-->

Pasar Keramat Mojokerto: Wisata Budaya dan Kuliner Tradisional di Tengah Hutan Bambu


Pasar Keramat Mojokerto: Wisata Budaya dan Kuliner Tradisional di Tengah Hutan Bambu

Pendahuluan

Pasar Keramat Mojokerto adalah sebuah destinasi wisata budaya dan kuliner tradisional yang berlokasi di Dusun Kramajetak, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet. Pasar ini berada di area kebun bambu yang dahulu merupakan tempat pembuangan sampah yang kini disulap menjadi tempat yang menarik dan unik.

Sejarah Pasar Keramat Mojokerto

Sejarah Pasar Keramat Mojokerto bermula dari ide kreatif dari seorang warga bernama Sukirno yang ingin mengubah tempat pembuangan sampah menjadi tempat wisata. Ia bersama dengan warga lainnya membersihkan area tersebut dan menanam berbagai jenis bambu. Ia juga membuat koin gobok yang menyerupai mata uang Majapahit sebagai alat transaksi di pasar. Ia menggandeng Yayasan Bambu Lestari (YBL) dan Multi Bintang Indonesia (MBI) untuk memberikan bantuan dan pendampingan kepada warga dalam mengelola dan mengembangkan pasar ini.

Lokasi dan Jadwal Buka Pasar Keramat Mojokerto

Lokasi dan Jadwal Buka Pasar Keramat Mojokerto adalah sebagai berikut:

Lokasi: Dusun Kramajetak, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Jadwal Buka: Setiap hari Minggu Wage dan Kliwon, mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB.

 

Apa saja yang bisa dinikmati di Pasar Keramat Mojokerto?

1. Kuliner Tradisional dengan Koin Gobok

Salah satu daya tarik utama dari Pasar Keramat Mojokerto adalah penggunaan koin gobok sebagai alat transaksi. Koin gobok adalah koin logam yang menyerupai mata uang Majapahit yang pernah berjaya di Jawa Timur. Koin gobok ini bisa didapatkan dengan menukarkan uang rupiah di loket penukaran yang ada di pintu masuk pasar. Dengan koin gobok, Anda bisa membeli berbagai kuliner tradisional yang disajikan di gerobak-gerobak kayu. Beberapa contoh kuliner tradisional yang bisa Anda cicipi adalah nasi jagung, nasi pecel, nasi rames, soto ayam, soto babat, sate ayam, sate kambing, bakso, mie ayam, mie goreng, dan banyak lagi.


2. Jajanan Tradisional Khas Jawa Timur

Selain kuliner berat, Anda juga bisa menemukan berbagai jajanan tradisional khas Jawa Timur yang bisa Anda nikmati sebagai camilan atau oleh-oleh. Beberapa contoh jajanan tradisional yang ada di Pasar Keramat Mojokerto adalah lupis, cenil, gatot, tiwul, dawet, horok-horok, jamu kunyit asam, es cendol, es campur, es teler, es doger, es buah, es krim potong, dan banyak lagi. Jajanan-jajanan ini disajikan dengan cara tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami yang sehat dan lezat.

 

3. Suasana Alam yang Asri dan Sejuk

Pasar Keramat Mojokerto tidak hanya menawarkan sensasi kulineran zaman dulu, tetapi juga menawarkan suasana alam yang asri dan sejuk dengan dikelilingi oleh hutan bambu. Pengunjung bisa bersantai di saung-saung bambu yang disediakan atau berkeliling melihat berbagai kerajinan bambu yang dijual oleh para pedagang. Beberapa contoh kerajinan bambu yang bisa Anda temukan di pasar ini adalah keranjang, anyaman, gantungan kunci, gelang, kalung, anting-anting, tempat pensil, tempat tisu, dan banyak lagi. Anda juga bisa melihat proses pembuatan kerajinan bambu secara langsung oleh para pengrajin.

 

4. Acara Budaya dan Kerajinan Bambu

Pasar Keramat Mojokerto juga sering mengadakan berbagai acara budaya yang menampilkan kesenian dan kebudayaan lokal. Beberapa contoh acara budaya yang sering diadakan di pasar ini adalah wayang kulit, reog Ponorogo, tari-tarian tradisional, musik keroncong, musik gamelan, musik angklung, musik bambu, dan banyak lagi. Anda bisa menyaksikan acara-acara ini secara gratis dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan interaktif seperti belajar menari atau bermain alat musik.


