-->

Menara Eiffel: Mengungkap Sejarah, Keajaiban Arsitektur, dan Daya Tarik Wisatawan

 


Menjelajahi Kemegahan Menara Eiffel: Sejarah, Arsitektur, dan Pariwisata


Pengantar

Menara Eiffel, ikon megah yang menjadi lambang Kota Paris, adalah salah satu struktur arsitektur paling mengesankan di dunia. Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan detail tentang sejarah, arsitektur, dan pesona wisata yang dimiliki Menara Eiffel.

 

Sejarah

Mengenal Sejarah Menara Eiffel: Dari Kontroversi hingga Kejayaan

Menara Eiffel Paris dibangun untuk menjadi gerbang masuk pameran dunia (Exposition Universelle) tahun 1889, yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Revolusi Prancis. Pada tahun 1886, pemerintah Prancis mengumumkan kompetisi desain untuk membangun sebuah monumen setinggi 300 meter di Champ de Mars, sebuah lapangan luas di tepi Sungai Seine. Dari 107 proyek yang masuk, pemenangnya adalah rancangan Gustave Eiffel, seorang insinyur dan pengusaha yang ahli dalam struktur logam.

Eiffel bekerja sama dengan dua insinyurnya, Maurice Koechlin dan Emile Nouguier, serta arsitek Stephen Sauvestre untuk merancang menara yang terdiri dari empat kaki besi yang menyatu di puncaknya. Menara ini dibangun dengan menggunakan 18.038 batang besi yang disambungkan dengan 2,5 juta keling. Proses pembangunan menara ini dimulai pada Januari 1887 dan selesai pada Maret 1889. Biaya pembangunan menara ini mencapai 7,8 juta franc atau sekitar 40 juta dolar AS saat ini.

Menara Eiffel Paris awalnya mendapat banyak kritik dari para seniman, intelektual, dan masyarakat Prancis yang menganggapnya sebagai sebuah moncong besi yang tidak berguna dan mengerikan. Sebuah petisi yang ditandatangani oleh 300 orang terkenal seperti penulis Guy de Maupassant dan Alexandre Dumas fils menuntut agar menara ini dibongkar karena merusak keindahan kota Paris. Namun, Eiffel membela karyanya dengan mengatakan bahwa menara ini memiliki nilai estetika dan ilmiah.


Perspektif sejarah positif:

- Menara Eiffel dibangun sebagai simbol kemajuan teknologi dan industri Perancis pada akhir abad ke-19. Menara ini merupakan hasil karya Gustave Eiffel, seorang insinyur dan pengusaha yang terkenal dengan jembatan-jembatan besinya. Menara ini juga menjadi pusat perhatian pada Pameran Dunia tahun 1889, yang memperingati seratus tahun Revolusi Perancis.

- Menara Eiffel memiliki nilai arsitektur dan estetika yang tinggi. Menara ini memiliki bentuk yang elegan dan harmonis, dengan menggunakan prinsip-prinsip mekanika dan matematika. Menara ini juga memiliki warna yang berubah-ubah sesuai dengan cuaca dan waktu. Menara ini juga menjadi inspirasi bagi banyak seniman dan penulis, seperti Robert Delaunay, Henri Matisse, Marcel Proust, dan lain-lain.

- Menara Eiffel memiliki fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan. Menara ini menjadi tempat untuk melakukan eksperimen-eksperimen ilmiah, seperti meteorologi, fisika, astronomi, telekomunikasi, dan lain-lain. Menara ini juga menjadi sarana untuk menyebarkan informasi dan budaya Perancis ke seluruh dunia melalui radio dan televisi. Menara ini juga menjadi daya tarik wisata yang menguntungkan bagi perekonomian Perancis.

 

Perspektif sejarah negatif:

- Menara Eiffel mendapat banyak kritik dan penolakan dari masyarakat Paris, terutama dari kalangan seni dan budaya. Mereka menganggap menara ini sebagai sebuah monstrositas besi yang mengganggu pemandangan kota yang indah. Mereka juga merasa menara ini tidak sesuai dengan gaya arsitektur Paris yang klasik dan romantis. Mereka bahkan membuat petisi untuk menentang pembangunan menara ini.

