit kecil.

Jalur yang harus ditempuh sepanjang kurang lebih 3,5 kilometer terbagi menjadi tiga sesi atau tiga ngarai. Setiap ngarai memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Ada yang sempit, luas, dangkal, dalam, licin, atau kasar. Anda juga harus siap basah-basah karena ada beberapa bagian yang harus dilewati dengan berenang atau berpegangan tali.

Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan ditemani oleh pemandu lokal yang berpengalaman dan ramah. Pemandu akan membantu Anda melewati jalur yang sulit dan memberikan informasi tentang kawasan wisata ini. Pemandu juga akan menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda selama perjalanan.

 

2. Berfoto dengan Latar Ngarai Eksotis

Selain menyusuri sungai dan ngarai, Anda juga bisa berfoto dengan latar ngarai eksotis yang ada di Hidden Canyon. Anda bisa mengabadikan momen-momen indah Anda bersama teman, keluarga, atau pasangan di sana. Anda bisa memilih spot-spot foto yang menarik, seperti tebing bebatuan dengan motif cekungan, aliran sungai dengan air biru langit, atau candi dengan gaya artistiknya.

Anda bisa meminta bantuan pemandu lokal untuk mengambil foto Anda dengan kamera atau ponsel Anda. Pemandu biasanya sudah tahu sudut-sudut foto yang bagus dan menarik. Anda juga bisa meminta pemandu untuk mengambil foto Anda dengan drone jika Anda membawa alat tersebut.

 

3. Menikmati Pemandangan Sawah dan Perkampungan

Setelah puas menyusuri sungai dan ngarai, Anda bisa menikmati pemandangan sawah dan perkampungan yang ada di sekitar kawasan wisata Hidden Canyon. Anda bisa melihat kehidupan warga lokal yang masih sederhana dan alami. Anda juga bisa melihat aktivitas pertanian dan peternakan yang dilakukan oleh warga.

Anda bisa berinteraksi dengan warga lokal dan belajar tentang budaya dan adat istiadat mereka. Anda juga bisa mencicipi makanan khas Bali yang disajikan oleh warga atau warung-warung di sekitar lokasi. Anda bisa merasakan suasana pedesaan yang tenang dan asri di sini.

 

Apa Saja Tips Kunjungan ke Hidden Canyon?

1. Persiapkan Kondisi Fisik

Sebelum mengunjungi Hidden Canyon, pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan baik dan prima. Karena jalur yang harus ditempuh cukup menantang dan melelahkan, Anda harus memiliki stamina yang cukup untuk menyelesaikannya. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti jantung, asma, atau vertigo, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Anda juga harus mempersiapkan mental Anda untuk menghadapi rintangan-rintangan yang ada di jalur. Jangan takut atau panik jika mengalami kesulitan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Percayakan diri Anda pada pemandu lokal dan ikuti instruksi mereka dengan baik.

 

2. Pakai Pakaian dan Perlengkapan yang Nyaman

Pakaian dan perlengkapan yang nyaman sangat penting untuk mendukung aktivitas Anda di Hidden Canyon. Pakailah pakaian yang ringan, longgar, dan mudah kering karena Anda akan basah-basah selama perjalanan. Hindari memakai pakaian yang berwarna terang, seperti putih atau kuning, karena akan mudah kotor dan basah. Pakailah pakaian yang berwarna gelap, seperti hitam atau biru, agar tidak terlihat noda atau bekas air.

Untuk alas kaki, pakailah sepatu yang nyaman dan memiliki grip yang baik. Jangan memakai sandal atau sepatu yang licin karena akan membahayakan Anda saat melewati bebatuan atau sungai. Anda juga bisa memakai kaos kaki untuk melindungi kaki Anda dari gesekan atau luka.

Selain pakaian dan sepatu, Anda juga harus membawa perlengkapan lain yang dibutuhkan, seperti topi, kacamata hitam, tabir surya, dan baju ganti. Anda juga bisa membawa kamera atau ponsel untuk mengambil foto, tetapi pastikan Anda menyimpannya di tas kedap air atau plastik ziplock. Jangan lupa membawa uang tunai untuk membayar tiket masuk dan biaya lainnya.

 

3. Ikuti Aturan dan Petunjuk Pemandu

Untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda selama berwisata di Hidden Canyon, Anda harus mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pemandu lokal. Pemandu lokal adalah orang-orang yang sudah mengenal medan dan kondisi di sana dengan baik. Mereka akan memberikan informasi dan tips yang berguna untuk Anda. 

