-->

Wisata Maritim di Indonesia: 10 Destinasi Wisata Bahari yang Memukau

 


10 Destinasi Wisata Bahari yang Memukau di Indonesia


Pendahuluan

Artikel ini membahas tentang potensi wisata maritim di Indonesia yang sangat besar dan menawarkan 10 destinasi wisata bahari yang memukau di berbagai daerah. Artikel ini juga menyajikan data statistik kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia selama pandemi Covid-19 dan hasil survei minat masyarakat untuk berwisata bahari. Selain itu, artikel ini juga mengutip pendapat pakar ekologi perairan tentang pengelolaan pariwisata bahari yang optimal dan berkelanjutan.

 

Pengertian Wisata Maritim dan Potensi Wisata Bahari di Indonesia

Wisata maritim adalah wisata yang berhubungan dengan laut, pantai, pulau, dan kehidupan laut. Wisata maritim bisa meliputi berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, surfing, sailing, fishing, cruising, dan lain-lain. Wisata maritim juga bisa memberikan manfaat ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan bagi masyarakat lokal dan nasional.

Indonesia memiliki potensi wisata maritim yang sangat besar karena memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, luas laut terbesar ketiga di dunia, dan keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, 5.000 jenis ikan, 600 jenis karang, dan 3.000 jenis moluska. Indonesia juga memiliki berbagai destinasi wisata bahari yang memukau di berbagai daerah, mulai dari Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat hingga Pulau Weh di Aceh.

Dengan potensi wisata maritim yang luar biasa ini, Indonesia bisa menjadi salah satu negara tujuan wisata bahari terbaik di dunia. Namun, untuk mencapai hal itu, Indonesia juga harus menghadapi berbagai tantangan seperti pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, peningkatan kualitas infrastruktur dan fasilitas pariwisata, pengembangan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten, serta promosi dan pemasaran yang efektif.


Wisata Maritim di Indonesia: 10 Destinasi Wisata Bahari yang Memukau

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki ribuan pulau dan garis pantai yang sangat panjang. Keindahan alam bawah laut dan keanekaragaman hayati laut di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Ada banyak destinasi wisata bahari di Indonesia yang menawarkan pemandangan alam yang elok, aktivitas seru yang menguji adrenalin, dan budaya lokal yang khas dan menarik. Berikut adalah 10 destinasi wisata bahari di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

 

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat



Salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia yang paling terkenal adalah Kepulauan Raja Ampat. Kepulauan ini terdiri dari empat pulau utama, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta, serta ratusan pulau kecil lainnya. Kepulauan Raja Ampat memiliki kekayaan biota laut yang luar biasa, dengan lebih dari 1.500 spesies ikan, 600 spesies karang, dan 700 spesies moluska. Kepulauan ini juga merupakan surga bagi para penyelam, karena memiliki lebih dari 200 lokasi diving dengan berbagai tingkat kesulitan dan keunikan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam darat di Kepulauan Raja Ampat, seperti pantai berpasir putih, tebing karst, hutan tropis, danau biru, serta melihat berbagai satwa endemik seperti burung cendrawasih, kanguru pohon, dan kasuari.

 

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Sumber: blog.insanbumimandiri.org

Pulau Komodo adalah salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo. Pulau ini terkenal sebagai habitat asli komodo, hewan purba yang merupakan kadal terbesar di dunia. Selain melihat komodo dari dekat, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut di Pulau Komodo, yang memiliki lebih dari 50 lokasi diving dengan berbagai tema, seperti karang warna-warni, ikan-ikan aneh, hiu, pari manta, dugong, dan lain-lain. Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai cantik di Pulau Komodo, seperti Pantai Merah Muda yang memiliki pasir berwarna merah muda karena tercampur dengan serpihan karang merah.

