-->

Panduan Lengkap Wisata ke Singapura: Tempat, Transportasi, dan Budget

Panduan Lengkap Wisata ke Singapura



Pendahuluan

Singapura adalah salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang, termasuk dari Indonesia. Negara yang terkenal dengan kebersihan, kemajuan, dan keragaman budayanya ini menawarkan berbagai macam atraksi yang menarik dan mengesankan. Mulai dari taman-taman futuristik, pusat perbelanjaan mewah, hingga tempat-tempat bersejarah dan budaya, semua bisa Anda temukan di Singapura.

Namun, bagaimana cara merencanakan wisata ke Singapura yang menyenangkan dan hemat? Bagaimana transportasi dan budget yang dibutuhkan? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap wisata ke Singapura yang mencakup tempat, transportasi, dan budget.


Tips Perjalanan ke Singapura

Berwisata ke Singapura bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan, jika Anda menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Berikut adalah beberapa tips perjalanan ke Singapura yang bisa Anda terapkan untuk membuat perjalanan Anda lebih lancar dan nyaman:

Persiapkan Dokumen Perjalanan 

Sebelum berangkat ke Singapura, pastikan Anda memiliki dokumen perjalanan yang lengkap dan valid, seperti paspor, visa, tiket pesawat, bukti akomodasi, bukti vaksinasi Covid-19, dan lain-lain. Anda juga harus memeriksa syarat dan ketentuan perbatasan yang berlaku di Singapura, terutama jika Anda ingin memanfaatkan skema VTF. Anda bisa mengunjungi situs web resmi [Safe Travel] untuk mendapatkan informasi terbaru tentang persyaratan masuk ke Singapura.

 

Atur Anggaran Wisata

Singapura termasuk salah satu negara yang cukup mahal untuk dikunjungi, terutama jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Oleh karena itu, Anda harus mengatur anggaran wisata Anda dengan cermat dan realistis. Anda bisa mencari tahu biaya-biaya yang diperlukan untuk berwisata ke Singapura, seperti transportasi, akomodasi, makanan, tiket masuk tempat wisata, belanja, dan lain-lain. Anda juga bisa mencari cara untuk menghemat pengeluaran Anda, seperti memanfaatkan diskon, promo, atau paket wisata yang ditawarkan oleh berbagai penyedia jasa pariwisata.

 

Pilih Waktu dan Durasi Wisata

Singapura memiliki iklim tropis yang panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata sekitar 27 derajat Celcius. Namun, ada beberapa periode waktu yang lebih baik untuk dikunjungi daripada yang lain. Secara umum, waktu terbaik untuk berwisata ke Singapura adalah pada bulan Februari hingga April, karena cuaca cenderung lebih sejuk dan kering. Anda juga bisa menghindari bulan November hingga Januari, karena cuaca cenderung lebih hujan dan lembab. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti festival, liburan sekolah, atau acara khusus yang ada di Singapura.

Durasi wisata ke Singapura tergantung pada preferensi dan tujuan Anda. Secara umum, Anda bisa menghabiskan waktu sekitar 3 hingga 5 hari untuk menikmati berbagai tempat wisata di Singapura. Namun, jika Anda ingin menjelajahi lebih banyak tempat atau menikmati suasana kota lebih lama, Anda bisa memperpanjang durasi wisata Anda sesuai dengan anggaran dan jadwal Anda.

 

Rencanakan Itinerari Wisata 

Singapura memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan beragam, sehingga Anda harus merencanakan itinerari wisata Anda dengan baik agar tidak melewatkan tempat-tempat favorit Anda. Anda bisa membuat daftar tempat wisata yang ingin Anda kunjungi sesuai dengan prioritas dan minat Anda. Anda juga bisa mengelompokkan tempat wisata berdasarkan lokasi atau zona tema agar lebih mudah dijangkau. Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan waktu kunjungan, jarak tempuh, biaya transportasi, tiket masuk, jam operasional, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi perjalanan Anda.

 

Bawa Perlengkapan Wisata

Berwisata ke Singapura membutuhkan perlengkapan wisata yang sesuai dengan kondisi cuaca dan aktivitas yang akan dilakukan. Berikut adalah beberapa perlengkapan wisata yang wajib dibawa saat berwisata ke Singapura:

- Pakaian yang nyaman dan ringan, seperti kaos, celana pendek, rok, atau gaun.

- Jaket atau sweater tipis untuk mengantisipasi udara dingin di dalam ruangan ber-AC.

- Sepatu atau sandal yang nyaman untuk berjalan-jalan.

- Topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari atau hujan.

- Kacamata hitam dan tabir surya untuk melindungi mata dan kulit dari paparan UV.

- Tas kecil atau ransel untuk membawa barang-barang penting, seperti dompet, ponsel, kamera, air minum, dan lain-lain.

- Charger, adaptor, atau power bank untuk mengisi daya perangkat elektronik Anda.

- Obat-obatan pribadi atau alat kesehatan yang diperlukan, seperti obat sakit kepala, obat alergi, obat luka, atau alat ukur gula darah.

