-->

Panduan Lengkap Berwisata ke Sphinx di Mesir

 


Sphinx: Makhluk Mitologis yang Menjaga Rahasia Piramida


Apa itu Sphinx?

1. Pengertian Sphinx

Sphinx adalah makhluk mitologis yang memiliki kepala manusia, tubuh singa, dan sayap elang. Nama Sphinx berasal dari bahasa Yunani Σφίγξ, yang berhubungan dengan kata kerja σφίγγω (sphíngō), yang berarti "menyempitkan", "mengencangkan".   Hal ini mungkin berkaitan dengan cara singa membunuh mangsanya dengan mencekik, menggigit leher mangsa dan menekannya sampai mati. Namun, sejarawan Susan Wise Bauer berpendapat bahwa kata "sphinx" adalah salah satu bentuk korupsi bahasa Yunani dari nama Mesir "shesepankh", yang berarti "gambar hidup", dan merujuk pada patung sphinx, yang dipahat dari "batu hidup" (batu yang merupakan bagian dari tubuh bumi yang berbentuk, tetapi tidak dipotong dari sumber aslinya), daripada pada binatang itu sendiri.

 

2. Asal-usul Sphinx

Sphinx berasal dari mitologi Mesir dan Yunani, tetapi memiliki ciri-ciri dan makna yang berbeda. Sphinx Mesir biasanya digambarkan sebagai seorang pria (androsphinx (bahasa Yunani Kuno: ανδρόσφιγξ)), dan dianggap sebagai makhluk baik hati, meskipun memiliki kekuatan yang sama dahsyatnya dengan versi Yunani yang jahat. Sphinx Yunani, sebaliknya, digambarkan sebagai seorang wanita, dan merupakan makhluk yang pengkhianat dan tidak kenal ampun, yang akan membunuh dan memakan mereka yang tidak bisa menjawab teka-tekinya.

 

Sphinx Mesir: Penjaga Rahasia Piramida

1. Sphinx Agung Giza

Sphinx terbesar dan paling terkenal adalah Sphinx Agung Giza, yang terletak di Dataran Tinggi Giza yang berbatasan dengan Piramida Agung Giza di tepi barat Sungai Nil dan menghadap ke timur. Sphinx terletak di tenggara piramida. Meskipun tanggal pembangunannya tidak diketahui secara pasti, kesepakatan umum di antara para ahli egyptologi adalah bahwa kepala Sphinx Agung memiliki kemiripan dengan firaun Khafra, yang menempatkannya antara tahun 2600 dan 2500 SM.

Sphinx Agung Giza memiliki panjang 240 kaki (73 meter) dan tinggi 66 kaki (20 meter), menjadikannya salah satu monumen terbesar di dunia. Sphinx juga merupakan salah satu peninggalan paling dikenal dari peradaban kuno. Sphinx diyakini sebagai penjaga piramida, yang merupakan makam kerajaan para firaun. Sphinx juga melambangkan kekuasaan, kebijaksanaan, dan perlindungan ilahi dari para dewa.

 

2. Sphinx Lainnya di Mesir

Selain Sphinx Agung Giza, ada juga sphinx lainnya yang ditemukan di Mesir, baik yang berukuran besar maupun kecil. Beberapa contoh adalah:

- Sphinx Alabaster, yang terletak di Kuil Karnak di Luxor. Sphinx ini memiliki kepala firaun Tutmosis III dan tubuh singa. Sphinx ini dibuat pada masa Kerajaan Baru (sekitar 1550-1070 SM) dan merupakan salah satu sphinx tertua yang masih ada.

- Sphinx Granit Merah, yang terletak di Museum Mesir di Kairo. Sphinx ini memiliki kepala firaun Amenemhat III dan tubuh singa. Sphinx ini dibuat pada masa Kerajaan Pertengahan (sekitar 2055-1650 SM) dan merupakan sphinx terbesar kedua setelah Sphinx Agung Giza.

- Sphinx Kecil, yang terletak di berbagai tempat di Mesir, seperti di makam, kuil, atau taman. Sphinx kecil biasanya memiliki kepala firaun, dewa, atau makhluk mitologis lainnya, seperti ram, ibis, atau babun. Sphinx kecil digunakan sebagai hiasan, persembahan, atau simbol perlindungan.

