-->

Wisata Belanja di Hong Kong: Mencari Barang Murah dan Berkualitas di Pasar-pasar Tradisional

Sumber: grahanusantara.co.id


Wisata Belanja di Hong Kong: Mencari Barang Murah dan Berkualitas di Pasar-pasar Tradisional


Mengapa Berbelanja di Pasar Tradisional Hong Kong?

 

- Pasar tradisional Hong Kong adalah tempat yang cocok untuk mencari barang-barang unik, lokal, dan murah yang tidak bisa ditemukan di mal atau toko-toko modern.

- Pasar tradisional Hong Kong juga menawarkan pengalaman budaya yang autentik, dimana Anda bisa melihat kehidupan sehari-hari penduduk setempat, mencicipi makanan jalanan, dan berinteraksi dengan penjual.

- Pasar tradisional Hong Kong juga memiliki sejarah dan warisan yang kaya, yang terlihat dari arsitektur, dekorasi, dan barang-barang antik yang dijual di sana.

 

Apa Saja Pasar Tradisional Hong Kong yang Wajib Dikunjungi?

Ada banyak pasar tradisional Hong Kong yang tersebar di berbagai wilayah, tetapi berikut adalah beberapa yang paling populer dan direkomendasikan oleh para pakar wisata belanja.


1. Ladies' Market


- Ladies' Market adalah salah satu pasar tradisional Hong Kong yang paling terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pasar ini terletak di Mong Kok, Kowloon, dan memiliki lebih dari 100 toko dan gerai yang menjual berbagai barang fashion, aksesori, kosmetik, mainan, dan cenderamata.

- Ladies' Market juga merupakan tempat yang bagus untuk menawar harga barang-barang yang Anda inginkan. Anda bisa mendapatkan diskon hingga 20 sampai 30 persen dari harga awal jika Anda pandai bernegosiasi.

- Ladies' Market buka setiap hari mulai pukul 12.00 hingga 23.00. Anda bisa mencapai pasar ini dengan naik MTR ke stasiun Mong Kok dan keluar dari pintu E2.

 

2. Temple Street Night Market


- Temple Street Night Market adalah pasar malam terbesar dan tersibuk di Hong Kong. Pasar ini terletak di Yau Ma Tei, Kowloon, dan menawarkan berbagai barang elektronik, perhiasan, pakaian, antik, dan suvenir.

- Temple Street Night Market juga merupakan tempat yang menarik untuk menyaksikan kebudayaan lokal, seperti pertunjukan opera Cina, peramalan nasib, dan penyembuhan tradisional. Anda juga bisa menikmati makanan jalanan lezat seperti dim sum, mi rebus, dan sate.

- Temple Street Night Market buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 24.00. Anda bisa mencapai pasar ini dengan naik MTR ke stasiun Yau Ma Tei dan keluar dari pintu C.

 

3. Stanley Market

- Stanley Market adalah pasar tradisional Hong Kong yang terletak di Stanley, Pulau Hong Kong. Pasar ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit karena menawarkan pemandangan pantai yang indah dan suasana santai.

- Stanley Market menjual berbagai barang berkualitas tinggi seperti pakaian sutra, garmen Tiongkok tradisional, lukisan, kerajinan tangan, dan barang seni. Anda juga bisa menemukan barang antik dan vintage yang unik di sini.

- Stanley Market buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 18.00. Anda bisa mencapai pasar ini dengan naik bus nomor 6 atau 6X dari Exchange Square di Central.

 

Bagaimana Tips dan Trik Berbelanja di Pasar Tradisional Hong Kong?

