-->

Berwisata Mengunjungi Taman Safari Indonesia


Berwisata Mengunjungi Taman Safari Indonesia: Pengalaman Melihat Satwa Liar yang Menakjubkan


Apa itu Taman Safari Indonesia?

Paragraf pertama: Taman Safari Indonesia adalah sebuah taman konservasi dan rekreasi yang memiliki koleksi sekitar 2500 satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya¹. Taman ini terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak¹. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900–1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.

Taman Safari Indonesia dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan kina yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare¹. Taman ini ditetapkan sebagai Objek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, pada tanggal 16 Maret 1990¹. Kini, luas Taman Safari telah berkembang menjadi 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan dan libur panjang.

 

Jenis satwa di Taman Safari Indonesia

Jenis satwa yang bisa dilihat di Taman Safari Indonesia sangat beragam dan berasal dari berbagai benua, seperti Afrika, Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Beberapa jenis satwa yang bisa dilihat di Taman Safari Indonesia adalah:

- Zebra, kuda nil, jerapah, gajah, badak, harimau, singa, beruang, kanguru, llama, dan lain-lain. Jenis satwa ini bisa dilihat di area safari journey, di mana pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang disediakan oleh pengelola untuk melihat dan memberi makan hewan-hewan dari dekat.

- Anoa, banteng, rusa timor, dan komodo. Jenis satwa ini merupakan satwa endemik Indonesia yang juga bisa dilihat di area safari journey.

- Panda raksasa. Jenis satwa ini merupakan salah satu satwa langka yang dipinjamkan oleh China untuk dikembangbiakkan di Istana Panda Indonesia.

- Singa, harimau, orangutan, koala, dan lain-lain. Jenis satwa ini bisa dilihat di area baby zoo, di mana pengunjung bisa berfoto bersama bayi hewan yang lucu dan menggemaskan dengan biaya tambahan.

- Nuri, cendrawasih, merak, flamingo, dan lain-lain. Jenis satwa ini bisa dilihat di area bird aviary, di mana pengunjung bisa melihat berbagai jenis burung langka dan eksotis. Pengunjung juga bisa memberi makan burung dengan biji-bijian yang disediakan di sana.

- Elang jawa, elang bondol, elang hitam, dan lain-lain. Jenis satwa ini bisa dilihat di area bird of prey, di mana pengunjung bisa melihat berbagai jenis burung elang endemik Indonesia.

- Buaya muara, buaya senyulong, buaya siam, dan lain-lain. Jenis satwa ini bisa dilihat di area taman buaya, di mana pengunjung bisa melihat berbagai jenis buaya.

- Lumba-lumba. Jenis satwa ini bisa dilihat di area dolphin arena, di mana pengunjung bisa menonton pertunjukan lumba-lumba yang cerdas dan lincah.

 

Bagaimana Cara Mengunjungi Taman Safari Indonesia?

1. Untuk mengunjungi Taman Safari Indonesia, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalur tol Jagorawi kemudian keluar di pintu tol Ciawi. Setelah itu, Anda bisa mengikuti arah menuju Puncak dan akan menemukan papan petunjuk menuju Taman Safari Indonesia. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus jurusan Bogor dari Terminal Kampung Rambutan atau Terminal Lebak Bulus. Setelah sampai di Bogor, Anda bisa naik angkot jurusan Cisarua atau naik bus jurusan Puncak. Turun di depan pintu masuk Taman Safari Indonesia. 

2. Tiket masuk ke Taman Safari Indonesia adalah Rp 200.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 250.000 per orang untuk akhir pekan dan hari libur nasional. Tiket ini sudah termasuk biaya masuk ke area safari journey, baby zoo, bird aviary, water park, wahana permainan, presentasi edukasi satwa, dan atraksi lainnya. Anda juga bisa membeli tiket secara online melalui website resmi Taman Safari Indonesia atau aplikasi PeduliLindungi³. Selain itu, Anda juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.


Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Taman Safari Indonesia?

