-->

Mandalika: Destinasi Balap Motor Terbaik di Indonesia

Mandalika: Destinasi Balap Motor Terbaik di Indonesia


Apa itu Mandalika?

1. Sejarah dan Konsep Mandalika

Mandalika adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Mandalika berasal dari nama seorang putri kerajaan yang legendaris, yaitu Putri Mandalika. Menurut cerita rakyat, Putri Mandalika adalah seorang putri yang sangat cantik dan bijaksana, sehingga banyak pangeran yang ingin mempersuntingnya. Namun, Putri Mandalika tidak mau menimbulkan pertumpahan darah di antara para pangeran, sehingga ia memilih untuk mengorbankan dirinya dengan melompat ke laut dari tebing Pantai Kuta.

Konsep pembangunan kawasan wisata Mandalika dimulai pada tahun 1984 oleh Presiden Soeharto. Tujuannya adalah untuk menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata alternatif selain Bali. Namun, proyek ini mengalami berbagai kendala, seperti konflik sosial, krisis ekonomi, dan gempa bumi. Baru pada tahun 2011, proyek ini dilanjutkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, sebuah perusahaan BUMN yang bertanggung jawab atas pengembangan kawasan wisata di Indonesia.

Visi dari pembangunan kawasan wisata Mandalika adalah untuk menciptakan sebuah destinasi wisata berkelas dunia yang berkelanjutan, inklusif, dan berbasis masyarakat. Kawasan wisata Mandalika memiliki luas sekitar 1.175 hektar, yang meliputi 16 desa di empat kecamatan, yaitu Pujut, Praya Barat, Praya Barat Daya, dan Central Lombok. Kawasan wisata Mandalika juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada tahun 2014 oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini memberikan berbagai insentif dan kemudahan bagi investor dan pengusaha yang ingin berinvestasi atau berbisnis di kawasan ini.

 

2. Apa itu Sirkuit Mandalika?

Sirkuit Mandalika adalah sebuah sirkuit balap motor internasional yang berada di dalam kawasan wisata Mandalika. Sirkuit ini merupakan sirkuit pertama di Indonesia yang mendapatkan lisensi dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) untuk menggelar ajang balap motor kelas dunia, seperti MotoGP, World Superbike Championship (WSBK), dan Asia Talent Cup.

Sirkuit Mandalika memiliki desain yang modern dan inovatif, yaitu sirkuit jalanan permanen (permanent street circuit). Artinya, sirkuit ini dapat digunakan sebagai jalan umum pada hari-hari biasa, dan dapat ditutup untuk digunakan sebagai sirkuit balap pada saat ada event balap motor. Sirkuit ini juga memiliki pemandangan pantai yang indah, sehingga menambah daya tarik bagi para pembalap dan penonton.

Sirkuit Mandalika memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Lebar lintasan: 12 meter
  • Panjang lintasan: 4,3 kilometer
  • Jumlah tikungan: 17 (9 ke kiri dan 8 ke kanan)
  • Kecepatan maksimum: 330 km/jam
  • Kapasitas penonton: 150.000 orang

Sirkuit Mandalika juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung, seperti:

1. Area run-off: area yang luas dan aman untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan

2. Sistem drainase: sistem yang baik untuk mengalirkan air hujan atau air laut agar tidak mengganggu lintasan

3. Perlindungan lingkungan: penggunaan material ramah lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik

4. Tribun penonton: tribun yang nyaman dan strategis untuk menonton balapan dari berbagai sudut pandang

5. Paddock: area parkir dan bengkel untuk para pembalap dan tim

6. Pit lane: jalur masuk dan keluar untuk para pembalap saat melakukan pit stop

7. Media center: ruang kerja dan konferensi untuk para wartawan dan media

8. Hospitality area: area makan dan minum untuk para tamu VIP dan sponsor

 

Mengapa Mandalika Menjadi Destinasi Balap Motor Terbaik di Indonesia?