 

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur



Kepulauan Derawan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki beberapa pulau dengan keindahan alam yang memukau. Beberapa pulau yang terkenal di Kepulauan Derawan adalah Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki. Di pulau-pulau ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas bahari, seperti snorkeling, diving, berenang bersama penyu hijau atau ubur-ubur tak bersengat, menyaksikan fenomena lumba-lumba berenang beriringan di pagi hari atau bioluminesensi plankton di malam hari. Anda juga bisa menjelajahi kebudayaan masyarakat setempat yang hidup harmonis dengan alam.

 

Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah



Kepulauan Togean adalah sebuah gugusan pulau vulkanik yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Kepulauan ini memiliki lebih dari 50 pulau, namun hanya sebagian kecil yang berpenghuni. Kepulauan Togean memiliki keindahan alam bawah laut yang menawan, dengan lebih dari 300 spesies karang dan 600 spesies ikan. Kepulauan ini juga memiliki beberapa lokasi diving yang menarik, seperti kapal karam, terowongan bawah laut, dan dinding karang. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Danau Mariona yang memiliki tiga jenis ubur-ubur tak bersengat, atau Pulau Papan yang merupakan tempat tinggal suku Bajo, suku laut yang hidup di rumah-rumah panggung di atas air.

 

Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di ujung barat Indonesia. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Di pulau ini, Anda bisa melihat titik nol kilometer Indonesia, yaitu tempat dimana Indonesia dimulai dari barat. Anda juga bisa melihat pemandangan alam bawah laut yang indah, dengan lebih dari 20 lokasi diving yang memiliki berbagai tema, seperti kapal karam, terumbu karang, gua bawah laut, dan lain-lain. Beberapa spesies ikan langka juga bisa ditemukan di Pulau Weh, seperti ikan napoleon, ikan pari manta, hiu paus, dan hiu martil.

 

Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Sumber: javatravel.net

Kepulauan Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang terletak di Laut Jawa, sekitar 80 km dari kota Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini memiliki 27 pulau, namun hanya lima pulau yang berpenghuni. Kepulauan Karimunjawa memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona, dengan lebih dari 200 spesies ikan dan 90 spesies karang. Kepulauan ini juga memiliki beberapa lokasi diving dan snorkeling yang menawarkan pemandangan karang warna-warni, ikan-ikan aneh, hiu karpet, penyu hijau, dan lain-lain. Anda juga bisa mengunjungi beberapa pulau tak berpenghuni yang memiliki pantai berpasir putih dan air laut yang jernih.

 

Pulau Belitung, Bangka Belitung

Sumber: cnnindonesia.com

Pulau Belitung adalah salah satu pulau utama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini menjadi terkenal setelah novel dan film Laskar Pelangi yang mengambil latar belakang di pulau ini. Pulau Belitung memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, dengan lebih dari 100 lokasi diving dan snorkeling yang memiliki berbagai tema, seperti batu granit raksasa, kapal karam, terumbu karang, dan lain-lain. Beberapa spesies ikan langka juga bisa ditemukan di Pulau Belitung, seperti ikan napoleon, ikan nemo, ikan pari manta, dan hiu bambu. Anda juga bisa mengunjungi beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Belitung, seperti Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar tua berusia lebih dari 100 tahun.

 

Kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat



Kepulauan Gili adalah sebuah gugusan tiga pulau kecil yang terletak di Laut Bali, sekitar 35 km dari kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Ketiga pulau tersebut adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Kepulauan Gili memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa, dengan lebih dari 25 lokasi diving dan snorkeling yang memiliki berbagai tema, seperti dinding karang, patung bawah laut, kapal karam, dan lain-lain. Beberapa spesies ikan langka juga bisa ditemukan di Kepulauan Gili, seperti ikan nemo, ikan pari manta, hiu paus, dan hiu martil. Anda juga bisa menikmati suasana pulau yang santai dan ramah lingkungan, karena tidak ada kendaraan bermotor di sini. Anda bisa berjalan kaki, bersepeda, atau naik cidomo (kereta kuda) untuk menjelajahi pulau. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata, seperti spa, yoga, bar, restoran, dan akomodasi yang nyaman dan terjangkau.