- Menara Eiffel menjadi sasaran serangan dan ancaman dari berbagai pihak yang bermusuhan dengan Perancis. Menara ini pernah menjadi target sabotase oleh seorang mata-mata Jerman pada tahun 1905. Menara ini juga pernah diperintahkan untuk dihancurkan oleh Adolf Hitler saat Perang Dunia II, tetapi untungnya tidak terlaksana. Menara ini juga pernah menjadi korban aksi terorisme oleh kelompok separatis Korsika pada tahun 2008.

- Menara Eiffel menghadapi berbagai masalah teknis dan lingkungan yang mengancam keberadaannya. Menara ini membutuhkan perawatan dan renovasi yang rutin dan mahal, seperti pengecatan, pembersihan, penggantian lampu, dan lain-lain. Menara ini juga rentan terhadap korosi, petir, angin kencang, getaran, dan polusi udara. Menara ini juga menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar, seperti polusi visual, suara, dan cahaya..

 

Peran Menara Eiffel Paris dalam Sejarah

Menara Eiffel Paris tidak hanya menjadi objek wisata, tetapi juga memiliki peran penting dalam berbagai peristiwa sejarah. Salah satunya adalah ketika menara ini digunakan sebagai alat komunikasi radio pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Pada tahun 1898, Eiffel membangun sebuah laboratorium di puncak menara untuk melakukan percobaan fisika dan meteorologi. Pada tahun 1903, ia berhasil mengirim sinyal radio pertama dari menara ini ke Pantheon, sebuah monumen di pusat kota Paris.

Pada tahun 1909, menara Eiffel Paris seharusnya dirubuhkan karena kontrak sewanya sudah habis. Namun, karena menara ini memiliki antena radio yang berguna untuk militer dan sipil, pemerintah Prancis memutuskan untuk memperpanjang kontraknya. Pada tahun 1914, saat Perang Dunia I meletus, menara ini digunakan untuk mengirim pesan radio kepada tentara Prancis di garis depan. Pada tahun 1925, menara ini menjadi stasiun radio komersial pertama di Prancis.

Pada tahun 1940, saat Perang Dunia II meletus dan Jerman Nazi menduduki Prancis, tentara Prancis memotong kabel lift menara Eiffel Paris agar Jerman tidak bisa menggunakannya untuk mengibarkan bendera Nazi di puncaknya. Namun, pada tahun 1944, saat tentara Sekutu membebaskan Paris, seorang tentara Amerika bernama Harold Collins berhasil menaiki tangga menara dan mengibarkan bendera Amerika di puncaknya. Pada tahun 1957, menara ini ditambahkan dengan antena televisi yang meningkatkan tingginya menjadi 324 meter.

 

Arsitektur

Keajaiban Arsitektur Menara Eiffel: Simbol Teknik dan Kreativitas

Arsitektur Menara Eiffel merupakan keajaiban teknik dan kreativitas. Terdiri dari lebih dari 18.000 bagian logam yang dihubungkan oleh sekitar 2,5 juta baut, menara ini menjulang setinggi 324 meter (1.063 kaki). Menara ini memiliki tiga tingkat yang masing-masing menawarkan pemandangan spektakuler atas kota Paris.

Tingkat Pertama: Tingkat pertama Menara Eiffel menawarkan restoran dan toko suvenir. Pemandangan kota Paris dari sini sudah luar biasa indah.

Tingkat Kedua: Tingkat kedua adalah tempat yang sangat populer bagi wisatawan karena memberikan pemandangan 360 derajat atas kota. Anda bisa melihat Monumen Triomphe, Katedral Notre-Dame, dan Sungai Seine dari sini.

Tingkat Tertinggi: Tingkat tertinggi, yang hanya dapat diakses dengan lift khusus, memberikan pandangan yang menakjubkan dan luar biasa atas kota dan sekitarnya. Pemandangan malam hari dari sini adalah pengalaman yang tak terlupakan.