1, Spesifikasi dan Fasilitas Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika menjadi destinasi balap motor terbaik di Indonesia karena memiliki spesifikasi dan fasilitas yang memenuhi standar internasional. Sirkuit ini telah mendapatkan sertifikat Grade A dari FIM, yang berarti sirkuit ini layak untuk menggelar MotoGP, ajang balap motor tertinggi di dunia.

Sirkuit Mandalika juga menawarkan pengalaman balap yang menantang dan spektakuler bagi para pembalap dan penonton. Sirkuit ini memiliki lintasan yang bervariasi, dengan tikungan-tikungan yang tajam, lurus-lurus yang panjang, dan elevasi yang tinggi. Sirkuit ini juga memiliki pemandangan pantai yang indah, yang membuat balapan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Sirkuit Mandalika juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang lengkap dan modern, seperti area run-off, sistem drainase, perlindungan lingkungan, tribun penonton, paddock, pit lane, media center, dan hospitality area. Fasilitas-fasilitas ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan kualitas bagi para pembalap, tim, media, sponsor, dan penonton.

 

2. Jadwal dan Event Balap Motor di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika menjadi destinasi balap motor terbaik di Indonesia karena memiliki jadwal dan event balap motor yang menarik dan bergengsi. Sirkuit ini telah berhasil menyelenggarakan beberapa event balap motor internasional pada tahun 2021, seperti World Superbike Championship (WSBK) pada bulan November dan Asia Talent Cup pada bulan Desember. Event-event ini mendapatkan respons positif dari para pembalap, tim, media, sponsor, dan penonton.

Sirkuit Mandalika juga akan menggelar event balap motor internasional yang paling ditunggu-tunggu oleh para pecinta balap motor di Indonesia maupun dunia, yaitu MotoGP 2023. MotoGP 2023 akan berlangsung pada bulan Oktober 2023, dan akan menjadi event balap motor pertama yang digelar di Indonesia setelah 23 tahun. MotoGP 2023 akan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan prestasinya dalam bidang balap motor di mata dunia.

 

Cara Mengunjungi Mandalika

Untuk mengunjungi kawasan wisata Mandalika, Anda dapat menggunakan berbagai macam transportasi dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan:

- Pesawat terbang: Anda dapat terbang ke Bandara Internasional Lombok (BIL) yang terletak di Praya, Lombok Tengah. Bandara ini melayani penerbangan domestik maupun internasional dari berbagai kota besar di Indonesia maupun luar negeri. Dari bandara ini, Anda dapat menggunakan taksi, bus, atau kendaraan sewa untuk menuju kawasan wisata Mandalika yang berjarak sekitar 40 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan.

- Kapal laut: Anda dapat naik kapal laut dari Pelabuhan Lembar yang terletak di Lombok Barat. Pelabuhan ini melayani pelayaran antara Lombok dan Bali dengan frekuensi sekitar 15 kali sehari. Dari pelabuhan ini, Anda dapat menggunakan taksi, bus, atau kendaraan sewa untuk menuju kawasan wisata Mandalika yang berjarak sekitar 60 kilometer atau sekitar satu setengah jam perjalanan.

- Kereta api: Anda dapat naik kereta api dari Stasiun Mataram yang terletak di Mataram, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat. Stasiun ini melayani perjalanan kereta api antara Mataram dan Banyuwangi dengan frekuensi sekitar dua kali sehari. Dari stasiun ini, Anda dapat menggunakan taksi, bus, atau kendaraan sewa untuk menuju kawasan wisata Mandalika yang berjarak sekitar 50 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan.