 

Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

Sumber: inakoran.com

Pulau Bunaken adalah salah satu pulau yang terletak di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Pulau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken, yang memiliki luas sekitar 89.065 hektar. Taman Nasional Bunaken memiliki kekayaan biota laut yang mengagumkan, dengan lebih dari 390 spesies karang dan 2.000 spesies ikan. Taman Nasional Bunaken juga memiliki beberapa lokasi diving dan snorkeling yang menawarkan pemandangan dinding karang yang menjulang tinggi, ikan-ikan berwarna-warni, penyu, hiu, pari manta, dan lain-lain. Anda juga bisa menikmati keindahan alam darat di Pulau Bunaken, seperti pantai berpasir putih, hutan mangrove, dan desa-desa nelayan.

 

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu adalah sebuah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, sekitar 45 km dari kota Jakarta. Kepulauan ini memiliki lebih dari 100 pulau, namun hanya sekitar 30 pulau yang berpenghuni. Kepulauan Seribu memiliki keindahan alam bawah laut yang menarik, dengan beberapa lokasi diving dan snorkeling yang memiliki berbagai tema, seperti terumbu karang, kapal karam, patung bawah laut, dan lain-lain. Beberapa spesies ikan langka juga bisa ditemukan di Kepulauan Seribu, seperti ikan nemo, ikan badut, ikan pari manta, dan hiu bambu. Anda juga bisa mengunjungi beberapa pulau yang memiliki daya tarik wisata lainnya, seperti Pulau Bidadari yang memiliki benteng peninggalan Belanda, Pulau Tidung yang memiliki jembatan cinta, atau Pulau Pramuka yang memiliki konservasi penyu.

 

Data statistik:

- Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki potensi sumber daya laut dan pesisir yang sangat besar, dengan luas wilayah laut mencapai 5,8 juta km2, garis pantai sepanjang 99.093 km, dan jumlah pulau sebanyak 17.504.

- BPS juga melaporkan bahwa pada tahun 2021, jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) yang menggunakan moda transportasi laut mencapai 3,9 juta perjalanan, meningkat 14,71 persen dibandingkan tahun 2020 yang hanya 3,4 juta perjalanan.

- BPS juga menyajikan data tentang jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia melalui pintu masuk laut pada tahun 2021. Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah wisman yang datang melalui laut mencapai 1,2 juta orang, menurun 74,77 persen dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 4,7 juta orang. Penurunan ini disebabkan oleh dampak pandemi COVID-19 yang membatasi mobilitas antarnegara.

 

Pendapat pakar:

- Dr Riant Nugroho MSi, Ketua Masyarakat Kebijakan Publik Indonesia (MAKPI) menuturkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi poros maritim dunia. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi untuk memaksimalkan potensi tersebut. Salah satunya adalah pengembangan pariwisata maritim yang berkelanjutan, berbasis masyarakat, dan menghormati kearifan lokal.

- Nadila Putri, seorang mahasiswa magister ilmu sejarah Universitas Indonesia, menulis bahwa pariwisata maritim Indonesia memiliki nilai historis yang tinggi, karena menunjukkan jejak peradaban maritim Nusantara sejak masa kerajaan-kerajaan maritim seperti Sriwijaya, Majapahit, dan Kesultanan Islam. Ia juga mengajak generasi muda untuk mengenal lebih dekat budaya maritim Indonesia dan menjaga kelestariannya.

- Hasan Sadeli, seorang pemerhati sejarah maritim, mengkritik bahwa dunia maritim Indonesia kian asing bagi kalangan generasi muda terpelajar. Ia menilai bahwa kurangnya pengetahuan dan minat tentang sektor kelautan dan kemaritiman di kalangan terpelajar menjadi hambatan bagi pengembangan potensi maritim Indonesia. Ia menyarankan agar pendidikan maritim ditingkatkan dan disosialisasikan secara luas kepada masyarakat.


Sumber Referensi

(1) 9 Destinasi Wisata Bahari di Indonesia Terindah.

(2) 12 Lokasi Wisata Bahari dengan Pemandangan Alam yang Elok.

(3) KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASISKEMARITIMAN


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya di [kontak Anda] untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!