- Masker wajah dan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Anda.


Transportasi di Singapura

Singapura memiliki sistem transportasi umum yang sangat maju dan nyaman untuk digunakan. Transportasi umum di Singapura meliputi MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit), bus, taksi, dan sepeda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan transportasi umum di Singapura:

- MRT: MRT adalah kereta api bawah tanah yang menghubungkan berbagai wilayah di Singapura. MRT adalah transportasi umum yang paling efisien dan praktis untuk menjelajahi kota ini. Anda bisa membeli tiket MRT di mesin tiket yang tersedia di setiap stasiun, atau menggunakan kartu EZ-Link atau NETS FlashPay yang bisa diisi ulang. Kartu-kartu ini juga bisa digunakan untuk membayar tarif bus dan sebagian taksi. Tarif MRT bervariasi tergantung jarak dan waktu perjalanan, tetapi rata-rata berkisar antara 0,8 SGD hingga 2,2 SGD per perjalanan.

- LRT: LRT adalah kereta api ringan yang menghubungkan antara stasiun MRT dengan kawasan perumahan atau pusat perbelanjaan. LRT biasanya digunakan untuk perjalanan jarak pendek atau sebagai feeder MRT. Tarif LRT sama dengan tarif MRT, dan Anda bisa menggunakan tiket atau kartu yang sama untuk naik LRT.

- Bus: Bus adalah transportasi umum yang dapat melakukan perjalanan dari pusat kota hingga ke ujung negara, dengan sistem bus yang bersambung. Sistem bus Singapura juga memiliki layanan ekspres untuk penumpang yang perlu cepat ke suatu tempat. Sistem bus ekspres melewati sebagian besar halte dan masuk ke jalan raya. Tarif bus bervariasi tergantung jarak dan jenis bus, tetapi rata-rata berkisar antara 0,8 SGD hingga 2,5 SGD per perjalanan. Anda bisa membayar tarif bus dengan uang tunai (pastikan Anda memiliki uang pas), atau dengan kartu EZ-Link atau NETS FlashPay.

- Taksi: Taksi adalah transportasi pribadi yang dapat mengantar Anda ke mana saja di Singapura dengan cepat dan nyaman. Taksi di Singapura memiliki standar kualitas yang tinggi dan dilengkapi dengan meteran. Anda bisa menaiki taksi di halte taksi yang tersebar di seluruh kota, atau memesan melalui telepon atau aplikasi online. Tarif taksi bervariasi tergantung jarak, waktu, dan jenis taksi, tetapi rata-rata berkisar antara 3 SGD hingga 35 SGD per perjalanan. Anda bisa membayar tarif taksi dengan uang tunai, kartu kredit, atau kartu EZ-Link atau NETS FlashPay.

- Sepeda: Sepeda adalah transportasi alternatif yang ramah lingkungan dan sehat untuk menjelajahi Singapura. Singapura memiliki banyak jalur sepeda yang menghubungkan antara tempat-tempat wisata dan kawasan perumahan. Anda bisa menyewa sepeda dari penyedia layanan sepeda berbagi seperti oBike, Mobike, atau OFO, yang tersebar di seluruh kota. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi mereka dan melakukan scan barcode pada sepeda untuk membuka kunci sepeda. Tarif sewa sepeda bervariasi tergantung penyedia layanan, tetapi rata-rata berkisar antara 0,5 SGD hingga 1 SGD per 30 menit.


FAQs

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh wisatawan yang ingin berwisata ke Singapura, beserta jawabannya:

Q: Apakah saya perlu visa untuk masuk ke Singapura?

Jawaban: Tergantung pada negara asal dan tujuan Anda. Secara umum, warga negara Indonesia tidak memerlukan visa untuk masuk ke Singapura untuk tujuan wisata atau bisnis selama kurang dari 30 hari. Namun, Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sejak tanggal kedatangan Anda. Anda juga harus memiliki tiket pulang atau lanjutan dan bukti akomodasi yang cukup. Jika Anda berasal dari negara lain atau memiliki tujuan lain selain wisata atau bisnis, Anda bisa memeriksa syarat visa di situs web resmi [Immigration & Checkpoints Authority (ICA)].

 

Q: Bagaimana cara terbaik untuk berkeliling Singapura?

Jawaban: Singapura memiliki sistem transportasi publik yang efisien dan terintegrasi, yang meliputi kereta bawah tanah (MRT), bus, taksi, dan sepeda. Anda bisa menggunakan kartu EZ-Link untuk membayar tarif transportasi publik dengan mudah dan hemat. Kartu EZ-Link bisa dibeli dan diisi ulang di stasiun MRT, pusat perbelanjaan, atau toko-toko terdekat. Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti [Moovit] atau [Citymapper] untuk mengetahui rute dan jadwal transportasi publik di Singapura.

 

Q: Apa saja makanan khas Singapura yang wajib dicoba?

