-->

Rekomendasi 15 Tempat Wisata Kuliner di Semarang: Menikmati Kelezatan Makanan di Kota Lumpia



Temukan tempat tempat wisata kuliner terbaik di Semarang dan nikmati kelezatan makanan khas kota ini. Dari lumpia hingga makanan laut, artikel ini akan memberikan rekomendasi lengkap beserta contoh tempat dan letak daerahnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Semarang

Lumpia Semarang "Gandum Mas"

Lumpia Semarang merupakan ikon kuliner kota ini. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati lumpia adalah "Gandum Mas". Terletak di Jalan Pandanaran, tempat ini menawarkan lumpia dengan kulit yang renyah dan isian yang lezat. Rasakan kelezatan lumpia dengan campuran ayam, udang, sayuran, dan bumbu khas Semarang.

 

Soto Bangkong "Pak Karmin"

Jika Anda mencari soto yang lezat, Soto Bangkong "Pak Karmin" adalah tempat yang tepat. Terletak di Jalan Kedungmundu Raya, tempat ini menyajikan soto dengan kuah kental dan daging yang empuk. Nikmati soto dengan tambahan kerupuk, tauge, dan perkedel untuk pengalaman kuliner yang lengkap.

 

Tahu Gimbal "Pak Zito"

Tahu Gimbal "Pak Zito" adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta makanan ringan. Terletak di Jalan Pemuda, tempat ini menyajikan tahu goreng dengan tambahan gimbal, tauge, dan kuah kacang yang lezat. Rasakan kombinasi tekstur dan rasa yang unik dalam satu gigitan.

 

Mie Ayam "Pak Pele"

Mie Ayam "Pak Pele" adalah tempat terbaik untuk menikmati mie ayam di Semarang. Terletak di Jalan Gang Lombok, tempat ini menyajikan mie ayam dengan daging ayam yang lembut, kuah yang gurih, dan tambahan pangsit yang renyah. Rasakan kelezatan mie ayam khas Semarang yang legendaris.

 

Seafood "Bandeng Juwana"

Nikmati makanan laut segar di Bandeng Juwana. Terletak di Jalan Juwana, tempat ini menyajikan berbagai hidangan seafood seperti bandeng presto, kepiting saus padang, udang goreng mentega, dan masih banyak lagi. Rasakan kelezatan makanan laut yang lezat dan segar di tempat ini.

 

Nasi Goreng Babat "Pak Karmin"

Nasi Goreng Babat "Pak Karmin" adalah tempat yang cocok bagi pecinta nasi goreng. Terletak di Jalan Ngaglik, tempat ini menyajikan nasi goreng dengan tambahan babat yang empuk dan bumbu yang khas. Nikmati kelezatan nasi goreng yang gurih dengan tekstur yang lembut.

 

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah tempat terbaik untuk menikmati gudeg di Semarang. Terletak di Jalan Jendral Sudirman, tempat ini menyajikan gudeg dengan nangka muda yang empuk dan bumbu yang kaya. Rasakan kelezatan gudeg khas Jogja dengan sentuhan khas Semarang di tempat ini.

 

Sate Klopo "Ongklok"

Sate Klopo "Ongklok" adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta sate. Terletak di Jalan Gajahmada, tempat ini menyajikan sate dengan bumbu kacang yang khas dan tambahan kelapa parut yang unik. Rasakan kelezatan sate yang gurih dengan aroma kelapa yang menggoda.

 

Es Krim Ragusa

Es Krim Ragusa adalah tempat yang legendaris untuk menikmati es krim di Semarang. Terletak di Jalan Pemuda, tempat ini menyajikan berbagai jenis es krim dengan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Nikmati es krim Ragusa yang legendaris dan jadilah bagian dari sejarah kuliner kota ini.

 

Makanan Jepang "Sakana"

Sakana adalah tempat terbaik untuk menikmati makanan Jepang di Semarang. Terletak di Jalan Pemuda, tempat ini menyajikan sushi, sashimi, ramen, dan berbagai hidangan Jepang lainnya. Rasakan kelezatan makanan Jepang yang autentik dengan bahan-bahan segar dan cita rasa yang khas.

 

Pecel Pincuk "Bu Pon"

Pecel Pincuk "Bu Pon" adalah tempat yang cocok bagi pecinta pecel. Terletak di Jalan Kyai Saleh, tempat ini menyajikan pecel dengan sayuran segar, sambal yang pedas, dan tambahan ayam atau tempe goreng. Nikmati pecel dengan cita rasa yang autentik dan bumbu yang khas.

