-->

Liang Bangkai: Situs Wisata Sejarah yang Menyimpan Misteri Tulang Belulang


Misteri Liang Bangkai: Tempat Wisata Sejarah yang PenuhTulang Belulang

 

Apa itu Liang Bangkai?

1. Sejarah dan Asal Usul Nama Liang Bangkai

Liang Bangkai adalah salah satu goa terunik yang ada di pelosok Kalimantan dan merupakan salah satu objek wisata andalan yang ada di Kabupaten Tanahbumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Objek wisata ini terletak 39 km dari pusat Kota Batulicin dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan darat.

Nama Liang Bangkai berasal dari bau di dalam goa yang seperti bau bangkai akibat banyak kelelawar yang hidup di dalamnya. Namun, jangan salah, di balik nama yang kurang menarik ini, tersimpan sejarah dan misteri yang luar biasa.

Menurut penelitian, Liang Bangkai diperkirakan pernah dihuni oleh manusia prasejarah sebagai tempat tinggal mereka sekitar 3.000 SM. Hal ini dibuktikan dengan adanya artefak berupa sisa makanan, alat rumah tangga dan kerangka tulang manusia purba. Selain itu juga ditemukan lukisan purba di dinding goa tersebut dan mata air dengan airnya yang jernih.

 

2. Daya Tarik dan Fasilitas di Liang Bangkai

Liang Bangkai memiliki daya tarik yang beragam, mulai dari keindahan alam, kekayaan budaya, hingga petualangan. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan dan batuan kapur yang eksotis, serta udara yang sejuk dan segar.

Di dalam kompleks Liang Bangkai, terdapat 7 goa lainnya yang memiliki nama dan karakteristik tersendiri. Di antaranya adalah:

1. Goa Tujuh Pintu: goa ini memiliki tujuh pintu masuk yang berbeda-beda ukuran dan bentuk. Di dalamnya terdapat stalaktit dan stalagmit yang indah, serta lukisan-lukisan purba yang menarik.

2. Goa Kelelawar: goa ini merupakan habitat bagi ribuan kelelawar yang terbang keluar pada saat senja. Anda bisa melihat fenomena alam yang menakjubkan ini dari jarak yang aman.

3. Goa Candi: goa ini memiliki bentuk yang mirip dengan candi, dengan pintu masuk yang tinggi dan lebar. Di dalamnya terdapat ruangan-ruangan yang luas dan gelap, serta batu-batu yang berkilau seperti permata.

4. Goa Batumuda: goa ini memiliki warna batu yang lebih muda daripada goa lainnya, sehingga tampak lebih cerah dan bersih. Di dalamnya terdapat air terjun kecil yang mengalir dari atas goa.

5. Goa Putri: goa ini memiliki pintu masuk yang sempit dan sulit dijangkau, sehingga hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang berani dan lincah. Di dalamnya terdapat ruang pengantin yang konon merupakan tempat persembunyian putri kerajaan yang melarikan diri dari perjodohan.

Untuk menikmati semua goa ini, Anda harus menyewa jasa guide yang berpengalaman dan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Anda juga harus memakai alas kaki yang tepat dan membawa senter atau lampu senter. Fasilitas lain yang tersedia di Liang Bangkai adalah tempat parkir, toilet, warung makan, dan gazebo.

 

Waktu untuk mengunjungi Liang Bangkai

Untuk mengunjungi semua goa di Liang Bangkai, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kompleks goa ini sangat luas dan memiliki banyak lubang. Menurut salah satu sumber³, menyusuri semua lubangnya bisa menghabiskan waktu dua hari. Namun, jika Anda hanya ingin mengunjungi goa utama dan beberapa goa lainnya yang menarik, Anda bisa melakukannya dalam waktu sekitar 3-4 jam. Tentu saja, Anda harus memperhatikan kondisi cuaca, jalan, dan kesehatan Anda saat melakukan aktivitas susur goa.


Cara mencapai Liang Bangkai

Untuk mencapai Liang Bangkai, Anda harus berangkat dari pusat kota Batulicin, yang merupakan ibu kota Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Jaraknya sekitar 39 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan darat³. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan umum seperti angkot, ojek, atau mobil travel.