1. Salah satu hal yang paling menarik untuk dilakukan di Taman Safari Indonesia adalah safari journey. Di sini, Anda bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang disediakan oleh pengelola untuk melihat berbagai jenis satwa dari dekat dan memberi makan mereka dengan wortel atau makanan lain yang dijual di loket tiket. Anda bisa melihat satwa dari benua Afrika, Asia, Eropa, Amerika, dan Australia, seperti zebra, kuda nil, jerapah, gajah, badak, harimau, singa, beruang, kanguru, llama, dan lain-lain. Anda juga bisa melihat satwa endemik Indonesia, seperti anoa, banteng, rusa timor, dan komodo.

2. Selain safari journey, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas rekreasi dan edukasi lainnya di Taman Safari Indonesia. Anda bisa mengunjungi baby zoo untuk melihat bayi hewan yang lucu dan menggemaskan, seperti singa, harimau, orangutan, dan lain-lain. Anda juga bisa berfoto bersama mereka dengan biaya tambahan⁵. Anda juga bisa mengunjungi bird aviary untuk melihat berbagai jenis burung langka dan eksotis, seperti nuri, cendrawasih, merak, flamingo, dan lain-lain. Anda juga bisa memberi makan burung dengan biji-bijian yang disediakan di sana.

3. Jika Anda ingin bersenang-senang dengan air, Anda bisa mengunjungi water park yang memiliki kolam renang, seluncuran air, dan permainan air lainnya. Anda juga bisa menonton pertunjukan lumba-lumba yang cerdas dan lincah di dolphin arena⁵. Jika Anda ingin merasakan sensasi bermain yang lebih menantang, Anda bisa mengunjungi wahana permainan yang memiliki roller coaster, roda gigi, komidi putar, dan lain-lain⁵. Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang satwa dan lingkungan, Anda bisa menonton presentasi edukasi satwa yang disampaikan oleh para pawang. Anda juga bisa melihat atraksi satwa yang menampilkan keahlian dan keterampilan mereka.

 

Apa Saja Keunggulan Taman Safari Indonesia?

1. Taman Safari Indonesia memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi tempat wisata yang populer dan berkualitas. Salah satu keunggulan Taman Safari Indonesia adalah sebagai lembaga konservasi terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi nasional dan internasional. Taman Safari Indonesia berperan aktif dalam menjaga kelestarian satwa liar dengan melakukan penangkaran, penelitian, pendidikan, dan advokasi. Taman Safari Indonesia juga memiliki program loan breeding yang bekerja sama dengan lembaga konservasi lainnya untuk meminjamkan satwa langka untuk dikembangbiakkan. Contohnya adalah program loan breeding panda raksasa dari China yang berhasil melahirkan dua ekor anak panda di Istana Panda Indonesia.

2. Keunggulan lain dari Taman Safari Indonesia adalah sebagai tempat wisata keluarga yang menyenangkan dan mendidik. Taman Safari Indonesia menawarkan pengalaman berwisata yang unik dan berbeda dengan tempat wisata lainnya. Di sini, Anda bisa melihat satwa liar dari dekat tanpa ada pembatas atau kandang. Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan atau berfoto bersama satwa-satwa tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas rekreasi dan edukasi yang menarik dan bermanfaat. Anda bisa bersenang-senang dengan air di water park, merasakan sensasi bermain di wahana permainan, menonton pertunjukan lumba-lumba atau atraksi satwa lainnya, serta belajar tentang satwa dan lingkungan di presentasi edukasi satwa.

3. Keunggulan berikutnya dari Taman Safari Indonesia adalah sebagai tempat wisata yang ramah lingkungan dan berwawasan hijau. Taman Safari Indonesia berkomitmen untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati dengan mengelola sampah, air, dan energi secara bertanggung jawab. Taman Safari Indonesia juga mengembangkan berbagai program lingkungan, seperti penghijauan, penanaman pohon, pengomposan, pengolahan limbah, penghematan listrik, dan lain-lain. Taman Safari Indonesia juga mengajak pengunjung untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dengan memberikan edukasi dan contoh nyata.