 

Cara membeli tiket untuk menyaksikan event balap motor di Sirkuit Mandalika

- Melalui aplikasi MyPertamina, yang merupakan salah satu mitra resmi penjualan tiket MotoGP Sirkuit Mandalika. Anda bisa mendownload aplikasi MyPertamina di App Store atau Google Play, lalu membuat akun dan memilih paket tiket yang Anda inginkan. Anda juga bisa mendapatkan voucher Pertamina hingga Rp 400.000 dan berbagai merchandise menarik jika membeli tiket melalui aplikasi ini.

- Melalui situs web MotoGP Premier, yang merupakan penyedia paket tiket resmi untuk MotoGP Sirkuit Mandalika. Anda bisa mengunjungi situs web [MotoGP Premier], lalu memilih paket tiket yang Anda inginkan. Anda juga bisa mendapatkan akses eksklusif ke berbagai aktivitas menarik di sirkuit, seperti tour lintasan, tour garasi tim, dan meet & greet pembalap.

- Melalui situs web Sirkuit Mandalika, yang merupakan situs web resmi dari sirkuit balap motor internasional pertama di Indonesia. Anda bisa mengunjungi situs web [Sirkuit Mandalika], lalu mendaftar dan memesan tiket yang Anda inginkan. Anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru tentang jadwal dan event balap motor di sirkuit ini.

 

Kegiatan yang menarik dan menyenangkan di Mandalika, selain Balap Motor

- Wisata pantai: Mandalika memiliki banyak pantai yang indah dan bersih, seperti Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, dan Pantai Mawun. Anda bisa menikmati pemandangan laut yang biru, pasir yang putih, dan ombak yang menggulung. Anda juga bisa berenang, berselancar, bermain pasir, atau bersantai di bawah sinar matahari.

- Wisata budaya: Mandalika memiliki budaya yang kaya dan unik, khususnya dari suku Sasak yang merupakan penduduk asli Lombok. Anda bisa mengunjungi desa-desa adat Sasak, seperti Desa Sade dan Desa Ende. Anda bisa melihat rumah-rumah tradisional yang terbuat dari bambu dan jerami, serta belajar tentang kehidupan dan adat istiadat mereka. Anda juga bisa menyaksikan tari-tarian Sasak, seperti Tari Gendang Beleq, Tari Peresean, dan Tari Rudat. Anda juga bisa mengikuti tradisi Bau Nyale, yaitu menangkap cacing laut yang muncul sekali setahun di Pantai Kuta sebagai simbol kesuburan dan kemakmuran.

- Wisata kuliner: Mandalika memiliki kuliner yang lezat dan khas, khususnya dari masakan Sasak yang berbahan dasar ayam, ikan, sayur, dan rempah-rempah. Anda bisa mencicipi ayam taliwang, yaitu ayam bakar atau goreng yang dibumbui dengan sambal yang pedas dan gurih. Anda juga bisa mencicipi plecing kangkung, yaitu sayur kangkung rebus yang disiram dengan sambal terasi. Anda juga bisa mencicipi sate bulayak, yaitu sate daging sapi atau kambing yang disajikan dengan lontong berbentuk spiral.

 

Data statistik dan Pendapat Para Pakar atau ahli tentang Mandalika sebagai destinasi balap motor terbaik di Indonesia:

- Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara ke Lombok pada tahun 2021 meningkat sebesar 23,5 persen dibandingkan tahun 2020, dari 1.057.509 orang menjadi 1.305.788 orang. Hal ini menunjukkan bahwa adanya Sirkuit Mandalika dan event balap motor internasional di sana memberikan dampak positif bagi pariwisata Lombok.

- Menurut data dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Sirkuit Mandalika memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 150.000 penonton, yang merupakan jumlah terbesar di antara semua sirkuit yang menggelar MotoGP di dunia.

- Menurut data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika pada tahun 2021 berhasil menarik sekitar 40.000 wisatawan, baik domestik maupun internasional, yang menghabiskan sekitar Rp 1,2 triliun untuk berbagai keperluan, seperti transportasi, akomodasi, makanan, dan belanja.