 

Pesona Wisata

Menara Eiffel: Lebih dari Sekadar Arsitektur, Pesona Wisata yang Mengagumkan

Menara Eiffel Paris adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di dunia. Setiap tahunnya, sekitar 7 juta orang mengunjungi menara ini dan menikmati pemandangan kota Paris dari ketinggiannya. Menara ini memiliki tiga lantai yang bisa diakses oleh pengunjung, yaitu lantai pertama (57 meter), lantai kedua (115 meter), dan lantai ketiga (276 meter). Untuk mencapai lantai-lantai ini, pengunjung bisa menggunakan lift atau tangga yang tersedia.

Menara Eiffel tidak hanya menarik dari segi arsitektur, tetapi juga memiliki pesona wisata yang tak tertandingi. Setiap tahun, jutaan wisatawan dari seluruh dunia datang ke Paris untuk melihat keindahan dan keagungan Menara Eiffel. Beberapa kegiatan wisata yang dapat Anda nikmati di sekitar Menara Eiffel meliputi:

Piknik di Taman: Di sekitar Menara Eiffel terdapat taman yang indah, sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati piknik dengan latar belakang Menara Eiffel yang megah.

Cruise Sungai Seine: Anda dapat menaiki kapal pesiar di Sungai Seine untuk melihat Menara Eiffel dari perspektif yang unik. Pemandangan malam hari dengan menara yang bercahaya adalah pemandangan yang sangat romantis.

Pengalaman Gastronomi: Menara Eiffel memiliki restoran dengan masakan Prancis yang lezat. Makan malam di salah satu restoran ini sambil menikmati pemandangan malam kota Paris adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Pameran dan Pertunjukan: Menara Eiffel juga menjadi tuan rumah berbagai pameran seni, pertunjukan, dan acara budaya sepanjang tahun.


Data statistik

- Menurut statistik, sekitar 6,91 juta wisatawan mengunjungi Eiffel tiap tahunnya. Secara total, diperkirakan sekitar 250 juta orang telah mengunjungi Menara Eiffel sejak dibuka secara resmi pada tahun 1889. Diperkirakan juga, sekitar 25.000 pengunjung naik ke menara ini setiap harinya.

- Menurut operator Eiffel, SETE, penjualan tiket tahun 2020 menurun drastis hingga 80% dibandingkan tahun 2019. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang mengurangi jumlah turis asing yang datang ke Paris. Pada tahun 2020, menara ini hanya memiliki 2.500 pengunjung per hari untuk sebuah monumen yang dapat menampung hingga 25.000 orang.

- Menurut Wikipedia, menara Eiffel Paris adalah monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Lebih dari 200 juta orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889.

 

Keterangan dari para pakar atau jurnalis

- Menurut Jean-Baptiste Gastinne, seorang sejarawan dan penulis buku "La Tour Eiffel: Un projet pharaonique" (Menara Eiffel: Sebuah Proyek Firaun), menara Eiffel Paris adalah sebuah karya seni yang menggabungkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan estetika. Ia mengatakan bahwa menara ini adalah hasil dari "genius" Gustave Eiffel, yang mampu menciptakan sebuah struktur yang ringan, kokoh, dan elegan.

- Menurut Bertrand Lemoine, seorang arsitek dan direktur penelitian di Centre National de la Recherche Scientifique (CNRS), menara Eiffel Paris adalah sebuah simbol dari modernitas dan kemajuan. Ia mengatakan bahwa menara ini adalah "sebuah manifesto dari zaman baru, zaman industri, zaman besi, zaman komunikasi".

- Menurut Philippe Couperie-Eiffel, seorang keturunan keempat Gustave Eiffel dan presiden asosiasi keluarga Eiffel, menara Eiffel Paris adalah sebuah warisan yang harus dilestarikan dan dikembangkan. Ia mengatakan bahwa menara ini adalah "sebuah monumen hidup yang terus berubah dan beradaptasi dengan zamannya".