 

Nasi Liwet "Bu Wongso"

Nasi Liwet "Bu Wongso" adalah tempat terbaik untuk menikmati nasi liwet di Semarang. Terletak di Jalan Gajahmada, tempat ini menyajikan nasi liwet dengan lauk-pauk yang lezat seperti ayam goreng, ikan asin, dan sambal terasi. Rasakan kelezatan nasi liwet yang gurih dan nikmati sensasi makan seperti di rumah sendiri.

 

Bakso "Mie Ayam Pak Man"

Bakso "Mie Ayam Pak Man" adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta bakso. Terletak di Jalan Sisingamangaraja, tempat ini menyajikan bakso dengan daging yang kenyal, kuah yang gurih, dan tambahan mie ayam yang lezat. Nikmati kelezatan bakso khas Semarang dengan cita rasa yang autentik.

 

Martabak "San Fransisco"

Martabak "San Fransisco" adalah tempat terbaik untuk menikmati martabak di Semarang. Terletak di Jalan Pandanaran, tempat ini menyajikan martabak dengan berbagai pilihan rasa seperti cokelat, keju, kacang, dan masih banyak lagi. Rasakan kelezatan martabak dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

 

Es Dawet Telasih "Pak Lurah"

Es Dawet Telasih "Pak Lurah" adalah tempat yang cocok bagi pecinta es dawet. Terletak di Jalan Pemuda, tempat ini menyajikan es dawet dengan tambahan telasih, santan, dan gula merah. Nikmati segarnya es dawet dengan cita rasa yang autentik dan sensasi makan yang menyegarkan.

 

Pempek "Pak Raden"

Pempek "Pak Raden" adalah tempat yang cocok bagi pecinta makanan Palembang. Terletak di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, tempat ini menyajikan pempek dengan tekstur kenyal dan kuah cuko yang khas.

Nikmati pempek dengan pilihan isi seperti ikan, udang, atau telur dengan saus cuko yang pedas dan asam.


Mie Kopyok "Pak Man"

Mie Kopyok "Pak Man" adalah tempat terbaik untuk menikmati mie kopyok di Semarang. Terletak di Jalan Kedungmundu Raya, tempat ini menyajikan mie kopyok dengan kuah yang gurih dan tambahan kacang tanah serta bawang goreng. Rasakan kelezatan mie kopyok dengan tekstur mie yang kenyal dan kuah yang kaya.

 

Soto Betawi "Pak Kumis"

Soto Betawi "Pak Kumis" adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta soto Betawi. Terletak di Jalan Dr. Cipto, tempat ini menyajikan soto Betawi dengan kuah santan yang kental dan tambahan daging sapi, kentang, dan tomat. Nikmati kelezatan soto Betawi dengan cita rasa yang khas dan aroma rempah yang menggugah selera.

 

Es Cendol "Pak Karjo"

Es Cendol "Pak Karjo" adalah tempat terbaik untuk menikmati es cendol di Semarang. Terletak di Jalan Gajahmada, tempat ini menyajikan es cendol dengan tambahan santan, gula merah, dan potongan nangka. Rasakan segarnya es cendol dengan cita rasa yang manis dan sensasi makan yang menyegarkan.

 

Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Gulai Kepala Ikan Pak Untung adalah salah satu hidangan yang terkenal di Semarang. Pak Untung, pemilik warung makan ini, telah mengolah gulai kepala ikan dengan resep turun-temurun yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Hidangan ini terbuat dari kepala ikan segar yang dimasak dalam kuah gulai yang kaya rempah-rempah, seperti serai, daun jeruk, jahe, dan cabai. Kuah gulai yang gurih dan kental, dengan sentuhan pedas dan sedikit kekentalan santan, membuat hidangan ini sangat lezat dan menggugah selera. Gulai Kepala Ikan Pak Untung menjadi favorit di kalangan pecinta makanan laut di Semarang, dengan cita rasa yang autentik dan kenikmatan yang tiada tara.

 

Kampung Laut

Kampung Laut Semarang adalah sebuah kawasan yang terkenal dengan kehidupan nelayan dan keindahan pemandangan pantainya. Terletak di Semarang Utara, kampung ini menawarkan pesona alam yang memikat. Di sini, Anda dapat menjelajahi jajaran warung makanan laut yang menyajikan hidangan segar langsung dari laut. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kegiatan seperti memancing, berlayar dengan perahu nelayan, atau hanya bersantai di tepi pantai yang indah. Kampung Laut Semarang juga memiliki budaya dan tradisi nelayan yang kaya, yang dapat Anda pelajari melalui interaksi dengan penduduk setempat. Jika Anda mencari pengalaman autentik di Semarang, jangan lewatkan untuk mengunjungi Kampung Laut.