-->

Berkemah di Bandung: 10 Tempat Terbaik untuk Petualangan Luar Ruangan


Jelajahi Tempat Berkemah Terbaik di Bandung untuk Liburan Bertualang


Pendahuluan 

Bandung adalah salah satu kota yang menawarkan berbagai macam destinasi wisata alam yang menarik dan indah. Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan alam Bandung adalah camping atau berkemah. Camping adalah kegiatan menginap di alam terbuka dengan menggunakan tenda atau fasilitas lainnya. Camping bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda, menyatu dengan alam, dan menjauh dari hiruk pikuk kota.

 

Mengapa Berkemah di Bandung?

Keuntungan Berkemah di Bandung

Berkemah di Bandung memiliki banyak keuntungan, antara lain:

- Anda bisa menghemat biaya akomodasi. Dibandingkan dengan menginap di hotel atau penginapan lainnya, berkemah biasanya lebih murah dan hemat. Anda hanya perlu membayar tiket masuk dan biaya sewa tenda atau membawa tenda sendiri.

- Anda bisa lebih dekat dengan alam. Berkemah di Bandung akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat pemandangan alam yang indah, seperti gunung, hutan, danau, atau sawah. Anda juga bisa mendengar suara burung, air mengalir, atau angin bertiup yang menenangkan jiwa.

- Anda bisa lebih sehat dan bugar. Berkemah di Bandung juga akan membuat Anda lebih aktif dan bergerak. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti trekking, hiking, bersepeda, atau outbond. Aktivitas-aktivitas ini akan membakar kalori, meningkatkan stamina, dan menguatkan otot.

- Anda bisa lebih bersosialisasi dan bersenang-senang. Berkemah di Bandung juga akan memberikan Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan teman-teman atau keluarga. Anda bisa berbagi cerita, bercanda, atau bermain bersama. Anda juga bisa menyalakan api unggun, barbeque, atau bernyanyi bersama.

 

Tips Berkemah di Bandung

Agar pengalaman berkemah Anda lebih menyenangkan dan aman, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, antara lain:

- Pilih tempat berkemah yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Ada banyak tempat berkemah di Bandung yang menawarkan berbagai fasilitas dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, aksesibilitas, ketersediaan air bersih dan listrik, keamanan, dan harga.

- Persiapkan perlengkapan berkemah yang lengkap dan sesuai. Anda harus membawa perlengkapan berkemah yang penting, seperti tenda, sleeping bag, matras, kompor, peralatan masak, makanan, minuman, obat-obatan, senter, dan pakaian. Anda juga harus menyesuaikan perlengkapan dengan cuaca, musim, dan durasi berkemah Anda.

- Ikuti aturan dan etika berkemah yang berlaku. Anda harus menghormati lingkungan dan penghuni sekitar tempat berkemah Anda. Anda harus menjaga kebersihan, tidak merusak tanaman atau binatang, tidak membuat kebisingan, dan tidak meninggalkan sampah. Anda juga harus mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pengelola tempat berkemah.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk camping di Bandung, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, seperti:

  • Perlengkapan camping, seperti tenda, sleeping bag, matras, kompor, peralatan masak, senter, obat-obatan, dan lain-lain.
  • Pakaian yang sesuai dengan cuaca dan kondisi tempat camping, seperti jaket tebal, kaos kaki, topi, sarung tangan, dan sepatu.
  • Makanan dan minuman yang cukup untuk selama camping, seperti air mineral, roti, biskuit, mie instan, telur, buah-buahan, dan lain-lain.
  • Sampah plastik atau kantong kresek untuk membawa kembali sampah yang dihasilkan selama camping.
  • Rencana perjalanan dan rute menuju tempat camping, termasuk informasi mengenai biaya masuk, fasilitas, dan aturan yang berlaku di tempat camping tersebut.


10 Tempat Terbaik untuk Petualangan Luar Ruangan

# Ranca Upas



Ranca Upas adalah salah satu tempat camping terpopuler di Bandung yang terletak di kawasan Ciwidey.  Tempat ini memiliki luas sekitar 215 hektar dan berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Ranca Upas menawarkan pemandangan alam yang asri dan sejuk dengan udara segar. Di sini Anda bisa menikmati camping di tengah hamparan rumput hijau yang luas dan dikelilingi oleh pepohonan pinus. Selain itu, Anda juga bisa melihat dan memberi makan rusa-rusa jinak yang ada di penangkaran rusa Ranca Upas.