 

Apa Saja Testimoni dari Pengunjung Taman Safari Indonesia?

1. Taman Safari Indonesia telah mendapatkan banyak testimoni positif dari para pengunjung yang puas dan senang dengan pengalaman mereka di sana. Berikut adalah beberapa testimoni yang diambil dari website resmi Taman Safari Indonesia: 

  • "Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata yang sangat menyenangkan dan mendidik. Saya dan keluarga bisa melihat satwa liar dari dekat dan memberi makan mereka. Anak-anak saya sangat senang bisa bermain dengan air di water park dan menonton pertunjukan lumba-lumba. Saya juga belajar banyak tentang satwa dan lingkungan dari presentasi edukasi satwa. Taman Safari Indonesia sangat cocok untuk wisata keluarga." - Rini, Jakarta
  •  "Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata yang luar biasa. Saya bisa melihat berbagai jenis satwa langka yang jarang ditemukan di tempat lain, seperti panda, komodo, harimau benggala, dan lain-lain. Saya juga bisa berfoto bersama bayi hewan yang lucu dan menggemaskan di baby zoo. Saya sangat terkesan dengan kebersihan dan kenyamanan fasilitas di sana. Taman Safari Indonesia sangat direkomendasikan untuk wisata alam." - Budi, Bandung
  • "Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata yang menakjubkan. Saya bisa merasakan sensasi berpetualang di alam bebas dengan melihat satwa liar dari dekat tanpa ada pembatas atau kandang. Saya juga bisa merasakan sensasi bermain yang menantang di wahana permainan yang memiliki roller coaster, roda gigi, dan lain-lain. Saya sangat mengapresiasi upaya Taman Safari Indonesia dalam menjaga kelestarian satwa dan lingkungan dengan melakukan konservasi dan edukasi. Taman Safari Indonesia sangat layak untuk dikunjungi." - Andi, Surabaya

2. Selain testimoni dari website resmi, Taman Safari Indonesia juga mendapatkan banyak ulasan positif dari media sosial dan platform online lainnya. Berikut adalah beberapa ulasan yang diambil dari Google Review:

  • "Tempatnya bagus banget, bersih, rapih, pelayanannya ramah. Satwanya banyak banget, lucu-lucu semua. Ada safari malam juga yang seru banget. Pokoknya puas deh." - 5 bintang
  • "Tempat wisata yang sangat recommended untuk keluarga. Banyak sekali hewan-hewan yang bisa dilihat dan diberi makan langsung dari mobil. Ada juga wahana permainan yang seru-seru. Harganya juga terjangkau." - 5 bintang
  • "Tempatnya luas banget, asri, sejuk, banyak pohon-pohonnya. Satwanya juga banyak dan bervariasi, ada yang langka juga. Ada juga fasilitas edukasi yang bagus untuk anak-anak belajar tentang satwa dan lingkungan." - 5 bintang

Program konservasi

Ada beberapa program konservasi yang bisa didukung oleh pengunjung Taman Safari Indonesia. Berikut adalah beberapa contohnya:

- Program adopsi satwa. Program ini memungkinkan pengunjung untuk mengadopsi satwa yang ada di Taman Safari Indonesia dengan memberikan sumbangan secara rutin untuk membantu biaya perawatan, pakan, dan kesehatan satwa tersebut. Pengunjung yang mengadopsi satwa akan mendapatkan sertifikat adopsi, foto satwa, dan kesempatan untuk berkunjung ke kandang satwa¹.

- Program donasi. Program ini memungkinkan pengunjung untuk memberikan donasi secara sukarela untuk mendukung kegiatan konservasi yang dilakukan oleh Taman Safari Indonesia, seperti penangkaran, penelitian, pendidikan, dan advokasi. Pengunjung yang memberikan donasi akan mendapatkan penghargaan sesuai dengan jumlah donasi yang diberikan².