Rute yang harus Anda tempuh adalah sebagai berikut:

  • Dari pusat kota Batulicin, ambil arah menuju Jalan Lingkar, yang menghubungkan Batulicin dengan kota-kota lain di Kalimantan Selatan.
  • Ketika tiba di bundaran, belok ke arah kiri menuju Jalan Transmigrasi Plajau, yang merupakan jalan utama menuju Kecamatan Mantewe.
  • Ikuti Jalan Transmigrasi Plajau hingga Anda menemukan pertigaan jalan, lalu belok ke arah kanan menuju Desa Dukuh Rejo, yang merupakan lokasi Goa Liang Bangkai.
  • Di Desa Dukuh Rejo, Anda akan menemukan penunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke Goa Liang Bangkai. Anda juga bisa bertanya kepada warga setempat jika bingung.
  • Anda harus melewati jalan yang berbatu dan belum beraspal sepanjang 4,5 km sebelum sampai di Goa Liang Bangkai. Anda harus berhati-hati karena jalan ini berbukit dan berkelok-kelok.

Data Statistik dan Pendapat Para Pendatang yang mengunjungi Liang Bangkai

1. Menurut sebuah penelitian, sebagian besar pengunjung Liang Bangkai berasal dari luar Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu sekitar 67%. Mayoritas pengunjung adalah pelajar dan mahasiswa, yaitu sekitar 48%, diikuti oleh pegawai swasta dan PNS, yaitu sekitar 32%. Rata-rata pengunjung menghabiskan waktu 3-4 jam di Liang Bangkai, dengan biaya rata-rata Rp 50.000 per orang.

2. Menurut hasil survei, pengunjung Liang Bangkai memberikan penilaian yang tinggi terhadap objek wisata ini, yaitu sekitar 4,5 dari skala 5. Pengunjung merasa puas dengan keunikan dan keindahan alam Liang Bangkai, serta ilmu pengetahuan yang didapat dari melihat tulang belulang dan lukisan purba. Pengunjung juga mengapresiasi fasilitas yang tersedia, seperti tempat parkir, toilet, warung makan, dan gazebo. Namun, pengunjung juga memberikan saran untuk meningkatkan kualitas jalan menuju Liang Bangkai, serta menambah papan informasi dan petunjuk arah di sekitar goa.

3. Berdasarkan ulasan di Wikipedia, pengunjung Liang Bangkai mengaku terkesan dengan pengalaman susur goa yang menantang dan menyenangkan. Mereka juga menyukai pemandangan perbukitan dan batuan kapur yang eksotis, serta udara yang sejuk dan segar. Beberapa pengunjung juga menyebut Liang Bangkai sebagai "goa yang berisi sejarah dan misteri".


Map Liang Bangkai

 

Pertanyaan Umum (FAQs)

Q: Apakah Liang Bangkai aman untuk dikunjungi?

A: Liang Bangkai aman untuk dikunjungi asalkan Anda mengikuti aturan dan petunjuk yang ada. Anda juga harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar goa.

 

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Liang Bangkai?

A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Liang Bangkai adalah pada pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas atau hujan. Anda juga bisa mengunjungi Liang Bangkai pada saat tahun baru, saat banyak acara dan festival yang diselenggarakan di sana.

 

Q: Apa yang harus saya bawa saat mengunjungi Liang Bangkai?

A: Anda harus membawa perlengkapan yang sesuai dengan kegiatan yang ingin Anda lakukan di Liang Bangkai, seperti kamera, topi, jaket, air minum, dan obat-obatan. Anda juga harus membawa pakaian ganti dan handuk, karena Anda mungkin akan basah atau kotor saat masuk ke dalam goa.


Q: Bagaimana cara mencapai Liang Bangkai?

A: Anda dapat mencapai Liang Bangkai dengan menggunakan transportasi darat dari kota terdekat. Pastikan untuk melakukan perencanaan perjalanan dengan baik sebelumnya.

 

Q: Apakah ada panduan lokal yang dapat membantu saya menjelajahi Liang Bangkai?

A: Ya, Anda dapat menyewa panduan lokal yang berpengalaman untuk menjelajahi gua ini. Mereka dapat memberikan informasi berharga tentang sejarah dan keunikan Liang Bangkai.

 

Kesimpulan:

Liang Bangkai adalah sebuah situs wisata sejarah yang menyimpan misteri tulang belulang di dalam goa. Di sini, Anda bisa melihat bukti kehidupan manusia purba, lukisan prasejarah, dan keindahan alam yang eksotis. Anda juga bisa menantang diri Anda dengan masuk ke dalam 7 goa yang berbeda-beda nama dan karakteristiknya. Liang Bangkai adalah tempat yang cocok untuk Anda yang menyukai sejarah, budaya, dan petualangan.

 

My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!