-->

Jatim Park 3: Tempat Wisata Edukasi dan Hiburan Keluarga Terbaik di Indonesia

Jatim Park 3: Tempat Wisata Edukasi dan Hiburan Keluarga Terbaik di Indonesia



Apa itu Jatim Park 3?

1. Sejarah dan Konsep Jatim Park 3

Jatim Park 3 adalah salah satu tempat wisata baru yang dibangun pada tahun 2016 di atas lahan seluas 17 hektar oleh Jawa Timur Park Group, yang merupakan pengelola berbagai tempat wisata edukasi di Kota Batu. Latar belakang dibuatnya theme park ini adalah adanya keinginan kuat untuk menciptakan sebuah taman bertema yang menggabungkan teknologi, seni, budaya, dan sejarah, serta membuat sebuah kawasan one stop family entertainment yang lengkap dan berstandar internasional. Jatim Park 3 juga ditujukan untuk mengembangkan daerah Beji menjadi lebih produktif dan memperluas lapangan pekerjaan untuk putra daerah.

Jatim Park 3 memiliki konsep utama yaitu Dino Park, yang menampilkan berbagai macam dinosaurus dengan ukuran dan bentuk yang realistis, serta dilengkapi dengan efek suara dan gerakan. Selain itu, Jatim Park 3 juga memiliki beberapa wahana lain yang tidak kalah menarik, seperti The Legend Stars, yang merupakan museum patung lilin dari tokoh-tokoh dan artis dunia; Museum Musik Dunia, yang menampilkan koleksi alat musik dari berbagai negara; Fun Tech Plaza, yang menyajikan permainan-permainan interaktif dengan teknologi canggih; dan Milenial Glow Garden, yang merupakan taman lampu dengan berbagai tema dan warna.

 

2. Lokasi dan Akses Jatim Park 3

Jatim Park 3 berada di Jalan Ir. Soekarno No.144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di jalan utama menuju Kota Batu, sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Untuk menuju ke Jatim Park 3, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pilih:

- Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalur Surabaya-Malang atau Malang-Batu. Jatim Park 3 berada di Jalan Raya Ir. Soekarno No.144, Beji, Kota Batu. Lokasinya berada di jalan utama menuju Kota Batu, sehingga mudah dijangkau. Anda juga bisa menggunakan jalur tol Singosari-Malang, lalu keluar di pintu tol Singosari dan melanjutkan perjalanan ke arah Karang Ploso-Junrejo.

- Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus, kereta api, atau pesawat ke Kota Malang, lalu melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota, taksi, atau ojek online ke Kota Batu. Anda bisa turun di Terminal Arjosari, lalu naik angkot AL atau ADL menuju Terminal Landungsari. Dari sana, Anda bisa naik angkot BJL menuju Kota Batu dan turun di depan Jatim Park 3. Jika Anda naik kereta api, Anda bisa turun di Stasiun Malang Kotabaru, lalu naik angkot AL atau ADL menuju Terminal Landungsari, dan seterusnya rute sama seperti di atas. Jika Anda naik pesawat, Anda bisa turun di Bandara Abdul Rahman Saleh, lalu naik taksi atau ojek online menuju Terminal Arjosari, dan seterusnya rute sama seperti di atas.

 

3. Visi dan Misi Jatim Park 3

Visi dari Jatim Park 3 adalah mewujudkan pembangunan berskala nasional di daerah-daerah baik bidang ekonomi, sosial, budaya dengan mewujudukan keinginan mencerdaskan bangsa dan menyertakan ilmu dan pengetahuan umum dengan negara-negara maju serta menjadikan Jawa Timur Park 3 sebagai grup pariwisata terlengkap, terkemuka, dan terbesar di Indonesia.

Misi dari Jatim Park 3 adalah:

Membangun kesempatan kerja bagi keragaman lokal serta skala nasional.

Meningkatkan mutu potensi lokal seperti kekayaan budaya, kekayaan alam dan turut melestarikan dan mengembangkan sesuai kearifan lokal.