- Program relawan. Program ini memungkinkan pengunjung untuk menjadi relawan yang membantu staf Taman Safari Indonesia dalam melakukan berbagai tugas, seperti membersihkan kandang, memberi makan hewan, mengajak hewan bermain, dan lain-lain. Pengunjung yang menjadi relawan akan mendapatkan pengalaman berharga dan ilmu pengetahuan tentang satwa dan lingkungan.


 Tips berwisata ke Taman Safari

1. Pilih waktu yang tepat

Taman Safari buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari, yaitu sebelum jam 12.00 WIB. Pada waktu ini, satwa-satwa masih aktif dan mudah terlihat. Selain itu, pengunjung juga akan lebih sedikit sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan lebih nyaman.

2. Beli tiket secara online

Untuk menghindari antrian panjang, Anda dapat membeli tiket secara online. Tiket online dapat dibeli melalui situs resmi Taman Safari atau agen perjalanan online. 

3. Datanglah lebih awal 

Untuk dapat menikmati semua wahana dan atraksi di Taman Safari, Anda disarankan untuk datang lebih awal. Hal ini dikarenakan taman safari memiliki luas yang cukup besar dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkeliling.

4. Bawalah makanan dan minuman

Taman Safari memiliki beberapa tempat makan dan minuman, namun harganya cukup mahal. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri.

5. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman 

Anda akan banyak berjalan kaki saat berwisata ke Taman Safari. Oleh karena itu, kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.

6. Taati peraturan yang berlaku 

Taman Safari memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung. Patuhi peraturan tersebut agar liburan Anda tetap aman dan menyenangkan.

7. Jaga kebersihan 

Jaga kebersihan Taman Safari dengan membuang sampah pada tempatnya.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk berwisata ke Taman Safari:

  • Jika Anda membawa anak kecil, pastikan untuk memegang tangan mereka dengan erat saat berada di dekat satwa.
  • Jangan memberi makan satwa liar.
  • Jangan memanjat pagar pembatas.
  • Jangan melempar batu atau benda lain ke satwa.
  • Jika Anda merasa tidak sehat, sebaiknya tidak berkunjung ke Taman Safari.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda merencanakan liburan ke Taman Safari yang menyenangkan.


Data statistik dan Pendapat Para Pakar tentang Taman Safari Indonesia:

- Menurut publikasi Badan Pusat Statistik (BPS), Taman Safari Indonesia termasuk dalam 10 destinasi wisata terpopuler di Jawa Barat pada tahun 2020. Taman Safari Indonesia menduduki peringkat keempat dengan jumlah kunjungan sebanyak 1.026.000 orang, setelah Trans Studio Bandung, Kebun Binatang Bandung, dan Tangkuban Perahu.

- Menurut data dari Google Review, Taman Safari Indonesia memiliki rating 4,6 dari 5 bintang berdasarkan 26.000 ulasan dari pengunjung. Sebagian besar ulasan tersebut memberikan pujian atas kebersihan, kenyamanan, dan keramahan fasilitas dan pelayanan di Taman Safari Indonesia.

- Menurut artikel dari National Geographic, Taman Safari Indonesia merupakan lembaga konservasi terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi nasional dan internasional. Taman Safari Indonesia berperan aktif dalam menjaga kelestarian satwa liar dengan melakukan penangkaran, penelitian, pendidikan, dan advokasi. Taman Safari Indonesia juga memiliki program loan breeding yang bekerja sama dengan lembaga konservasi lainnya untuk meminjamkan satwa langka untuk dikembangbiakkan.

- Menurut jurnal dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Taman Safari Indonesia memberikan dampak positif terhadap kondisi sosial ekonomi dan lingkungan masyarakat lokal sekitar kawasan wisata. Taman Safari Indonesia memberikan lapangan pekerjaan, pendapatan, dan kesejahteraan bagi masyarakat lokal. Taman Safari Indonesia juga memberikan edukasi dan kesadaran lingkungan bagi masyarakat lokal dan pengunjung.