Jawaban: Singapura adalah surga kuliner yang menawarkan berbagai macam makanan khas dari berbagai etnis dan budaya. Beberapa makanan khas Singapura yang wajib dicoba adalah:

- Chicken rice: Nasi putih yang disajikan dengan ayam rebus atau panggang yang empuk dan lembut, disertai dengan saus kecap manis, saus cabai, dan saus jahe.

- Laksa: Mie tebal yang disajikan dengan kuah santan pedas yang gurih, ditambah dengan udang, ikan, tahu, telur rebus, dan daun bawang.

- Chilli crab: Kepiting yang dimasak dengan saus tomat pedas yang kental dan manis, disertai dengan roti mantou goreng untuk mencocol sausnya.

- Satay: Tusuk daging sapi, ayam, kambing, atau babi yang dibumbui dengan rempah-rempah dan dibakar di atas arang, disajikan dengan saus kacang, ketupat, bawang merah, dan timun.

- Kaya toast: Roti panggang yang diolesi dengan selai kaya (selai kelapa pandan) dan mentega, disajikan dengan telur setengah matang dan kopi susu.


Q: Apa saja mata uang dan bahasa resmi di Singapura?

Jawaban: Mata uang resmi di Singapura adalah Dolar Singapura (SGD) yang setara dengan sekitar 10.500 Rupiah Indonesia (IDR). Anda bisa menukar mata uang Anda di bandara, bank, atau money changer yang tersebar di seluruh kota. Bahasa resmi di Singapura adalah Bahasa Inggris, Bahasa Melayu, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Tamil. Namun, sebagian besar penduduk Singapura juga bisa berbicara Bahasa Inggris dengan baik.

 

Q: Apa saja hal-hal yang harus dihindari saat berwisata ke Singapura?

Jawaban: Singapura adalah negara yang memiliki aturan dan hukum yang ketat untuk menjaga ketertiban dan kebersihan. Beberapa hal yang harus dihindari saat berwisata ke Singapura adalah:

- Merokok di tempat-tempat terlarang, seperti tempat umum tertutup, stasiun MRT, bus stop, taman bermain anak-anak, dll. Anda bisa dikenakan denda sebesar 200 dollar Singapura jika melanggar aturan ini.

- - Membuang sampah sembarangan di tempat umum. Anda bisa dikenakan denda sebesar 300 dollar Singapura jika melanggar aturan ini.

- Mengunyah permen karet di tempat umum. Anda bisa dikenakan denda sebesar 500 dollar Singapura jika melanggar aturan ini. Permen karet juga dilarang untuk dijual atau dibawa masuk ke Singapura.

- Membawa atau mengonsumsi narkoba di Singapura. Anda bisa dikenakan hukuman berat, mulai dari penjara, cambuk, hingga hukuman mati jika melanggar aturan ini.

- Melanggar norma agama atau budaya yang berlaku di Singapura. Anda harus menghormati keberagaman dan toleransi yang ada di Singapura. Anda juga harus memperhatikan etika berpakaian, berbicara, dan bersikap saat berinteraksi dengan orang-orang lokal.

 

Kesimpulan

Singapura adalah negara yang menawarkan banyak daya tarik dan pengalaman wisata yang beragam dan menarik. Singapura memiliki banyak tempat wisata yang terkenal dan wajib dikunjungi, seperti Jewel Changi Airport, Gardens by the Bay, Universal Studios, Sentosa Island, Marina Bay Sands, dan lain-lain. Singapura juga memiliki banyak makanan khas yang lezat dan menggugah selera, seperti chicken rice, laksa, chilli crab, satay, kaya toast, dan lain-lain.

Singapura juga merupakan negara yang mudah dijangkau dan ramah turis. Singapura memiliki bandara internasional yang modern dan terhubung dengan banyak maskapai penerbangan. Singapura juga memiliki sistem transportasi publik yang efisien dan terintegrasi. Singapura juga memiliki berbagai pilihan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan selera setiap wisatawan.

Singapura juga merupakan negara yang terus berinovasi dan beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19. Singapura telah melonggarkan syarat perbatasan bagi wisatawan yang telah divaksinasi dosis penuh melalui skema VTF. Singapura juga telah menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan yang ketat di seluruh sektor pariwisatanya. 

Untuk berwisata ke Singapura dengan lancar dan nyaman, Anda harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Anda harus mempersiapkan dokumen perjalanan, mengatur anggaran wisata, memilih waktu dan durasi wisata, merencanakan itinerari wisata, dan membawa perlengkapan wisata yang sesuai. Anda juga harus menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan masalah atau denda saat berwisata ke Singapura.

 

Sumber Referensi

(1) 24 Tempat Wisata di Singapura yang Paling Menarik.

(2) Panduan Transportasi di Singapura: Cara Naik MRTSingapura, Bus, dan Alternatif Transportasi Lainnya 

(3) Transportasi di Singapura - Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas. 

(4) 9 Hal Tentang Transportasi Umum di Singapura yang AndaHarus Tahu. 

(5) Budget Liburan ke Singapura Berapa? Ini Rincian danTips Hemat. 


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!