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan saat berbelanja di pasar tradisional Hong Kong:

  • Bawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena kebanyakan penjual tidak menerima kartu kredit atau debit. Anda juga bisa menukar mata uang Anda di money changer yang ada di sekitar pasar.
  • Jangan ragu untuk menawar harga barang-barang yang Anda inginkan, karena biasanya penjual memberikan harga awal yang tinggi. Anda bisa mulai menawar dengan setengah atau sepertiga dari harga awal, dan kemudian naikkan secara bertahap.
  • Perhatikan kualitas barang-barang yang Anda beli, karena ada beberapa penjual yang menjual barang palsu atau cacat. Anda bisa memeriksa label, jahitan, bahan, dan fungsi barang-barang tersebut sebelum membelinya.
  • Bawa tas belanja sendiri, karena kebanyakan penjual tidak menyediakan kantong plastik atau kertas. Anda juga bisa menghemat ruang di tas Anda dengan melipat atau menggulung pakaian yang Anda beli.
  • Nikmati suasana pasar tradisional Hong Kong dengan berjalan-jalan, mencicipi makanan jalanan, dan berinteraksi dengan penjual dan pembeli lainnya. Anda juga bisa mengambil foto-foto menarik sebagai kenang-kenangan.

Data statistik

1. Menurut data terbaru dari Hong Kong Tourism Board, jumlah kedatangan wisatawan ke Hong Kong pada Juni 2023 adalah sekitar 2,5 juta orang, naik 71,6 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Jumlah ini juga naik 7,2 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

- Dari jumlah tersebut, sekitar 2,1 juta orang atau 84,4 persen berasal dari China daratan, naik 78,8 persen dibandingkan dengan Juni 2022. Jumlah ini juga naik 9,4 persen dibandingkan dengan Mei 2023.

- Sementara itu, jumlah wisatawan dari luar China daratan adalah sekitar 400.000 orang atau 15,6 persen, naik 46,8 persen dibandingkan dengan Juni 2022. Jumlah ini turun 3,6 persen dibandingkan dengan Mei 2023.

- Dari jumlah wisatawan dari luar China daratan, sekitar 200.000 orang atau 50 persen berasal dari Asia Tenggara, naik 54,5 persen dibandingkan dengan Juni 2022. Jumlah ini turun 5,7 persen dibandingkan dengan Mei 2023.

- Selain itu, sekitar 100.000 orang atau 25 persen berasal dari Eropa, naik 38,9 persen dibandingkan dengan Juni 2022. Jumlah ini naik 0,5 persen dibandingkan dengan Mei 2023.

- Sisanya, sekitar 100.000 orang atau 25 persen berasal dari Amerika Utara, Oseania, Timur Tengah, dan Afrika, naik 43,8 persen dibandingkan dengan Juni 2022. Jumlah ini turun 4,8 persen dibandingkan dengan Mei 2023.

- Menurut Kompas.com, Hong Kong mencatat kedatangan 1,46 juta turis asing pada Februari 2023, menurut data resmi Hong Kong Tourism Board yang dirilis Rabu (15/3/2023). Angka ini terjadi untuk pertama kalinya sejak Februari 2020.

- Menurut Trading Economics, sebuah situs web yang menyediakan data ekonomi dan keuangan global, jumlah kedatangan wisatawan ke Hong Kong pada tahun 2022 adalah sekitar 18 juta orang, turun dari sekitar 56 juta orang pada tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh dampak pandemi Covid-19 yang membatasi pergerakan dan aktivitas wisata.

 

Pendapat para pakar dan ahli

- Menurut Statista, sebuah perusahaan riset, Hong Kong adalah salah satu destinasi yang diminati wisatawan dari seluruh dunia. Hampir empat juta wisatawan datang ke Hong Kong setiap tahunnya.

- Menurut The Culture Trip, sebuah situs web yang menyediakan informasi budaya dan wisata, Hong Kong memiliki berbagai tempat belanja yang menarik, mulai dari mal mewah, outlet diskon, hingga pasar tradisional. Beberapa tempat belanja yang direkomendasikan oleh situs ini adalah Causeway Bay, Central, Tsim Sha Tsui, Mong Kok, dan Sham Shui Po.

- Menurut China Highlights, sebuah agen perjalanan yang berbasis di China, Hong Kong menawarkan kebijakan bebas pajak belanja untuk barang-barang yang masuk dan dijual di sana. Hal ini membuat harga jual barang-barang di Hong Kong lebih murah dibandingkan negara lain. Selain itu, Hong Kong juga selalu menjadi kiblat fashion Asia. Apa yang akan menjadi trend di negara-negara lain, sudah keluar lebih dulu di Hong Kong.