Bagaimana dampak Pasar Keramat Mojokerto bagi lingkungan sekitar?

Pasar Keramat Mojokerto tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang menarik dan menyenangkan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa dampak yang bisa dirasakan oleh warga setempat dan pengunjung:

Pelestarian Budaya dan Lingkungan

Pasar Keramat Mojokerto merupakan salah satu upaya dari warga setempat untuk melestarikan budaya dan lingkungan. Pasar ini mengusung konsep wisata edukasi yang mengajak pengunjung untuk mengenal dan menghargai budaya lokal, seperti kuliner tradisional, mata uang Majapahit, kesenian dan kebudayaan Jawa Timur. Pasar ini juga mengedepankan prinsip ramah lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan alami, daur ulang sampah, dan menanam bambu. Bambu merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, seperti menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, mencegah erosi tanah, dan menjadi bahan baku kerajinan.

Penggerak Ekonomi Masyarakat

Pasar Keramat Mojokerto juga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar. Pasar ini menjadi sumber pendapatan bagi para pedagang, pengrajin, seniman, dan pekerja yang terlibat di pasar ini. Pasar ini juga meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini, yang berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat. Pasar ini juga menjadi sarana pemberdayaan masyarakat dengan memberikan pelatihan, bimbingan, dan fasilitas kepada warga untuk mengembangkan potensi dan kreativitas mereka.


Cara menuju ke Pasar Keramat Mojokerto

Anda bisa menuju ke Pasar Keramat Mojokerto dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil jalur Surabaya-Mojokerto dan mengikuti arah menuju Kecamatan Pacet. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus jurusan Surabaya-Mojokerto dan turun di Terminal Mojokerto. Kemudian, Anda bisa naik angkot jurusan Pacet dan turun di Desa Warugunung. Dari sana, Anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit menuju Pasar Keramat Mojokerto.


Data statistik

1. Menurut data dari BPS Kabupaten Mojokerto, jumlah penduduk Kabupaten Mojokerto pada tahun 2020 adalah sekitar 1.055.000 jiwa dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,81%. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Mojokerto pada tahun 2020 adalah sekitar Rp 23,8 triliun dengan pertumbuhan ekonomi sebesar -1,64%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Mojokerto pada tahun 2020 adalah sekitar 70,84 dengan tingkat kemiskinan sebesar 9,03%.

2. Menurut data dari BPS Kota Mojokerto, jumlah penduduk Kota Mojokerto pada tahun 2020 adalah sekitar 132.343 jiwa dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,69%. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Mojokerto pada tahun 2020 adalah sekitar Rp 9,4 triliun dengan pertumbuhan ekonomi sebesar -2,05%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto pada tahun 2020 adalah sekitar 78,06 dengan tingkat kemiskinan sebesar 6,71%.

 

Pendapat Para Pakar

1. Menurut artikel dari Antara News, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan bahwa Pasar Keramat merupakan salah satu upaya dari warga setempat untuk melestarikan budaya dan lingkungan. Pasar ini mengusung konsep wisata edukasi yang mengajak pengunjung untuk mengenal dan menghargai budaya lokal, seperti kuliner tradisional, mata uang Majapahit, kesenian dan kebudayaan Jawa Timur. Pasar ini juga mengedepankan prinsip ramah lingkungan dengan menggunakan bahan-bahan alami, daur ulang sampah, dan menanam bambu. Bambu merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, seperti menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, mencegah erosi tanah, dan menjadi bahan baku kerajinan.

2. Menurut artikel dari IDN Times, Pasar Keramat menyajikan sensasi pengalaman yang menarik dan menyenangkan bagi pengunjung. Pasalnya, pengunjung bisa merasakan sensasi kulineran zaman dulu dengan menggunakan koin gobok yang menyerupai mata uang Majapahit sebagai alat transaksi. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai jajanan tradisional khas Jawa Timur yang disajikan dengan cara tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami yang sehat dan lezat. Pengunjung juga bisa bersantai di saung-saung bambu yang disediakan atau berkeliling melihat berbagai kerajinan bambu yang dijual oleh para pedagang.