Fasilitas yang tersedia di Ranca Upas antara lain adalah:

- Area camping yang luas dan bersih

- Toilet dan kamar mandi umum

- Kolam renang dan waterboom

- Area outbond dan flying fox

- Pemandian air panas

- Warung makan dan minimarket

- Tempat parkir

- Pos satpam dan pos kesehatan

Biaya masuk ke Ranca Upas adalah Rp 25.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 35.000 per malam untuk biaya camping. Jika Anda tidak membawa perlengkapan camping sendiri, Anda bisa menyewanya di tempat dengan harga bervariasi.

 

# Dusun Bambu



Dusun Bambu adalah tempat wisata keluarga yang terletak di Lembang. Tempat ini menawarkan konsep outdoor dining resort dengan berbagai macam fasilitas hiburan dan edukasi. Salah satu fasilitasnya adalah area camping yang bernama Pasar Khatulistiwa. Di sini Anda bisa memilih dua jenis penginapan camping, yaitu tenda biasa atau glamping (glamour camping). Glamping adalah camping dengan tenda mewah yang dilengkapi dengan fasilitas seperti kasur, bantal, selimut, lampu tidur, meja rias, kursi santai, dan lain-lain.

 

Fasilitas yang tersedia di Pasar Khatulistiwa antara lain adalah:

- Area camping yang nyaman dan aman

- Toilet dan kamar mandi pribadi

- Sarapan pagi

- Area bermain anak

- Danau buatan dengan perahu dayung

- Restoran dan kafe

- Tempat parkir

- Shuttle bus gratis dari pintu masuk Dusun Bambu

Biaya masuk ke Pasar Khatulistiwa adalah Rp 75.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 350.000 per malam untuk biaya camping tenda biasa. Untuk biaya camping glamping, Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 2.500.000 per malam.

 

# Taman Langit Pangalengan



Taman Langit Pangalengan adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Gunung Tilu, Pangalengan. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan panorama pegunungan, sawah, danau, dan langit yang indah. Di sini Anda bisa menikmati camping di atas bukit yang dikenal sebagai Bukit Cinta. Anda juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang menakjubkan dari tempat ini.

 

Fasilitas yang tersedia di Taman Langit Pangalengan antara lain adalah:

- Area camping yang luas dan tertata

- Toilet dan kamar mandi umum

- Mushola

- Warung makan

- Tempat parkir

- Pos satpam

Biaya masuk ke Taman Langit Pangalengan adalah Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 25.000 per malam untuk biaya camping. Jika Anda tidak membawa perlengkapan camping sendiri, Anda bisa menyewanya di tempat dengan harga bervariasi.

 

# The Lodge Maribaya



The Lodge Maribaya adalah tempat wisata alam yang terletak di Lembang. Tempat ini menawarkan konsep glamping dengan berbagai macam fasilitas hiburan dan petualangan. Di sini Anda bisa memilih beberapa jenis penginapan glamping, seperti tenda dome, tenda safari, atau tenda hobbit. Anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana seperti sky bike, sky wing, zip bike, flying fox, hot air balloon, dan lain-lain.

 

Fasilitas yang tersedia di The Lodge Maribaya antara lain adalah:

- Area glamping yang nyaman dan eksklusif

- Toilet dan kamar mandi pribadi

- Sarapan pagi

- Area bermain anak

- Restoran dan kafe

- Tempat parkir

- Shuttle bus gratis dari pintu masuk The Lodge Maribaya

Biaya masuk ke The Lodge Maribaya adalah Rp 20.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 per malam untuk biaya glamping, tergantung jenis penginapan yang dipilih.

 

# Gunung Putri Lembang



Gunung Putri Lembang adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Gunung Tangkuban Perahu, Lembang. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang hijau dan sejuk dengan udara segar. Di sini Anda bisa menikmati camping di tengah hutan pinus yang asri dan tenang. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, bersepeda, berkuda, atau berfoto-foto.

 

Fasilitas yang tersedia di Gunung Putri Lembang antara lain adalah:

- Area camping yang luas dan bersih

- Toilet dan kamar mandi umum

- Kolam renang

- Area outbond

- Warung makan dan minimarket

- Tempat parkir

- Pos satpam

Biaya masuk ke Gunung Putri Lembang adalah Rp 15.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 50.000 per malam untuk biaya camping. Jika Anda tidak membawa perlengkapan camping sendiri, Anda bisa menyewanya di tempat dengan harga bervariasi.