 

Sphinx Yunani

Makhluk Pembunuh yang Menantang Oedipus. Sphinx Yunani adalah makhluk yang menantang Oedipus, pahlawan mitologis yang menjadi raja Thebes, dengan teka-teki yang terkenal: "Apa yang berjalan dengan empat kaki di pagi hari, dua kaki di siang hari, dan tiga kaki di malam hari?" Sphinx mengancam akan membunuh siapa pun yang tidak bisa menjawab teka-tekinya, dan telah membunuh banyak orang sebelum Oedipus. Oedipus berhasil menjawab teka-teki tersebut dengan mengatakan bahwa jawabannya adalah manusia, yang merangkak sebagai bayi, berjalan tegak sebagai dewasa, dan menggunakan tongkat sebagai orang tua. Sphinx merasa malu dan marah, lalu bunuh diri dengan melompat dari tebing.

 

Cara berwisata mencapai ke Sphinx Mesir

Untuk mencapai Sphinx, Anda memiliki beberapa pilihan transportasi dari Kairo, tergantung pada anggaran dan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda pilih:

  1. Menggunakan taksi. Ini adalah cara yang paling nyaman dan cepat, tetapi juga yang paling mahal. Anda dapat menegosiasikan harga dengan sopir taksi sebelum naik, atau menggunakan aplikasi seperti Uber atau Careem untuk memesan taksi online. Harga rata-rata untuk perjalanan satu arah dari Kairo ke Sphinx adalah sekitar 150-200 EGP (9-12 USD).
  2. Menggunakan bus atau mikrobus. Ini adalah cara yang paling murah dan lokal, tetapi juga yang paling lambat dan kurang nyaman. Anda dapat naik bus nomor 355 atau 357 dari stasiun bus Tahrir di pusat kota Kairo, atau mikrobus dari jalan Ramses dekat stasiun kereta Ramses. Harga tiket bus adalah 2 EGP (0,12 USD), sedangkan mikrobus adalah 5 EGP (0,3 USD). Anda harus turun di halte terakhir, yang berada di depan pintu masuk situs piramida dan Sphinx.
  3. Menggunakan kereta. Ini adalah cara yang cukup cepat dan nyaman, tetapi juga membutuhkan perpindahan transportasi. Anda dapat naik kereta dari stasiun kereta Ramses di Kairo ke stasiun kereta Giza, yang memakan waktu sekitar 20 menit. Harga tiket kereta adalah 5 EGP (0,3 USD). Dari stasiun kereta Giza, Anda dapat naik taksi, bus, atau mikrobus ke Sphinx, yang memakan waktu sekitar 15 menit lagi. Harga taksi adalah sekitar 50 EGP (3 USD), sedangkan bus atau mikrobus adalah sekitar 2-5 EGP (0,12-0,3 USD).

 

Tips wisata ke Sphinx

Berikut adalah beberapa tips wisata Sphinx:

  • Datanglah pada pagi hari atau sore hari: Sphinx paling ramai dikunjungi pada siang hari. Jika Anda ingin menghindari keramaian, datanglah pada pagi hari atau sore hari.
  • Pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Mesir memiliki iklim gurun yang panas dan kering, jadi Anda harus memakai pakaian yang ringan, berbahan katun, dan berwarna terang. Anda juga harus menutupi kulit Anda dari sinar matahari yang terik, dengan memakai topi, kacamata hitam, dan syal. Jika Anda mengunjungi Sphinx di musim dingin, Anda mungkin perlu membawa jaket atau sweater, karena suhu bisa turun di malam hari.
  • Sepatu yang nyaman dan tahan lama. Anda akan berjalan banyak di sekitar Sphinx dan piramida, yang berarti Anda harus memakai sepatu yang nyaman dan tahan lama.
  • Air minum yang cukup. Mesir memiliki iklim gurun yang panas dan kering, yang berarti Anda harus minum banyak air untuk menghindari dehidrasi. Anda harus membawa air minum yang cukup ketika berkunjung ke Sphinx, karena tidak ada banyak tempat untuk membeli air di sana.
  • Kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen. Sphinx adalah salah satu monumen paling ikonik dan mengagumkan di dunia, yang tentunya Anda ingin mengabadikan momen Anda di sana. Anda harus membawa kamera atau ponsel yang berkualitas baik untuk mengambil foto atau video dari Sphinx dan piramida.
  • Uang tunai untuk membayar tiket masuk dan tip. Anda harus membayar tiket masuk untuk masuk ke situs piramida dan Sphinx, yang berharga 20 EGP (sekitar 18.000 IDR) per orang. Anda juga harus membayar tambahan jika Anda ingin masuk ke dalam salah satu piramida. Anda harus membawa uang tunai dalam mata uang Mesir, karena tidak ada mesin ATM atau kartu kredit yang diterima di sana. Anda juga harus membawa uang tunai untuk memberi tip kepada pemandu, sopir, atau penjaga, karena itu adalah budaya di Mesir. Tip biasanya sekitar 10-20% dari harga layanan.
  • Bersikaplah sopan: Sphinx adalah situs bersejarah yang penting. Bersikaplah sopan dan hormatlah Sphinx.