Memberikan kesempatan peningkatan sarana dan prasarana lokal yang mana meningkatkan taraf hidup ekonomi penduduk setempat dan secara tidak langsung juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menjadikan Jawa Timur Park 3 sebagai tujuan pariwisata Indonesia.

Mendirikan wahana-wahana yang mengedukasi sekaligus menghibur pengunjung.

 

Wahana-Wahana Seru dan Edukatif di Jatim Park 3

1. Dino Park: Berpetualang di Dunia Dinosaurus

Dino Park adalah wahana yang menampilkan berbagai macam dinosaurus dengan ukuran dan bentuk yang realistis, serta dilengkapi dengan efek suara dan gerakan. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi berada di zaman prasejarah dan belajar tentang kehidupan hewan purba ini. Anda juga bisa menjelajahi Museum Dino, yang memiliki koleksi replika kerangka, fosil, dan organ tubuh dinosaurus, serta informasi singkat tentang sejarah dan karakteristik mereka. Selain itu, Anda juga bisa bermain dengan teknologi interaktif di Discovering Dino, yang memungkinkan Anda untuk mewarnai, memindai, dan melihat hasil karya Anda di layar besar. Jika Anda ingin lebih seru lagi, Anda bisa mencoba Jelajah 5 Zaman, yang merupakan kereta raksasa yang akan mengantarkan Anda berkeliling dan menyaksikan berbagai jenis dinosaurus dari dekat.

 

2. The Legend Stars: Bertemu dengan Tokoh dan Artis Dunia

The Legend Stars adalah museum patung lilin dari tokoh-tokoh dan artis dunia yang terkenal. Di sini, Anda bisa melihat dan berfoto dengan patung lilin yang mirip aslinya dari berbagai bidang, seperti politik, olahraga, musik, film, dan lainnya. Beberapa contoh patung lilin yang ada di sini adalah Barack Obama, Lionel Messi, Michael Jackson, Marilyn Monroe, dan banyak lagi. Anda juga bisa melihat proses pembuatan patung lilin di workshop yang tersedia di sini.

 

3. Milenial Glow Garden: Menikmati Taman Sejuta Lampu

Milenial Glow Garden adalah taman lampu dengan berbagai tema dan warna yang indah. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan malam yang menakjubkan dengan ribuan lampu LED yang membentuk berbagai macam bentuk, seperti bunga, kupu-kupu, hati, dan lainnya. Anda juga bisa berjalan-jalan di jembatan gantung yang diterangi oleh lampu warna-warni. Taman lampu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berfoto dengan latar belakang yang cantic.

 

4. Fun Tech Plaza: Bermain dengan Teknologi Canggih

Fun Tech Plaza adalah wahana yang menyajikan permainan-permainan interaktif dengan teknologi canggih. Di sini, Anda bisa mencoba berbagai macam aktivitas yang seru dan menantang, seperti Aqua Sketch, yaitu mewarnai hewan laut dengan pensil warna dan melihat hasilnya hidup di layar; Rain Room, yaitu berjalan di ruangan yang dilengkapi sensor teknologi sehingga hujan tidak akan mengenai tubuh Anda; Virtual Reality (VR), yaitu memakai kacamata VR untuk merasakan pengalaman imersif di dunia virtual; dan lainnya.

 

 5. Museum Musik Dunia: Belajar tentang Alat Musik dari Berbagai Negara

Museum Musik Dunia adalah wahana yang menampilkan koleksi alat musik dari berbagai negara. Di sini, Anda bisa melihat dan mendengarkan suara alat musik tradisional maupun modern dari berbagai belahan dunia, seperti angklung dari Indonesia, sitar dari India, gitar dari Spanyol, biola dari Italia, dan lainnya. Anda juga bisa belajar tentang sejarah dan budaya yang terkait dengan alat musik tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memainkan beberapa alat musik yang tersedia di sini

 

Harga Tiket dan Jam Buka Jatim Park 3

1. Harga Tiket Masuk dan Paket Terusan Jatim Park 3

Harga tiket masuk Jatim Park 3 bervariasi tergantung pada jenis wahana, hari kunjungan, dan usia pengunjung. Anda bisa memilih antara tiket reguler, paket terusan, atau paket hemat. Tiket reguler adalah tiket yang hanya berlaku untuk satu wahana tertentu, seperti Dino Park, The Legend Stars, atau Museum Musik Dunia. Paket terusan adalah tiket yang berlaku untuk semua wahana di Jatim Park 3. Paket hemat adalah tiket yang berlaku untuk beberapa wahana tertentu dengan harga lebih murah. Berikut adalah harga tiket masuk Jatim Park 3:

Harga tiket masuk Jatim Park 3 berlaku untuk pengunjung dewasa dan anak-anak dengan tinggi badan di atas 85 cm. Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm tidak dikenakan biaya masuk.

 

2. Jam Buka dan Jadwal Operasional Jatim Park 3

Jam buka Jatim Park 3 adalah setiap hari dari pukul 10.00 sampai pukul 21.00 WIB. Jadwal operasional wahana-wahana di Jatim Park 3 adalah sebagai berikut:

Jadwal operasional wahana-wahana di Jatim Park 3 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi cuaca, jumlah pengunjung, atau kebijakan manajemen.

 

3. Cara Membeli Tiket Online Jatim Park 3

Anda bisa membeli tiket online Jatim Park 3 melalui situs resmi Jatim Park Group atau aplikasi JTP Mobile yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store . Anda juga bisa membeli tiket online Jatim Park 3 melalui mitra resmi Jatim Park Group, seperti Traveloka , Tokopedia , Bukalapak , Shopee , Pegipegi , Blibli , JD.ID , dan lainnya.

Cara membeli tiket online Jatim Park 3 adalah sebagai berikut:

  • Pilih tanggal kunjungan dan jenis tiket yang Anda inginkan.
  • Isi data diri dan nomor telepon yang aktif.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang tersedia, seperti transfer bank, kartu kredit, e-wallet, atau minimarket.
  • Simpan kode booking atau barcode yang dikirimkan melalui email atau SMS.
  • Tunjukkan kode booking atau barcode tersebut di loket tiket Jatim Park 3 untuk ditukarkan dengan tiket fisik.

-    

Tips Seru untuk Mengunjungi Jatim Park 3

Memilih Waktu dan Hari yang Tepat

Jatim Park 3 biasanya lebih ramai dikunjungi pada akhir pekan, hari libur, atau musim liburan. Jika Anda ingin menghindari keramaian dan antrian panjang, Anda bisa mengunjungi Jatim Park 3 pada hari kerja atau pagi hari. Anda juga bisa memeriksa kalender kunjungan di situs resmi Jatim Park Group untuk melihat prediksi jumlah pengunjung di setiap harinya.

 

Membawa Perlengkapan yang Dibutuhkan

Jatim Park 3 memiliki luas area yang cukup besar, sehingga Anda perlu mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk berjalan-jalan di sana. Beberapa perlengkapan yang disarankan adalah:

- Pakaian dan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan cuaca.

- Topi, kacamata hitam, sunblock, dan payung untuk melindungi diri dari panas matahari atau hujan.

- Botol air minum dan camilan ringan untuk menjaga stamina dan energi.

- Kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen-momen seru.

- Power bank atau charger untuk mengisi daya baterai perangkat elektronik Anda.

- Tas kecil atau ransel untuk menyimpan barang-barang Anda.

 

Memanfaatkan Fasilitas yang Tersedia

Jatim Park 3 menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan dan memperkaya pengalaman kunjungan Anda. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah:

- Area parkir yang luas dan aman untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

- Toilet dan mushola yang bersih dan nyaman di setiap area wahana.

- Tempat penyimpanan barang atau locker yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

- Pusat informasi dan layanan pelanggan yang siap membantu Anda jika ada pertanyaan atau keluhan.