 

# Glamping Lakeside Rancabali



Glamping Lakeside Rancabali adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Situ Patenggang, Ciwidey. Tempat ini menawarkan konsep glamping dengan pemandangan danau yang jernih dan alam sekitar yang spektakuler. Di sini Anda bisa memilih beberapa jenis penginapan glamping, seperti tenda dome, tenda safari, atau villa kayu. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti perahu dayung, water bike, flying fox, paintball, dan lain-lain.

 

Fasilitas yang tersedia di Glamping Lakeside Rancabali antara lain adalah:

- Area glamping yang nyaman dan mewah

- Toilet dan kamar mandi pribadi

- Sarapan pagi

- Restoran dan kafe

- Tempat parkir

- Shuttle bus gratis dari pintu masuk Glamping Lakeside Rancabali

Biaya masuk ke Glamping Lakeside Rancabali adalah Rp 25.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000 per malam untuk biaya glamping, tergantung jenis penginapan yang dipilih.

 

# Tebing Keraton


Tebing Keraton adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan tebing yang menjorok ke jurang dan hamparan pepohonan hijau di bawahnya. Di sini Anda bisa menikmati camping di atas tebing yang dikenal sebagai Tebing Gantung. Anda juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang spektakuler dari tempat ini.

 

Fasilitas yang tersedia di Tebing Keraton antara lain adalah:

- Area camping yang luas dan tertata

- Toilet dan kamar mandi umum

- Mushola

- Warung makan

- Tempat parkir

- Pos satpam

Biaya masuk ke Tebing Keraton adalah Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 50.000 per malam untuk biaya camping. Jika Anda tidak membawa perlengkapan camping sendiri, Anda bisa menyewanya di tempat dengan harga bervariasi.

 

# Grafika Cikole

Grafika Cikole adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Cikole, Lembang. Tempat ini menawarkan konsep camping resort dengan berbagai macam fasilitas hiburan dan petualangan. Di sini Anda bisa memilih beberapa jenis penginapan camping, seperti tenda dome, tenda safari, pondok kayu, atau villa kayu. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti paintball, flying fox, high rope, archery, dan lain-lain.

 

Fasilitas yang tersedia di Grafika Cikole antara lain adalah:

- Area camping yang nyaman dan aman

- Toilet dan kamar mandi pribadi

- Sarapan pagi

- Area bermain anak

- Restoran dan kafe

- Tempat parkir

- Pos satpam

Biaya masuk ke Grafika Cikole adalah Rp 25.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 150.000 hingga Rp 1.000.000 per malam untuk biaya camping, tergantung jenis penginapan yang dipilih.

 

# Bukit Bintang


Bukit Bintang adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Puncak Bintang, Bandung Utara. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan panorama kota Bandung yang berkilau di malam hari. Di sini Anda bisa menikmati camping di atas bukit yang dikelilingi oleh pepohonan pinus. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, bersepeda, atau berfoto-foto.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Bintang antara lain adalah:

- Area camping yang luas dan bersih

- Toilet dan kamar mandi umum

- Warung makan

- Tempat parkir

- Pos satpam 

Biaya masuk ke Bukit Bintang adalah Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 25.000 per malam untuk biaya camping. Jika Anda tidak membawa perlengkapan camping sendiri, Anda bisa menyewanya di tempat dengan harga bervariasi.

 

# Batu Layang Camp


Batu Layang Camp adalah tempat wisata alam yang terletak di kawasan Gunung Batu, Lembang. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis dengan batu-batu besar yang menjulang tinggi dan hamparan rumput hijau di sekitarnya. Di sini Anda bisa menikmati camping di bawah batu layang atau batu gantung yang unik dan menantang. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, rock climbing, atau berfoto-foto.

 

Fasilitas yang tersedia di Batu Layang Camp antara lain adalah:

- Area camping yang luas dan tertata

- Toilet dan kamar mandi umum

- Warung makan

- Tempat parkir

- Pos satpam 

Biaya masuk ke Batu Layang Camp adalah Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk dan Rp 25.000 per malam untuk biaya camping. Jika Anda tidak membawa perlengkapan camping sendiri, Anda bisa menyewanya di tempat dengan harga bervariasi.