 

FAQ

Q: Apa makna simbolis Sphinx? 

Sphinx memiliki makna simbolis yang berbeda-beda tergantung pada budaya dan konteksnya. Secara umum, Sphinx melambangkan kekuatan, kebijaksanaan, misteri, dan perlindungan. Sphinx juga dapat melambangkan dualitas, karena menggabungkan unsur-unsur manusia dan binatang, serta maskulin dan feminin. Sphinx juga dapat melambangkan tantangan intelektual, karena sering dikaitkan dengan teka-teki dan rahasia.

 

Q: Apakah Sphinx ada hubungannya dengan Horus?

Sphinx dapat dianggap sebagai salah satu manifestasi dari dewa Horus, dewa langit, perang, dan perlindungan dalam mitologi Mesir. Horus sering digambarkan sebagai seorang pria dengan kepala elang, atau sebagai elang. Horus juga memiliki asosiasi dengan singa, karena ia adalah putra dari dewi Isis, yang memiliki atribut singa, dan saudara dari dewa Anubis, yang memiliki kepala anjing atau serigala, binatang yang berkerabat dengan singa. Sphinx, dengan kepala manusia dan tubuh singa, dapat dianggap sebagai perwujudan dari Horus yang berwujud manusia, atau sebagai penghormatan kepada Horus dan keluarganya.

 

Q: Apakah ada Sphinx di luar Mesir dan Yunani?

Ya, ada Sphinx di luar Mesir dan Yunani, meskipun mungkin tidak sepopuler atau sebesar Sphinx Agung Giza atau Sphinx Yunani. Beberapa contoh adalah:

1. Sphinx Asia, yang terdapat di berbagai tempat di Asia, seperti India, Cina, Jepang, dan Indonesia. Sphinx Asia biasanya memiliki kepala manusia, tubuh singa, dan sayap burung, tetapi dapat memiliki variasi lain, seperti kepala gajah, kuda, atau naga. Sphinx Asia sering dikaitkan dengan kebudayaan Hindu, Buddha, atau Tao, dan memiliki makna yang berbeda-beda tergantung pada tradisi dan lokasinya.

2. Sphinx Eropa, yang terdapat di berbagai tempat di Eropa, seperti Prancis, Italia, Jerman, dan Inggris. Sphinx Eropa biasanya memiliki kepala wanita, tubuh singa, dan sayap elang, tetapi dapat memiliki variasi lain, seperti kepala pria, anjing, atau kambing. Sphinx Eropa sering digunakan sebagai hiasan, simbol kekuasaan, atau lambang rahasia, terutama oleh kelompok-kelompok seperti Freemason, Rosicrucian, atau Illuminati.

 

Q: Apakah ada jam buka dan tutup untuk Sphinx?

Ya, ada jam buka dan tutup untuk Sphinx, yaitu patung sphinx yang terletak di depan Piramida Agung Giza di Mesir. Jam buka dan tutup Sphinx mengikuti jam buka dan tutup situs piramida, yang berbeda-beda tergantung pada musim. Berikut adalah informasinya:

- Musim panas (April - September): 8 AM - 5 PM

- Musim dingin (Oktober - Maret): 8 AM - 4 PM

- Tiket masuk terakhir satu jam sebelum jam tutup, yaitu 4 PM di musim panas dan 3 PM di musim dingin.

 

Q: Berapa harga tiket masuk ke Sphinx?

Harga tiket masuk ke Sphinx adalah 20 EGP (sekitar 18.000 IDR) per orang. Waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi Sphinx adalah sekitar 2 jam. Anda dapat membeli tiket di loket yang terletak di depan Sphinx, atau memesan tiket secara online di Visit Pyramids of Giza 2023 | Timings, Getting There & Travel Tips.

 

Kesimpulan

Sphinx adalah makhluk mitologis yang memiliki kepala manusia, tubuh singa, dan sayap elang. Sphinx berasal dari mitologi Mesir dan Yunani, tetapi memiliki ciri-ciri dan makna yang berbeda. Sphinx Mesir dianggap sebagai makhluk baik hati, yang melambangkan kekuasaan, kebijaksanaan, dan perlindungan, dan dianggap sebagai penjaga rahasia piramida. Sphinx Yunani dianggap sebagai makhluk jahat, yang melambangkan misteri, tantangan, dan kematian, dan dianggap sebagai pembunuh yang menantang Oedipus dengan teka-tekinya. Sphinx juga terdapat di luar Mesir dan Yunani, dengan variasi bentuk dan makna yang berbeda-beda tergantung pada budaya dan konteksnya. Sphinx adalah salah satu simbol paling menarik dan misterius dari peradaban kuno.

  

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan