-->

Tempat Camping di Bogor: Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Bogor

Merasakan Indahnya Berwisata Camping di Bogor



Merasakan Indahnya Berwisata Camping di Bogor 

Bogor adalah salah satu kota yang menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang menarik dan menantang. Salah satu kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Bogor adalah camping, yaitu menginap di tenda di tengah alam. Camping bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin merasakan suasana sejuk, segar, dan tenang di Bogor. Selain itu, camping juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta mempererat hubungan dengan keluarga atau teman.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk camping di Bogor, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, seperti tenda, sleeping bag, peralatan masak, makanan, minuman, obat-obatan, pakaian hangat, senter, dan lain-lain. Anda juga perlu memilih tempat camping yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Bogor memiliki banyak tempat camping yang menawarkan fasilitas dan pemandangan yang beragam.


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat camping di Bogor yang bisa Anda pertimbangkan:

Highland Camp Curug Panjang


Tempat camping ini berlokasi di kawasan Pariwisata Curug Panjang di Jl. Curug Panjang, Paseban Megamendung, Puncak Bogor. Tempat ini merupakan salah satu lokasi camping terbesar di Puncak Bogor, dengan luas sekitar 10 hektar. Tempat ini dikelilingi oleh aliran sungai dan lima air terjun yang menyegarkan. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan asri dengan pepohonan rimbun dan serangga bercahaya di malam hari¹. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, bermain outbound, memancing, atau bersepeda.

Untuk camping di tempat ini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp65.000 per orang per malam. Anda juga bisa menyewa tenda dari pengelola dengan harga bervariasi tergantung ukuran tenda. Namun, jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa membawa tenda sendiri. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain toilet, kamar mandi, mushola, gazebo, lapangan bola voli, lapangan parkir, dan area api unggun.


Gayatri Camp Puncak


Tempat camping ini berlokasi di daerah Citeko, Puncak Bogor. Tempat ini bertempat di kaki Gunung Pangrango dan menawarkan pemandangan eksotis dan megah dari hamparan kebun teh, Gunung Pangrango, dan Gunung Salak. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan sensasi camping di dataran tinggi dengan suhu dingin. Namun, Anda perlu bersiap menghadapi akses jalan yang cukup sulit dan menanjak untuk menuju tempat ini.

Tempat camping ini berada di lahan seluas 12 hektar dan berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Di sini, Anda bisa menikmati udara segar dan bersih tanpa polusi. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, trekking, flying fox, paintball, atau berkuda. Untuk camping di tempat ini, Anda perlu membayar biaya masuk sebesar Rp50.000 per orang per malam. Anda juga bisa menyewa tenda dari pengelola dengan harga mulai dari Rp100.000 per malam untuk tenda ukuran 4 orang. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain toilet, kamar mandi air panas, mushola, lapangan parkir, dan area api unggun.

 

Gunung Mas


Tempat camping ini berlokasi di kawasan dataran tinggi Gunung Mas yang terkenal dengan kebun tehnya yang luas dan indah. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin camping di tengah kebun teh dengan pemandangan yang hijau dan menyejukkan mata. Tempat ini juga mudah dijangkau karena berada dekat dengan beberapa wisata lain di Bogor, seperti Taman Safari, Danau Telaga Warna, dan Puncak Pass.

Tempat camping ini berada di ketinggian sekitar 800 mdpl dan memiliki luas sekitar 6 hektar. Di sini, Anda bisa menikmati sunrise dan sunset yang cantik dari atas bukit. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan di kebun teh, bermain flying fox, berkuda, atau bermain ATV. Untuk camping di tempat ini, Anda perlu membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp7.500 untuk mobil dan Rp2.500 untuk motor. Anda juga bisa menyewa tenda dari pengelola dengan harga mulai dari Rp150.000 per malam untuk tenda ukuran 4 orang. Fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain toilet, kamar mandi, mushola, warung makan, lapangan parkir, dan area api unggun.

 

Data statistik:

    * Menurut Badan Pusat Statistik Kota Bogor, jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke objek wisata di Bogor pada tahun 2019 mencapai 3.418.915 orang. Kecamatan yang paling banyak dikunjungi adalah Pamijahan dengan 371.962 orang, diikuti oleh Leuwiliang dengan 211.733 orang, dan Tenjolaya dengan 9.010 orang.

    * Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah wisatawan nusantara yang melakukan perjalanan ke Jawa Barat pada tahun 2020 mencapai 8.664.000 orang, menurun 63,66 persen dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 23.800.000 orang. Penurunan ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang membatasi mobilitas dan aktivitas wisata.

    * Menurut Badan Pusat Statistik, rata-rata pengeluaran perjalanan wisatawan nusantara ke Jawa Barat pada tahun 2020 adalah Rp1.124.000 per orang per perjalanan, meningkat 2,74 persen dibandingkan tahun 2019 yang mencapai Rp1.094.000 per orang per perjalanan⁵. Peningkatan ini disebabkan oleh kenaikan harga-harga barang dan jasa akibat pandemi Covid-19.

 

Pendapat pakar atau ahli atau jurnalis:

    * Menurut Sony Watson, seorang penulis di Napaktilas, camping bisa jadi alternatif liburan seru yang bisa dilakukan bersama teman maupun keluarga. Ia merekomendasikan 15 tempat camping terbaik di Bogor yang memiliki pesona yang unik dan menarik untuk dijelajahi, seperti Gunung Geulis Camp Area, Bumi Perkemahan Sukamantri, Curug Ciputri Tenjolaya, dan lain-lain.

    * Menurut Syifa Nuri Khairunnisa, seorang penulis di Kompas.com, Soekapi Camp Bogor adalah salah satu tempat camping ala hotel di lereng Gunung Salak yang menawarkan kombinasi berbagai keindahan¹. Ia mengatakan bahwa tempat ini menawarkan program-program camping yang menarik, seperti camping edukasi, camping rekreasi, family camp, outbond team building, dan lain-lain.

    * Menurut Tokopedia Blog, Bogor merupakan salah satu destinasi camping terbaik bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek dan Jawa Barat. Ia menyebutkan beberapa tempat camping di Bogor yang memiliki fasilitas dan pemandangan yang beragam, seperti Camping Gayatri, Curug Cipamingkis, Hutan Pinus Gunung Pancar Camp Outbound, dan lain-lain.


FAQ:

* Apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat camping di Bogor?

        Beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat camping di Bogor antara lain tenda, sleeping bag, matras, bantal, selimut, senter, kompor gas atau arang, panci atau wajan, piring atau mangkuk, gelas atau cangkir, sendok atau garpu, pisau atau gunting, korek api atau korek gas, air minum dan makanan ringan atau siap saji, obat-obatan pribadi dan pertolongan pertama, pakaian hangat dan ganti sesuai cuaca dan durasi camping, jaket hujan atau payung jika musim hujan, alas kaki yang nyaman dan tahan air jika trekking atau hiking, tas ransel atau koper sesuai kapasitas barang bawaan.

* Apa saja manfaat camping bagi kesehatan fisik dan mental?

        - Beberapa manfaat camping bagi kesehatan fisik dan mental antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan terpapar udara segar dan sinar matahari yang mengandung vitamin D; mengurangi stres dan depresi dengan melihat pemandangan alam yang indah dan mendengar suara alam yang menenangkan; meningkatkan kualitas tidur dengan mengatur ritme sirkadian tubuh yang dipengaruhi oleh cahaya alami; meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah dengan menghadapi tantangan dan situasi baru di alam; mempererat hubungan dengan keluarga atau teman dengan berbagi pengalaman dan kegiatan bersama.

* Apa saja tips camping yang aman dan nyaman di Bogor?

        - Beberapa tips camping yang aman dan nyaman di Bogor antara lain memilih tempat camping yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan, baik dari segi fasilitas, pemandangan, biaya, maupun aksesibilitas; mempersiapkan perlengkapan camping yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan; memeriksa kondisi cuaca dan alam sebelum berangkat camping; mengikuti aturan dan etika camping yang berlaku di tempat tujuan, seperti tidak merusak lingkungan, tidak membuat kebisingan, tidak meninggalkan sampah, dan lain-lain.

 

Kesimpulan

Camping di Bogor bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi Anda dan orang-orang terdekat Anda. Selain itu, camping juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebahagiaan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan camping Anda di Bogor!

 

Sumber referensi

1. https://www.tokopedia.com/blog/tempat-camping-di-bogor-tvl/

2. https://gunung.id/rekomendasi-tempat-camping-di-bogor-jawa-barat/

3. https://www.orami.co.id/magazine/tempat-camping-di-bogor


My Profile

Halo, nama saya Riesty. Saya adalah seorang penulis konten kreatif dengan keahlian dalam bidang CEO (Content, Education, and Outreach). Saya memiliki minat dan pengalaman dalam mengeksplorasi berbagai topik yang mencakup keindahan alam, konservasi, dan keberlanjutan.

Sebagai penulis, saya percaya bahwa kata-kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mendidik, dan mengubah pandangan dunia. Saya memiliki dedikasi yang kuat dalam menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan bermakna bagi pembaca. Setiap tulisan yang saya hasilkan memiliki tujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang subjek yang dibahas, sambil memastikan bahwa pesan yang disampaikan mudah dipahami dan berdampak positif.

Pengalaman saya sebagai penulis konten telah membawa saya untuk berkolaborasi dengan berbagai klien dan platform. Saya senang berkontribusi dalam menciptakan materi yang berharga dan informatif, serta memastikan bahwa setiap tulisan mencerminkan kualitas, keahlian, dan profesionalisme.