- Klinik kesehatan dan tim medis yang standby di lokasi jika ada keadaan darurat atau kecelakaan.

- Restoran, kafe, warung, dan kios-kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Souvenir shop yang menjual berbagai macam barang kenang-kenangan dari Jatim Park 3.

 

Mengikuti Protokol Kesehatan dan Keselamatan

Jatim Park 3 menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menjaga kenyamanan pengunjung. Beberapa protokol kesehatan dan keselamatan yang harus Anda ikuti adalah:

- Menggunakan masker selama berada di area Jatim Park 3.

- Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah bermain di wahana.

- Menjaga jarak fisik minimal 1 meter dengan pengunjung lain.

- Menghindari kontak fisik seperti bersalaman, berpelukan, atau berciuman dengan pengunjung lain.

- Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar Anda.

- Mengikuti arahan dan petunjuk dari petugas Jatim Park 3.

 

FAQs

- Q: Apa itu Jatim Park 3?

- A: Jatim Park 3 adalah tempat wisata edukasi dan hiburan keluarga yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Jatim Park 3 menawarkan berbagai macam wahana yang menggabungkan ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan teknologi.

 

- Q: Bagaimana cara ke Jatim Park 3?

- A: Anda bisa ke Jatim Park 3 dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalur Surabaya-Malang atau Malang-Batu. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus, kereta api, atau pesawat ke Kota Malang, lalu melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota, taksi, atau ojek online ke Kota Batu.

 

- Q: Berapa harga tiket masuk Jatim Park 3?

- A: Harga tiket masuk Jatim Park 3 bervariasi tergantung pada jenis wahana, hari kunjungan, dan usia pengunjung. Anda bisa memilih antara tiket reguler, paket terusan, atau paket hemat. Untuk informasi lebih lengkap tentang harga tiket masuk Jatim Park 3, Anda bisa mengunjungi situs resmi Jatim Park 3 atau menghubungi nomor telepon (0341) 597777.

 

Kesimpulan

- Jatim Park 3 adalah tempat wisata edukasi dan hiburan keluarga terbaik di Indonesia. Di sini Anda bisa menikmati berbagai macam wahana yang seru dan menarik, sekaligus belajar banyak hal baru tentang dunia. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Jatim Park 3 dan merasakan pengalaman yang tak terlupakan bersama keluarga Anda. Segera pesan tiket Anda sekarang juga dan nikmati promo-promo menarik dari Jatim Park 3!

- Anda sudah tahu mengapa Anda harus mengunjungi Jatim Park 3 di Kota Batu. Tempat wisata ini tidak hanya menyajikan wahana-wahana seru dan edukatif, tetapi juga menawarkan pengalaman berbeda dan tak terlupakan bagi Anda dan keluarga. Apa yang Anda tunggu lagi? Yuk, rencanakan liburan Anda ke Jatim Park 3 sekarang juga dan siapkan diri Anda untuk bersenang-senang!

- Demikianlah panduan lengkap kami tentang wisata ke Jatim Park 3. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat wisata terpopuler di Kota Batu ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau pengalaman tentang Jatim Park 3, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar dari Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan selamat berwisata!


Map

 

Sumber Referensi

(1) Jawa Timur Park 3.

(2) JATIM PARK 3 Harga Tiket dan 10 Wahana September 2023 - Travelspromo.

(3) Home - Jawa Timur Park 3.

(4) Harga Tiket Masuk Jatim Park 3, Ada Apa Saja di Dalamnya? - Kompas.com

(5) Jatim Park 3, Harga Tiket Masuk Terbaru 2022 dan Jam Buka - detikTravel.

(6) Rute Termudah Menuju Jatim Park 3 Bagi Warga Luar Kota Malang - 24Travel.id.

(7) Cara ke Jatim Park 3 Naik Kendaraan Pribadi dari Alun-Alun Kota Batu.

(4) Jatim Park 3, Theme Park Keren Di Kota Batu - NativeIndonesia.com.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!