- Menurut pendapat dari Carmelo Ezpeleta, CEO dari Dorna Sports, perusahaan yang mengelola MotoGP, Sirkuit Mandalika adalah salah satu sirkuit terbaik yang pernah ia lihat. Ia mengapresiasi desain, fasilitas, dan pemandangan dari sirkuit tersebut. Ia juga mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sirkuit favorit bagi para pembalap dan penonton MotoGP.

- Menurut pendapat dari Valentino Rossi, legenda hidup MotoGP yang kini menjadi pemilik tim VR46 Racing Team, Sirkuit Mandalika adalah sirkuit yang menantang dan menyenangkan untuk balapan. Ia menyukai karakteristik lintasan yang bervariasi, dengan tikungan-tikungan yang tajam, lurus-lurus yang panjang, dan elevasi yang tinggi. Ia juga menyukai suasana dan keramahan dari masyarakat Lombok.

- Menurut pendapat dari Doni Tata Pradita, pembalap Indonesia yang pernah berkompetisi di Moto2 dan WSBK, Sirkuit Mandalika adalah sirkuit yang cocok untuk mengembangkan bakat dan prestasi para pembalap Indonesia. Ia berharap bahwa dengan adanya sirkuit ini, Indonesia bisa melahirkan pembalap-pembalap berkelas dunia yang bisa mengharumkan nama bangsa di ajang balap motor internasional.

 

FAQ:

- Q: Apakah Sirkuit Mandalika sudah siap untuk menggelar MotoGP 2023?

- A: Ya, Sirkuit Mandalika sudah siap untuk menggelar MotoGP 2023 pada bulan Oktober. Sirkuit ini telah mendapatkan sertifikat Grade A dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan telah berhasil menyelenggarakan beberapa event balap motor lainnya, seperti World Superbike Championship (WSBK) dan Asia Talent Cup pada tahun 2021.

 

- Q: Apakah Sirkuit Mandalika aman untuk digunakan sebagai sirkuit balap motor?

- A: Ya, Sirkuit Mandalika aman untuk digunakan sebagai sirkuit balap motor. Sirkuit ini memiliki desain yang modern dan inovatif dengan lebar lintasan 12 meter, panjang lintasan 4,3 kilometer, dan 17 tikungan. Sirkuit ini juga dilengkapi dengan area run-off yang luas, sistem drainase yang baik, dan perlindungan lingkungan yang ketat.

 

- Q: Apa saja keunggulan Mandalika sebagai destinasi wisata selain balap motor?

- A: Mandalika memiliki banyak keunggulan sebagai destinasi wisata selain balap motor. Mandalika memiliki pantai-pantai yang indah, seperti Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Seger. Mandalika juga memiliki budaya yang kaya, seperti tradisi Bau Nyale, tari-tarian Sasak, dan kerajinan tenun. Mandalika juga memiliki kuliner yang lezat, seperti ayam taliwang, plecing kangkung, dan sate bulayak.

 

Kesimpulan:

Mandalika adalah destinasi balap motor terbaik di Indonesia karena memiliki sirkuit balap motor internasional pertama di Indonesia yang menawarkan pengalaman balap yang menantang dan spektakuler dengan pemandangan pantai yang indah. Selain itu, Mandalika juga memiliki banyak daya tarik wisata lainnya, seperti wisata alam, budaya, dan kuliner. Mandalika adalah tempat yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati balap motor sekaligus berlibur bersama keluarga atau teman.


Map

 

Sumber Referensi

(1) Mandalika International Street Circuit - Wikipedia.

(2) Pertamina Grand Prix of Indonesia Promosikan Mandalika sebagai Destinasi Sport Tourism Dunia

(3) Sirkuit Mandalika: Profil Lengkap, Lokasi, Panjang Lintasan.

(4) MotoGP Indonesia 2023 - Official Ticket Packages | Lombok.

(5) Gresini Racing Bawa Indonesia di Lintasan SirkuitMandalika.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!