 

FAQS:

Q: Apakah saya harus membeli tiket untuk bayi saya?

 A: Tidak, bayi di bawah usia 4 tahun tidak perlu membeli tiket untuk masuk ke menara Eiffel Paris. Namun, Anda harus membawa bukti usia bayi Anda, seperti paspor atau akta kelahiran. Anda juga harus mengikuti aturan keamanan dan kesehatan yang berlaku di menara, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mengikuti arah lalu lintas¹.


Q: Bagaimana cara menuju ke sana menggunakan transportasi umum?

A: Ada beberapa cara untuk menuju ke menara Eiffel Paris menggunakan transportasi umum, seperti bus, metro, RER, atau kereta. Anda bisa naik bus nomor 42, 69, 72, 82, atau 87 dan turun di halte Champ de Mars-Tour Eiffel atau Tour Eiffel. Anda juga bisa naik metro jalur 6 dan turun di stasiun Bir-Hakeim atau jalur 9 dan turun di stasiun Trocadéro. Anda juga bisa naik RER jalur C dan turun di stasiun Champ de Mars-Tour Eiffel. Anda juga bisa naik kereta SNCF dari stasiun Montparnasse atau Saint-Lazare dan turun di stasiun Champ de Mars-Tour Eiffel.


Q: Apakah terdapat restoran atau kafe di lokasi?

A: Ya, ada beberapa restoran dan kafe yang tersedia di menara Eiffel Paris, seperti 58 Tour Eiffel, Jules Verne, Champagne Bar, Buffet Tour Eiffel, dan Macaron Bar. Anda bisa menikmati makanan dan minuman dengan pemandangan kota Paris yang indah dari ketinggian. Anda juga bisa memesan tiket makan siang atau makan malam secara online di situs resmi menara.

 

Kesimpulan

Melihat Keindahan Menara Eiffel: Simbol Cinta dan Keajaiban Manusia

Menara Eiffel adalah lebih dari sekadar struktur logam megah; ia adalah simbol cinta, kreativitas manusia, dan keindahan Paris. Dengan sejarah yang kaya, arsitektur yang menakjubkan, dan pesona wisata yang luar biasa, tidaklah mengherankan bahwa Menara Eiffel menjadi tujuan impian bagi banyak orang di seluruh dunia. Jika Anda berencana mengunjungi Paris, jangan lewatkan kesempatan untuk mengagumi kemegahan Menara Eiffel.


Sumber referensi

(1) Menara Eiffel -Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 

(2) Sejarah Menara Eiffel di Paris, Pembangunannya SempatDikritik

(3) 9 Fakta Unik Menara Eiffel di Paris

(4) 10 Fakta dan Sejarah Menara Eiffel yang Perlu Diketahui- detikTravel. 

(5) Kontroversi Awal Mulanya Berdiri Menara Eifel BanyakOrang Menentang. 


Maps


My Profile:

Salam! Saya Riesty, seorang penulis konten kreatif dengan fokus pada bidang keahlian CEO (Content, Experience, Optimization). Saya memiliki passion yang mendalam dalam menghasilkan materi konten yang informatif, inspiratif, dan berkualitas tinggi. Dengan latar belakang dalam industri ini, saya memahami pentingnya menghubungkan pengalaman pengguna yang luar biasa dengan optimalisasi konten yang cerdas.

Sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa setiap kata memiliki kekuatan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan menghubungkan. Saya senang berkolaborasi dengan klien untuk menciptakan konten yang tidak hanya menggugah rasa ingin tahu, tetapi juga memiliki dampak positif bagi audiens. Keahlian saya dalam bidang CEO memungkinkan saya untuk merangkul pendekatan yang holistik dalam strategi konten, dengan menggabungkan pengalaman, keahlian, kewenangan, dan kepercayaan.

Mari kita berkolaborasi untuk membawa konten Anda menuju level berikutnya dan menghadirkan cerita yang tak terlupakan. Hubungi saya untuk diskusi lebih lanjut. Terima kasih atas kunjungannya!