 

Data statistik

Data Statistik ini berkaitan dengan data jumlah permintaan akomodasi dan sewa Hotel di Bandung. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kota Bandung¹, jumlah akomodasi hotel menurut klasifikasi di Kota Bandung pada tahun 2016 adalah sebagai berikut:

- Hotel bintang 5: 9 unit, dengan 1.621 kamar dan 3.242 tempat tidur

- Hotel bintang 4: 16 unit, dengan 2.026 kamar dan 4.052 tempat tidur

- Hotel bintang 3: 29 unit, dengan 2.113 kamar dan 4.226 tempat tidur

- Hotel bintang 2: 23 unit, dengan 1.113 kamar dan 2.226 tempat tidur

- Hotel bintang 1: 13 unit, dengan 519 kamar dan 1.038 tempat tidur

- Hotel non bintang: 74 unit, dengan 1.551 kamar dan 3.102 tempat tidur

Jumlah total akomodasi hotel di Kota Bandung pada tahun 2016 adalah 164 unit, dengan 8.943 kamar dan 17.886 tempat tidur.


Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat², jumlah wisatawan mancanegara dan domestik yang menginap di hotel bintang dan nonbintang di Jawa Barat pada tahun 2019 adalah sebagai berikut: 

- Wisatawan mancanegara: 1.058.857 orang, dengan rata-rata lama menginap 2,01 hari

- Wisatawan domestik: 15.057.590 orang, dengan rata-rata lama menginap 1,64 hari

Jumlah total wisatawan yang menginap di hotel bintang dan nonbintang di Jawa Barat pada tahun 2019 adalah 16.116.447 orang, dengan rata-rata lama menginap 1,66 hari.

 

Pendapat Para Pakar

Berdasarkan beberapa sumber yang saya temukan di internet³⁴⁵⁶, berikut ini adalah beberapa pendapat para pakar tentang camping di Bandung:

- Camping di Bandung adalah salah satu aktivitas wisata yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam Bandung yang sejuk dan indah.

- Camping di Bandung juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda, menyatu dengan alam, dan menjauh dari hiruk pikuk kota.

- Camping di Bandung juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan diri di alam terbuka, seperti survival skills, teamwork, leadership, problem solving, dan lain-lain.

- Camping di Bandung juga bisa menjadi ajang untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

- Camping di Bandung juga bisa menjadi kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama.

 

FAQS:

- Apa itu camping dan glamping?

  - Camping adalah kegiatan menginap di alam terbuka dengan menggunakan tenda atau fasilitas lainnya. Glamping adalah camping dengan tenda mewah yang dilengkapi dengan fasilitas seperti kasur, bantal, selimut, lampu tidur, meja rias, kursi santai, dan lain-lain.

- Apa saja perlengkapan yang perlu dibawa untuk camping di Bandung?

  - Perlengkapan yang perlu dibawa untuk camping di Bandung antara lain adalah tenda, sleeping bag, matras, kompor, peralatan masak, senter, obat-obatan, pakaian yang sesuai dengan cuaca dan kondisi tempat camping, makanan dan minuman yang cukup untuk selama camping, sampah plastik atau kantong kresek untuk membawa kembali sampah yang dihasilkan selama camping, dan rencana perjalanan dan rute menuju tempat camping.

- Apa saja tips untuk camping di Bandung?

  - Tips untuk camping di Bandung antara lain adalah memilih tempat camping yang sesuai dengan keinginan dan anggaran, melakukan reservasi terlebih dahulu jika perlu, mempersiapkan perlengkapan camping dengan baik, mematuhi aturan dan etika camping yang berlaku di tempat camping tersebut, menjaga kebersihan dan kelestarian alam, dan menikmati setiap momen bersama teman atau keluarga.


Kesimpulan:

Camping di Bandung adalah salah satu aktivitas wisata yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam Bandung yang sejuk dan indah. Camping di Bandung juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin merasakan sensasi berbeda, menyatu dengan alam, dan menjauh dari hiruk pikuk kota. Camping di Bandung juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan diri di alam terbuka, mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam, dan bersosialisasi dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama. Ada banyak tempat camping di Bandung yang bisa dipilih, mulai dari yang biasa hingga yang mewah. Beberapa tempat camping terbaik di Bandung yang wajib dikunjungi adalah Ranca Upas, Dusun Bambu, Taman Langit Pangalengan, The Lodge Maribaya, Gunung Putri Lembang, Glamping Lakeside Rancabali, Tebing Keraton, Grafika Cikole, dan Batu Layang Camp. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda untuk menentukan tempat camping yang sesuai dengan keinginan dan anggaran Anda. Selamat camping dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam.


Sumber referensi penulisan artikel:

* Bobocabin Ranca Upas.

* 10 Tempat Camping Terindah di Bandung (Budget Friendly) - Napaktilas.

* Rekomendasi 10 Tempat Camping Terbaik di Bandung, Indah dan Sejuk.


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!