3. Menurut artikel dari Tugu Jatim, Pasar Keramat merupakan salah satu wisata alternatif yang bisa dikunjungi oleh masyarakat yang ingin mencari suasana baru. Pasar ini tidak hanya menawarkan kuliner dan kerajinan bambu, tetapi juga berbagai acara budaya yang menampilkan kesenian dan kebudayaan lokal. Beberapa contoh acara budaya yang sering diadakan di pasar ini adalah wayang kulit, reog Ponorogo, tari-tarian tradisional, musik keroncong, musik gamelan, musik angklung, musik bambu, dan banyak lagi. Pengunjung bisa menyaksikan acara-acara ini secara gratis dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan interaktif seperti belajar menari atau bermain alat musik.

 


FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju ke Pasar Keramat Mojokerto?

 A: Anda bisa menuju ke Pasar Keramat Mojokerto dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil jalur Surabaya-Mojokerto dan mengikuti arah menuju Kecamatan Pacet. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus jurusan Surabaya-Mojokerto dan turun di Terminal Mojokerto. Kemudian, Anda bisa naik angkot jurusan Pacet dan turun di Desa Warugunung. Dari sana, Anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit menuju Pasar Keramat Mojokerto.


Q: Apa saja jenis jajanan tradisional yang ada di Pasar Keramat Mojokerto?

 A: Beberapa contoh jajanan tradisional yang ada di Pasar Keramat Mojokerto adalah lupis, cenil, gatot, tiwul, dawet, horok-horok, jamu kunyit asam, es cendol, es campur, es teler, es doger, es buah, es krim potong, dan banyak lagi. Jajanan-jajanan ini disajikan dengan cara tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami yang sehat dan lezat.


Q: Bagaimana cara mendapatkan koin gobok untuk bertransaksi di Pasar Keramat Mojokerto?

 A: Koin gobok adalah koin logam yang menyerupai mata uang Majapahit yang digunakan sebagai alat transaksi di Pasar Keramat Mojokerto. Koin gobok ini bisa didapatkan dengan menukarkan uang rupiah di loket penukaran yang ada di pintu masuk pasar. Satu koin gobok setara dengan Rp 1.000,-. Anda bisa menukarkan uang rupiah dengan nominal Rp 5.000,-, Rp 10.000,-, Rp 20.000,-, atau Rp 50.000,-.


Q: Apa saja acara budaya yang sering diadakan di Pasar Keramat Mojokerto?

 A: Pasar Keramat Mojokerto sering mengadakan berbagai acara budaya yang menampilkan kesenian dan kebudayaan lokal. Beberapa contoh acara budaya yang sering diadakan di pasar ini adalah wayang kulit, reog Ponorogo, tari-tarian tradisional, musik keroncong, musik gamelan, musik angklung, musik bambu, dan banyak lagi. Anda bisa menyaksikan acara-acara ini secara gratis dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan interaktif seperti belajar menari atau bermain alat musik.


Q: Bagaimana cara berkontribusi dalam melestarikan Pasar Keramat Mojokerto?

 A: Anda bisa berkontribusi dalam melestarikan Pasar Keramat Mojokerto dengan cara mengunjungi pasar ini secara rutin dan mengajak teman-teman Anda untuk ikut berkunjung. Anda juga bisa membantu mempromosikan pasar ini melalui media sosial atau blog Anda dengan menggunakan hashtag #PasarKeramatMojokerto. Selain itu, Anda juga bisa memberikan donasi atau sumbangan kepada Yayasan Bambu Lestari (YBL) atau Multi Bintang Indonesia (MBI) yang mendukung pengelolaan dan pengembangan pasar ini.

 

Kesimpulan:

Pasar Keramat Mojokerto adalah sebuah destinasi wisata budaya dan kuliner tradisional yang berlokasi di Dusun Kramajetak, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet. Pasar ini menawarkan sensasi kulineran zaman dulu dengan koin gobok, jajanan tradisional khas Jawa Timur, suasana alam yang asri dan sejuk di tengah hutan bambu, acara budaya dan kerajinan bambu, serta dampak positif bagi pelestarian budaya, lingkungan, dan ekonomi masyarakat sekitar. Pasar ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta budaya dan kuliner tradisional.


Map

 

Sumber Referensi

(1) Pemkab Mojokerto menjadikan Pasar Keramat ikon ekonomi.

(2) 5 Fakta Menarik Wisata Budaya Pasar Keramat di Mojokerto - IDN Times.

(3) Sempat Dianggap Angker, Pasar Keramat Mojokerto Jadi Wisata Alternatif.

(4) BPS Kabupaten Mojokerto.

(5) Badan Pusat Statistik.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!