- Menurut Timeout, sebuah majalah dan situs web yang membahas tentang gaya hidup dan hiburan, Hong Kong memiliki beberapa pasar tradisional yang bersejarah dan unik. Beberapa pasar tradisional yang wajib dikunjungi oleh wisatawan adalah Cat Street, Flower Market, Jade Market, Bird Market, dan Goldfish Market.

 

FAQs  

Q: Apa saja barang-barang yang bisa dibeli di pasar tradisional Hong Kong? 

- Anda bisa menemukan berbagai barang-barang menarik di pasar tradisional Hong Kong, seperti pakaian, aksesori, kosmetik, elektronik, perhiasan, antik, suvenir, mainan, dan lain-lain. Anda juga bisa menemukan barang-barang lokal dan unik yang merepresentasikan budaya dan sejarah Hong Kong.


Q: Kapan waktu terbaik untuk berbelanja di pasar tradisional Hong Kong?

- Waktu terbaik untuk berbelanja di pasar tradisional Hong Kong tergantung pada preferensi Anda. Jika Anda ingin menghindari keramaian dan mendapatkan harga lebih murah, Anda bisa datang di pagi atau siang hari. Jika Anda ingin merasakan suasana malam yang hidup dan menyaksikan pertunjukan budaya, Anda bisa datang di sore atau malam hari.

 

Q: Bagaimana cara mencapai pasar tradisional Hong Kong?

- Cara termudah untuk mencapai pasar tradisional Hong Kong adalah dengan menggunakan MTR (Mass Transit Railway), yaitu sistem kereta bawah tanah yang menghubungkan berbagai wilayah di Hong Kong. Anda bisa membeli tiket MTR di stasiun-stasiun terdekat atau menggunakan kartu Octopus, yaitu kartu prabayar yang bisa digunakan untuk membayar transportasi publik dan beberapa layanan lainnya di Hong Kong. Anda juga bisa menggunakan bus, taksi, atau alat transportasi lainnya sesuai dengan ketersediaan dan kebutuhan Anda.

 

Kesimpulan

- Wisata belanja di Hong Kong: Mencari Barang Murah dan Berkualitas di Pasar-pasar Tradisional adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh wisatawan yang ingin menikmati pengalaman belanja yang berbeda dari biasanya.

- Pasar-pasar tradisional Hong Kong menawarkan berbagai barang-barang unik, lokal, dan murah yang tidak bisa ditemukan di tempat lain, serta pengalaman budaya yang autentik dan menarik.

- Beberapa pasar tradisional Hong Kong yang wajib dikunjungi adalah Ladies' Market, Temple Street Night Market, dan Stanley Market. Di sana, Anda bisa menemukan barang-barang fashion, elektronik, perhiasan, antik, suvenir, dan lain-lain.

- Untuk berbelanja di pasar tradisional Hong Kong dengan nyaman dan hemat, Anda perlu mempersiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup, menawar harga barang-barang yang Anda inginkan, memeriksa kualitas barang-barang yang Anda beli, membawa tas belanja sendiri, dan menikmati suasana pasar.

- Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berwisata belanja di Hong Kong: Mencari Barang Murah dan Berkualitas di Pasar-pasar Tradisional. Selamat berbelanja dan bersenang-senang! 😊



Sumber Referensi

(1) 20 Wisata Belanja di Hongkong Beneran Bikin Kamu Kalap! - GoTravelly. 

(2) 10 Wisata Belanja Terbaik di Hong Kong - Tripadvisor.

(3) 7 Tempat Belanja Di Hong Kong Dari Yang Murah Sampai Mewah. 

(4) REVIEW PASAR TRADISIONAL DI HONGKONG || PASAR WANCHAI (VLOG TKW HONGKONG). 

(5) Hong Kong Dikunjungi 1,4 Juta Turis Asing Selama Februari 2023 - Kompas.com. 

(6) Hong Kong - Kedatangan Wisatawan 1992-2023 Data - TRADING ECONOMICS. 


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!