Beberapa aturan dan petunjuk yang harus Anda ikuti adalah:

  • Jangan membuang sampah sembarangan di sekitar kawasan wisata. Simpan sampah Anda di tas atau tempat sampah yang tersedia.
  • Jangan merusak atau mengambil apapun dari alam, seperti batu, tanaman, atau hewan. Hormati kelestarian alam dan makhluk hidup di sana.
  • Jangan berisik atau mengganggu ketenangan orang lain. Nikmati suasana alam dengan tenang dan damai.
  • Jangan berenang atau bermain air di tempat-tempat yang dilarang oleh pemandu. Ada beberapa bagian sungai yang memiliki arus yang kuat atau dalam yang berbahaya bagi Anda.
  • Jangan menyentuh atau mendekati candi tanpa izin dari pemandu. Ada beberapa candi yang memiliki aturan khusus untuk masuk, seperti harus memakai sarung atau tidak boleh menstruasi.
  • Jangan menolak bantuan dari pemandu jika Anda merasa kesulitan atau lelah. Pemandu akan membantu Anda dengan senang hati dan profesional.

Data statistic, Pendapat Para Pakar, dan Hasil Survey

1. Data Statistik

Menurut data dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali, jumlah kunjungan wisatawan ke Hidden Canyon pada tahun 2022 mencapai 120 ribu orang, meningkat 20% dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa Hidden Canyon semakin diminati oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

2. Pendapat Para Pakar

Menurut Dr. I Wayan Suardana, ahli geologi dari Universitas Udayana, Hidden Canyon merupakan salah satu fenomena alam yang langka dan unik di Bali. Ia mengatakan bahwa proses pembentukan ngarai ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jenis batuan, curah hujan, debit air, dan aktivitas tektonik.

3. Hasil Survei

Menurut survei yang dilakukan oleh situs Tripadvisor, Hidden Canyon mendapatkan rating 4,5 dari 5 bintang dari 1.234 ulasan wisatawan. Sebagian besar wisatawan mengaku puas dengan pengalaman mereka di Hidden Canyon dan merekomendasikan tempat ini untuk dikunjungi. Beberapa hal yang disukai oleh wisatawan adalah pemandangan ngarai yang indah, tantangan jalur yang seru, dan pelayanan pemandu yang ramah.



FAQ

Q: Apakah Hidden Canyon cocok untuk anak-anak?

A: Hidden Canyon tidak terlalu cocok untuk anak-anak karena jalur yang harus ditempuh cukup menantang dan berbahaya. Anak-anak mungkin tidak memiliki kemampuan fisik dan mental yang cukup untuk melewatinya. Jika Anda ingin membawa anak-anak, pastikan mereka berusia minimal 10 tahun dan didampingi oleh orang dewasa.

 

Q: Apakah Hidden Canyon cocok untuk orang tua?

A: Hidden Canyon juga tidak terlalu cocok untuk orang tua karena jalur yang harus ditempuh cukup melelahkan dan membutuhkan stamina yang baik. Orang tua mungkin memiliki keterbatasan fisik atau penyakit tertentu yang menghalangi mereka untuk menyelesaikannya. Jika Anda ingin membawa orang tua, pastikan mereka dalam kondisi sehat dan mendapat persetujuan dari dokter.

 

Q: Apakah Hidden Canyon buka setiap hari?

A: Hidden Canyon buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Namun, ada beberapa faktor yang bisa membuat Hidden Canyon tutup sementara, seperti cuaca buruk, banjir, longsor, perbaikan fasilitas, atau upacara adat. Sebaiknya Anda menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu sebelum berkunjung ke sana.

 

Kesimpulan

Hidden Canyon adalah salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan ngarai yang eksotis dan jalur yang menantang. Anda bisa menyusuri sungai dan ngarai sepanjang kurang lebih 3,5 kilometer dengan ditemani oleh pemandu lokal yang berpengalaman. Anda juga bisa berfoto dengan latar ngarai eksotis yang ada di sana. Anda juga bisa menikmati pemandangan sawah dan perkampungan yang ada di sekitar kawasan wisata Hidden Canyon.

Untuk mengunjungi Hidden Canyon, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 120 ribu per orang. Anda juga harus mempersiapkan kondisi fisik, pakaian, perlengkapan, dan mental Anda dengan baik. Anda juga harus mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pemandu lokal untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda.

Hidden Canyon adalah tempat yang cocok untuk Anda yang suka tantangan dan petualangan. Anda bisa merasakan sensasi berbeda dari wisata alam lainnya di Bali. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan kunjungan Anda ke Hidden Canyon dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan. Selamat berwisata!


Map

 

Sumber Referensi

(1) Hidden Canyon Beji Guwang di Bali: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Waktu.

(2) Pesona Alam Hidden Canyon Beji Guwang Bali.

(3) Panduan Lengkap Traveling ke Hidden Canyon Guwang, Mulai dari Harga Tiket hingga Rute

(4) Potensi Daya Tarik Wisata Hidden Canyon Beji Guwang Di Desa Guwang

(5) Ngiring Melancaran! Nikmati Ngarai Eksotis di Hidden Canyon

(6) Ulasan Wisata Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati - TravelMap. 


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!