Kesimpulan

Dari artikel ini, kita bisa menyimpulkan bahwa Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga yang berwawasan lingkungan dan berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Di sini, kita bisa melihat berbagai jenis satwa langka dari berbagai benua, memberi makan hewan-hewan, dan menikmati berbagai fasilitas rekreasi dan edukasi. Taman Safari Indonesia juga memiliki banyak keunggulan, seperti sebagai lembaga konservasi terbaik di Indonesia, sebagai tempat wisata yang menyenangkan dan mendidik, serta sebagai tempat wisata yang ramah lingkungan dan berwawasan hijau. Taman Safari Indonesia juga mendapatkan banyak testimoni positif dari para pengunjung yang puas dan senang dengan pengalaman mereka di sana.

Oleh karena itu, jika Anda ingin berwisata mengunjungi Taman Safari Indonesia, Anda tidak akan menyesal dengan pilihan Anda. Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata yang unik dan berbeda dengan tempat wisata lainnya. Anda akan melihat satwa liar dari dekat tanpa ada pembatas atau kandang. Anda akan berinteraksi langsung dengan memberi makan atau berfoto bersama satwa-satwa tersebut. Anda akan menikmati berbagai fasilitas rekreasi dan edukasi yang menarik dan bermanfaat. Anda akan belajar banyak tentang satwa dan lingkungan dari presentasi edukasi satwa. Anda akan merasakan sensasi berpetualang di alam bebas dengan melihat satwa liar yang menakjubkan.

 

FAQs

Q: Kapan jam buka Taman Safari Indonesia?

A: Taman Safari Indonesia buka setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 17.00 WIB untuk area safari journey dan pukul 09.00 sampai 17.00 WIB untuk area rekreasi dan edukasi. Untuk safari malam, Taman Safari Indonesia buka setiap akhir pekan dan hari libur nasional mulai pukul 18.30 sampai 21.30 WIB.

 

Q: Apa saja yang harus dibawa saat mengunjungi Taman Safari Indonesia?

A: Saat mengunjungi Taman Safari Indonesia, Anda harus membawa tiket masuk yang sudah dibeli secara online atau di loket tiket, kartu identitas diri, masker, hand sanitizer, kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen, serta wortel atau makanan lain untuk memberi makan hewan-hewan. Anda juga bisa membawa pakaian ganti, handuk, dan perlengkapan mandi jika ingin bermain air di water park.

 

Q: Apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mengunjungi Taman Safari Indonesia?

A: Saat mengunjungi Taman Safari Indonesia, Anda tidak boleh melakukan hal-hal berikut:

- Membuka jendela atau pintu mobil saat berada di area safari journey

- Menyentuh, memegang, atau mengganggu hewan-hewan

- Membuang sampah sembarangan

- Merokok di area terlarang

- Membawa senjata tajam, obat-obatan terlarang, atau benda-benda berbahaya lainnya

- Melanggar protokol kesehatan yang berlaku

Berikut adalah lanjutan dari FAQ:

 

Q: Apa saja fasilitas yang tersedia di Taman Safari Indonesia?

A: Taman Safari Indonesia memiliki berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati, seperti:

- Area parkir yang luas dan aman

- Toilet dan mushola yang bersih dan nyaman

- Klinik kesehatan dan pusat informasi

- Restoran dan kafe yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman

- Toko souvenir yang menjual berbagai produk unik dan menarik

- Hotel dan villa yang menyediakan akomodasi yang nyaman dan berkualitas

 

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi Taman Safari Indonesia?

A: Waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi Taman Safari Indonesia tergantung pada kecepatan dan rute yang Anda pilih. Secara umum, Anda bisa menghabiskan sekitar 3-4 jam untuk menikmati semua fasilitas yang ada di Taman Safari Indonesia. Namun, jika Anda ingin lebih lama, Anda bisa menginap di hotel atau villa yang ada di sana.

 

Maps


Sumber Referensi

(1) Taman Safari Indonesia.

(2) Taman Safari Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

(3) Taman Safari Indonesia - Rekreasi, Konservasi dan Edukasi.

(4) Statistik Wisatawan Nusantara 2020 - Badan Pusat Statistik.

(5) Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2021.

(6) Rekam Jejak Taman Safari Indonesia - NationalGeographic.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!